Finansial Info

Cara Menjamin Masa Tua setelah Pensiun

Deskripsi: Jaminan pensiun membantumu hidup tenang dan terjamin saat sudah memasuki usia lanjut. Inilah cara menjamin masa tuamu di luar tabungan dan investasi.

Ingin hidup dengan tenang dan bebas kecemasan? Pastikan sudah punya jaminan pensiun di luar tabungan dan investasi yang selama ini diusahakan. Selain bisa hidup tenang, memikirkan jaminan masa tua juga membebaskan keturunan dari status sebagai “generasi sandwich”, yaitu golongan yang harus membiayai orang tua sekaligus keluarga mereka sendiri.

Jika sudah punya tabungan dan investasi, tetapi masih ada persiapan yang harus dilakukan untuk menjamin masa pensiun. Inilah beberapa di antaranya yang bisa dikelola:

Belajar Bercocok Tanam

Bercocok tanam akan membantu mnghadapi masa tua. Kamu bisa memanfaatkan lahan kecil di rumah untuk menanam tanaman pangan, seperti bayam, terung, kangkung, sawi, dan sebagainya. Dalam jumlah kecil, tanaman pangan akan membantu menghemat biaya belanja. Selain itu, juga bisa mengembangkannya untuk membuat usaha kebun kecil-kecilan.

Belajar Keahlian Baru

Cobalah selalu mengikuti perkembangan zaman, dan lihat trend keahlian yang bisa menguntungkan di masa depan. Misalnya, bisa mulai belajar mengelola situs internet sendiri, memperbaiki motor, memasak jenis kuliner tertentu, hingga menulis e-book. Memiliki keahlian khusus akan membantu diri tetap mendapat penghasilan di masa tua.

Mendaftar untuk Program Pembiayaan Hari Tua

Saat belanja asuransi, mulailah melihat-lihat program pembiayaan masa pensiun. Bisa memulai dengan memanfaatkan program pemerintah seperti Program Jaminan Hari Tua dari BPJS. Dengan membayar sejumlah uang yang telah ditentukan setiap bulan, akan terdapat dana yang bisa ditarik saat sudah mencapai usia pensiun.

Mengelola Gaya Hidup

Gaya hidup yang dijalani akan memengaruhi keadaanmu saat hari tua, termasuk kondisi finansial. Mulailah mengatur pengeluaran agar bisa membedakan antara “kebutuhan” dan “keinginan”. Hindari menggunakan kartu kredit untuk setiap pembelanjaan kecil. Alokasikan uang yang dimiliki untuk hal-hal yang menunjang kondisi masa tua, seperti makanan sehat, perlengkapan olahraga, dana cadangan untuk beramal, dan buku-buku bermanfaat.

Memilih Beberapa Jenis Investasi

Pastikan memiliki paling tidak dua jenis investasi untuk mendukung masa depan. Pilih jenis investasi yang sesuai keadaan diri saat ini dan hindari memilih investasi berisiko, apalagi jika hanya tergiur keuntungan besar. Salah satu jenis investasi aman dan bermanfaat adalah Qazwa.id. Investasi ini mengajak kita untuk membiayai pemilik UKM dan mendapat sejumlah uang lewat keuntungan mereka sebagai gantinya.

Investasi lewat Qazwa.id aman dan halal karena telah diawasi oleh MUI serta Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sistem akadnya terbuka, jujur, dan bebas riba, sehingga tidak perlu khawatir jatuh pada investasi meragukan apalagi haram. Selain itu, juga bisa memilih jenis usaha untuk dibiayai berdasarkan modal, periode pendanaan, serta tingkat risiko pendanaan yang sesuai pilihan. Investasi berbiaya rendah ini cocok untuk mengumpulkan tabungan sedikit demi sedikit.

Membuat jaminan pensiun membutuhkan waktu dan kedisiplinan, jadi bisa mulailah dari sekarang. Buat masa pensiun bebas kecemasan dengan mengumpulkan keahlian, modal investasi, serta pola pikir yang positif.

One Response

  1. Silva Denada October 21, 2019

Leave a Reply

Instagram