Pendidikan

Cerita Seru Liburan ke Planet Mochi bersama Paddle Pop Main Yuk!

Cerita Seru Liburan ke Planet Mochi bersama Paddle Pop Main Yuk! – Selama di rumah saja sejak setahun lalu, memang menjadi tantangan tersendiri untuk  menyediakan kegiatan untuk anak-anak. Apalagi kalau karakter anak yang aktif alias tidak mau diam dan senang diajak berkegiatan.

Beragam kegiatan pun dilakukan sesuai dengan usia. Dan beruntung sekali Paddle Pop #MainYuk seakan memahami kebutuhan liburan meskipun di rumah saja dengan menghadirkan Liburan ke Planet Mochi. Ya, namanya planet artinya kita bermain-main seputar benda langit yang ada di angkasa.

Cerita Seru Liburan ke Planet Mochi bersama Paddle Pop Main Yuk!

Lalu, apa saja keseruan selama Liburan ke Planet Mochi? Just read till the end!

Bertualang ke Planet Mochi – Planet Uranus

Tanggal 10 Juli 2021 pukul 10.00 WIB, Paddle Pop bersama Mungilmu mengajak liburan ke Planet Uranus. Senang sekali karena selain mengajak teman-teman seluruh nusantara untuk liburan virtual, Paddle Pop dan Mungilmu juga mengajak salah satu keluarga selebriti untuk ikutan bermain, yaitu keluarga dari Nana Mirdad. Mereka juga senang banget lho dengan adanya kegiatan Paddle Pop Main Yuk! ini karena aktivitas liburan keluar negeri yang biasa dilakukan terganti dengan cara yang lebih asyik.

Ceritanya, kami senang karena mendapatkan surat dari Planet Mochi dan mengajak untuk berpesta asalkan mengikuti semua petunjuk yang sudah diberikan. Kali ini ada banyak kegiatan yang harus dilakukan agar keseruan liburan ke Planet Mochi ini benar-benar dinikmati dan pastinya berkesan.

Cerita Seru Liburan ke Planet Mochi bersama Paddle Pop Main Yuk!

Membuat Playmat Tata Surya

Langkah pertama untuk menikmati pesta di Planet Mochi, kita diminta untuk menyusun planet dengan membuat playmat tata surya. Membuatnya pun tidak sulit. Intinya, kita harus tahu dimana letak Planet Mochi berdasarkan susunan tata surya yang ada. Nah, serunya karena Mungilmu sudah menyediakan berbagai printable yang tidak hanya planet-planet yang kita ketahui, tetapi juga benda-benda angkasa, seperti pesawat UFO, bintang dan bulan.

Playmat Planet Mochi

Alat dan bahannya:

  • Kain Flanel ukuran 1 meter, jika tidak punya bisa pakai karton manila
  • Printable Planet dan benda langit lainnya dari Mungilmu
  • Double Tape/Lem
  • Kapur untuk membuat lintasan planet

Cara membuatnya mudah karena hanya menempel printable planet dan benda langit lainnya sesuai lintasan.

Pastinya seru karena selain bermain, anak-anak jadi belajar juga mengenai susunan tata surya, memahami bahwa setiap planet punya lintasannya sendiri-sendiri bahkan makin memahami bentuk dan karakter dari setiap planet yang ada dalam tata surya.

Membuat Roket Tiup Sedotan

terbangkan roket mochi

Yeay! Kita memenuhi undangan Singa Paddle Pop dengan terbang ke luar angkasa bersama Roket Seddotan. Untuk membuat roket sedotan ini tidak perlu bingung karena printable roket pun sudah disedaikan.

Bahan yang digunakan antara lain:

  • Printable roket dari Mungilmu
  • Sedotan kertas
  • Lem/ Double Tape

Cara membuatnya pun mudah, yaitu:

  • Potongan kertas yang dibentuk seperti tabung lalu bagian ujungnya dilem
  • Rekatkan di belakang printable roket
  • Pada bagian bawah tabung kertas masukkan sedotan kertas
  • Tiup sedotan daaan roketnya terbang, yeay!

Mencari Planet Mochi dengan AR Assemblr

Misi kita tadi adalah memenuhi undangan Singa Paddle Pop yang mengajak pesta di Planet Mochi. Sayangnya, kita belum menemukannya pada susunan tata surya yang sudah dibuat. Nah, Bu Guru Azka kemudian mengajak kita untuk mencarinya lewat aplikasi Assemblr. Sebuah aplikasi augmented reality based yang bisa mengajak anak untuk mengenal teknologi.

assemblr aplikasi

Seru karena tampilan planet-planet yang disorot menggunakan aplikasi Assemblr tampak nyata seperti aslinya dengan entuk 4D. Dan Salfa senang sekali karena aktivitas screening time untuknya jadi lebih bervariasi karena aktivitas mencari Planet Mochi. Apalagi muncul tampilan planet dengan warna dan bentuk yang amazing buatnya.

Cerita Seru Liburan ke Planet Mochi bersama Paddle Pop Main Yuk!

“Bunda, sepertinya Salfa jadi astronot saja ya. Soalnya seru ini main-main ke planet.” 

Membuat Planet Mochi yang Hilang

Anak-anak sudah berada di luar angkasa dan menemukan bahwa Planet Mochi itu merupakan Planet Uranus karena bentuknya yang mirip. Namun, untuk mendarat ke Planet Uranus baru bisa dilakukan ketika playmat tata surya tadi ada planet Uranus-nya. Nah, untuk menyiasati inilah maka anak-anak diajak untuk membuat Planet Uranus yang hilang tersebut dengan menggunakan Paddle Pop Mochi.

Yeay! Anak-anak diajak untuk berkreasi membuat Planet Uranus. Alat dan bahan yang digunakan pun juga cukup sederhana. Cukup sediakan:

  • Piring besar datar
  • Paddle Pop Mochi
  • Sprinkle
  • Pewarna Makanan
  • Cottonbud

Jadi, cara membuatnya, piring bisa dihias dengan aneka gambar nuansa luar angkasa menggunakan pewarna makanan. Bisa goreskan gambarnya dengan Cottonbud yang sudah diberi pewarna makanan. Warnanya bisa disesuaikan, minimal dua warna. Setelah itu, letakkan Paddle Pop Mochi di tengah dan taburkan sprinkle untuk mempercantik Planet Mochi – Uranus pastinya.

Dan ini hasil kreasinya Salfa:

planet mochi uranus

Akhirnya bisa ketemu Singa Paddle Pop deh di Planet Mochi – Uranus. Yeay!

Membuat Rocket Mochi

Jadi ceritanya setelah akan pulang dari Planet Mochi – Uranus, kita membutuhkan roket untuk kembali. Namun, roket kertas dan roket Singa Pddle Pop sudah tidak bisa digunakan karena rusak. Nah, harus cari cara agar bisa pulang. Satu-satunya cara adalah membuat roket. Namun, roket kali ini sangat berbeda dari lainnya karena kita menggunakan es krim Paddle Pop Mochi.

rocket mochi

Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya:

  • Siapkan piring datar dan tumpuk es krim Paddle Pop Mochi (kalau Salfa buatnya ditunpuk tiga saja karena stok Paddle Pop Mochi-nya menipis saat membuat roket ini, haha).
  • Saat ditumpuk pastikan es krim Mochi-nya aman dari jatuh ya, hehe.
  • Setelah itu, bagian atas dipasang kerucut roket yang sudah ada dalam bentuk printables.
  • Tata di sekitar roket beberapa printable astronot, termasuk Singa Paddle Pop juga
  • Jadi deh roket Mochi buatan untuk pulang ke bumi

Huhu, seru sekali membuatnya. Saya yang memperhatikan anak sekaligus ikut sesekali membantunya membuat weekend jadi berasa sangat bermanfaat dengan kegiatan Liburan ke Planet Mochi bersama Paddle Pop dan Mungilmu ini. Oiya, karena es krim Paddle Pop Mochi teksturnya lembut, pastikan segera diamankan setelah dibuat kreasinya. Sebelum meleleh di atas piring, haha.

Misi ke Planet Mochi – Uranus akhirnya SELESAI…

Kita Coba ke Planet Mochi-Saturnus, Yuk!

Senangnya saya sebagai ibu karena liburan sekolah di rumah saja dibantu dengan permainan seru dari Paddle Pop. Selain mengajak anak saya ke Planet Mochi – Uranus, sebelumnya anak saya sudah ikutab juga bertualang di Planet Mochi – Saturnus, lho. Tepatnya tanggal 3 Juli 2021 lalu, Paddle Pop bersama Rumah Dandelion mengajak anak-anak untuk keliling angkasa juga. Bahkan ada selebriti dan anaknya juga nih yang tidak kalah excited-nya ikutan juga yaitu Kak Enno Lerian dan anaknya si Abi.

Belajar tentang Planet Saturnus

Sebelum kita diajak bersenang-senang, kita diajak untuk lebih dekat dengan Planet Saturnus nih. Nah, Salfa jadi tahu dong fakta tentang Planet Saturnus yang membuatnya semangat untuk menyimak terus penjelasan Tante Tari dan Tante Mei bahwa Planet Saturnus itu

  • Planet kedua terbesar di sistem tata surya
  • Massa-nya ringan karena lebih banyak gas Hidrogen daripada Helium
  • Punya bulan bernama titan
  • Punya cincin yang terbuat dari jutaan es kristal, mulai dari yang bentuknya seperti debu sampai sebesar rumah

Dan masih banyak lagi fakta yang bisa diperoleh dari informasi Tante Tari dari Rumah Dandelion. Manfaat informasi mengenai fakta-fakta unik dan menarik mengenai Saturnus ini bisa menjadi salah satu jalan untuk melatih daya ingat anak dan bisa jadi ide bermain tebak-tebakan juga antara orang tua dan anak di rumah. Seru kan? Seru dong!

Membuat Cardboard TV dari Kardus

Setelah tahu fakta unik Planet Saturnus, saatnya beraktivitas dengan mengajak anak membuat “TV mainan dari kardus”. Jadi, ada printable yang sudah disiapkan bisa di-print kemudian diwarnai oleh anak. Nah, lembaran ini nanti yang akan jadi layar di dalam TV mainan.

Anak-anak cukup menyediakan alat dan bahan seperti:

  • Kardus bekas sereal atau susu
  • Pensil warna
  • Roll tissue
  • Printable layar TV
  • Karet gelang
  • Gunting
  • Double tape

Cara membuatnya pun sangat mudah. Kardus bekas di bagian samping kanan dan kiri dibuat lubang untuk memasukkan roll tissue. Bagian depan kardus dilubangi membentuk persegi panjang sebagai screen TV. Setelah printable sudah diwarnai, maka direkatkan pada karet gelang yang sudah dimasukkan ke bagian kardus. Jika melihat contoh pasti bisa karena mudah sekali membuatnya.

Dan ini cardboard TV punya Salfa, yeay!

membuat cardboard tv

Manfaat bebikinan seperti ini pastinya bisa melatih motorik haus, imajinasi dan kreativitas serta mengajak anak untuk fokus dan sabar. Soalnya, buat cardboard TV membutuhkan waktu yang lumayan panjang. Jadi, sempat dijeda saat menonton Paddle Pop Mochi feat Rumah Dandelion yang masih berlangsung.

Berkreasi dengan Paddle Pop Mochi

Setelah punya cardboard TV, saatnya berkreasi dengan es krim Mochi. Anak-anak diajak untuk membuat Planet Saturnus menggunakan Paddle Pop Mochi. Senangnya karena mereka bebas berimajinasi sesuai dengan pemahaman yang sebelumnya sudah diperoleh. Alat dan bahan yang digunakan juga mudah sekali diperoleh, yaitu:

  • Paddle Pop Mochi
  • Cokelat leleh (bisa diganti dengan icing, glaze atau selai (seadanya di rumah)
  • Sprinkle atau Meses warna-warni
  • Piping bag, jika tidak ada bisa gunakan sendok saja

Dan inilah Planet Mochi – Saturnus ala Salfa. Cokelat lelehnya dianggap sebagai cincin Planet Saturnus.

membuat kreasi paddle pop mochi

Lanjut Bertualang di Planet Mochi – Jupiter, Yuk!

“Bunda, Liburan ke Planet Mochi udahan kah? Atau masih ada planet lain lagi?”

Pertanyaan ini membuat saya semakin senang karena toh ternyata program Paddle Pop #MainYuk ! menjadi aktivitas di akhir pekan yang paling ditunggu selam liburan sekolah lalu.

Nah, petualangan ke luar angkasa yang terakhir, tanggal 17 Juli 2021 lalu anak-anak diajak Paddle Pop Mochi bareng Buumi Playscape main-main ke Jupiter nih. Makin seru saja rasanya karena banyak kegiatan yang bisa dilakukan si kecil. Salah satu yang paling berkesan bagi Salfa adalah ketika harus menyelesaikan misi menyelamatkan telur Alien

Alien Egg Game, Misi Selamatkan Telur Alien

Dalam permainan ini, alat dan bahan yang digunakan juga sangat mudah diperoleh. Kebetulan saat diajak main ke Planet Jupiter bareng Paddle Pop ini, kondisi saya sedang tidak sehat sehingga yang bisa dimainkan yang memang bahan dan alatnya ada di rumah waktu itu, yaitu:

  • Balon aneka warna
  • Baskom besar
  • Air
  • Glitter

Cara memainkannya juga cukup seru karena baskom besar diisi dengan air dan ditambahkan glitter untuk menambah daya tarik anak-anak saat memainkannya. Lalu, balon-balon anek warna yang sudah berisi air dimasukkan ke dalam baskom tersebut. Dan yang paling seru, menyelamatkan telur alien itu menggunakan kaki lho. 

Salfa makin excited karena harus fokus memindahkan balon-balon berisi air ke wadah baskom lainnya dengan hati-hati supaya tidak jatuh dan pecah. Main air dengan muatan pembelajaran berhitung dan juga melatih motorik anak memang menjadi tujuan dari permainan ini. Seruuu!

Intip Salfa saat memindahkan Allien Egg yuk!

Cerita Seru Liburan ke Planet Mochi bersama Paddle Pop Main Yuk!

Ssst… Ada Space Helmet untuk ke Planet Mochi Nih!

Oiya, keseruan Liburan ke Planet Mochi pertama kali itu diadakan Paddle Pop feat Wonder Fest lho pada tanggal 25 Juni 2021 lalu. Nah, kegiatan ini anak-anak diajak untuk membuat Space Helmet yang dimeriahkan juga oleh Mona Ratuliu dan putrinya, Nala. Meskipun tidak mengikutinya secara langsung tetapi bisa mendapatkan printables saja sudah membuat Salfa makin ingin jadi astronot

Setelah nge-print dan merakit sesuai petunjuk pembuatan Space Helmet  atau Helm Luar Angkasa, berikut ini contoh jadi yang sudah digunakan Salfa bermain bersama adiknya di rumah

Cerita Seru Liburan ke Planet Mochi bersama Paddle Pop Main Yuk!

Tentang Paddle Pop Mochi, Camilan Es Krim yang Aman untuk Anak-Anak

Masih speechless saya dengan ide kreatif Paddle Pop Mochi yang mengadakan Liburan ke Planet Mochi. Apalagi beberapa DIY yang diberikan pada setiap pekan ada yang menggunakan es krim Paddle Pop Mochi sebagai bahan utama. Alasannya adalah bentuknya yang bulat dan mirip dengan planet.

paddle pop mochi

Salah satu varian es krim dari Paddle Pop ini aman untuk dikonsumsi anak-anak bahkan seluruh anggota keluarga. Orang tua cukup memberikan batasan yang sesuai untuk mengkonsumsi agar tidak berlebihan juga. Mochi yang kenyal dan di dalamnya ada es krim rasa coklat dan vanila membuat anak-anak pasti suka. Soal harga pun sangat terjangkau. Mudah diperoleh di minimarket terdekat.

“Bunda, nanti liburan sekolah kita bisa Liburan ke Planet Mochi lagi enggak?”

Ow… ow… ini pertanyaan yang hanya bisa dijawab oleh Paddle Pop nih. Sambil saya sebagai ibu selalu menunggu keseruan apalagi yang akan ditawarkan oleh Paddle Pop agar anak-anak tetap bahagia dalam bermain yang sebenarnya ada proses belajar di dalamnya.

alasan suka paddle pop

***

Well, cerita liburan seru ke Planet Mochi membuat liburan sekolah pun jadi lebih bermakna. Tidak perlu gelisah merengek minta ayah bunda untuk keluar kota sekadar ke tempat wisata. Dalam kondisi pandemi seperti ini, liburan mewah, menyenangkan dan pastinya lebih berkesan bisa tercipta bersama Paddle Pop Mochi.

So, teman-teman sudah ke planet mana saja?

Cerita Seru Liburan ke Planet Mochi bersama Paddle Pop Mochi

43 Comments

  1. Era Sapamama July 26, 2021
  2. Jiah Al Jafara July 26, 2021
  3. Helena July 26, 2021
  4. Nurul Sufitri July 26, 2021
  5. nchie hanie July 26, 2021
  6. Ade UFi July 26, 2021
  7. Tanti Amelia July 26, 2021
  8. Andiyani Achmad July 26, 2021
  9. Uniek Kaswarganti July 27, 2021
  10. Bunda Xi July 27, 2021
  11. nurulrahma July 27, 2021
  12. Dwi Puspita July 28, 2021
  13. Lina sophy July 28, 2021
    • Uniek Kaswarganti July 28, 2021
  14. Travel Galau July 28, 2021
  15. Marfa July 28, 2021
  16. Yudichu July 28, 2021
  17. Witri prasetyo aji July 28, 2021
  18. Witri July 28, 2021
  19. @hm_zwan July 28, 2021
  20. Rach Alida July 28, 2021
  21. Dian July 28, 2021
  22. Larasati Neisia July 28, 2021
  23. Nia Haryanto July 28, 2021
  24. Alfa Kurnia July 28, 2021
  25. lendyagassi July 28, 2021
  26. Elisa July 29, 2021
  27. Rani R Tyas July 29, 2021
  28. Jiah Al Jafara July 29, 2021
  29. Rudi G. Aswan July 29, 2021
  30. Rindang Yuliani July 29, 2021
  31. Nurul Fitri Fatkhani July 29, 2021
  32. lendyagassi July 29, 2021
  33. nyi Penengah Dewanti July 30, 2021
  34. Ririe Khayan July 30, 2021
  35. cindyvania July 31, 2021
  36. Dian Farida Ismyama July 31, 2021
  37. Adriana Dian August 1, 2021
  38. nyi Penengah Dewanti August 1, 2021
  39. Nova Violita August 5, 2021
  40. Ihwan Keluarga Biru August 29, 2021

Leave a Reply