Blogging

3 Tempat Buka Puasa Favorit di Surabaya

Masuk hari kedua puasa Ramadan 1440H ini, saya mencoba berbagi informasi seputar tempat buka puasa favorit di Surabaya. Soalnya kemarin sudah sharing soal menu buka puasa yang selalu dirindukan ketika memasuki Ramadan. Banyak yang akhirnya ngiler karena beberapa menu memang tampak asing di telinga dan setelah mencari tahu, mereka makin tergiur untuk mencoba. Sayangnya, tidak semua bisa ditemukan di tanah Jawa kecuali ada niat membuatnya sendiri.

Sedikit move on dari menu buka puasa, tempat buka puasa favorit setiap orang pun berbeda-beda. Tergantung senyaman apa yang dirasakan saat menikmati takjil di tempat tersebut dan pastinya kalau saya sendiri harus kids friendly agar tidak mengganggu ke-khusyuk-an saat itu.

Dulu waktu saya masih di Makassar, banyak tempat buka puasa yang menjadi kenangan, seperti Anjungan Pantai Losari bahkan di rumah sendiri karena bisa berbuka puasa dengan alm. Bapak. Namun, seiring waktu, saya pun harus merantau ke Kalimantan. Di sana juga punya tempat favorit untuk menyantap menu berbuka puasa seperti di pinggir jembatan Kahayan atau warung yang menyajikan berbagai menu ikan.

Karena sekarang saya sudah domisili Surabaya, tentu tempat buka puasa favorit pun ada. Bahkan sesekali merindukan untuk kembali ke tempat tersebut seorang diri atau hanya berdua dengan pasangan. Tetapi, sekarang sebenarnya berbuka puasa lebih banyak di rumah karena saat ini sedang mendidik anak usia 5 tahun untuk belajar berpuasa juga.

Namun, 3 tempat buka puasa favorit di Surabaya ini selalu saya rekomendasikan kepada teman-teman yang kebetulan berkunjung ke Surabaya:

#1. Food Junction

Sesuai namanya, tempat ini memang tempatnya berbagai jenis kuliner. Makanan dan minuman, mulai yang tradisional hingga modern, ada di sini. Lalu, apa yang membuatnya istimewa? Karena di tempat ini kalau menjelang Magrib, tampak senja begitu indah (dengan catatan cuaca sedang baik). Selain itu, ketika langit sudah gelap, maka akan terlihat lampu berwarna-warni yang indah dipandang sembari menikmati sajian menu buka puasa yang jadi pilihan.

Courtesy: @katalensaku

Ada spot bermain untuk anak-anak juga sehingga tidak perlu khawatir ketika ke sana bersama keluarga. Pun untuk sholat sudah disediakan musholla.

#2. Surabaya North Quay (SNQ)

Saya hanya sekali berbuka puasa di tempat ini. Lokasinya yang berada di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menawarkan pemandangan indah saat senja dan matahari beranjak kembali ke peraduannya. Kita bisa menyaksikan kapal-kapal yang sedang bersandar atau yang berangkat ke tujuan. Menikmati segelas es buah dan pemandangan seperti ini bagi saya sungguh tak terlupakan.

Menikmati Senja di SNQ

Soal jajanan tidak perlu khawatir. Tinggal pilih sesuai selera saja. Sholat pun demikian karena sudah disediakan.

Tak hanya menikmati pemandangan pelabuhan, hiburan musik pun bisa ditemukan di sini. Sambil duduk lesehan atau menggunakan kursi, bisa hanyut dalam suasana yang begitu syahdu.

#3. Hotel

Salah satu spot menu dessert berbuka

Yang satu ini memang subjektif. Karena selama ini seringnya makan masakan rumahan. Kalau sesekali buka puasa di hotel itu jadi salah satu hal menyenangkan. Banyak pilihan menu dan pastinya kebersihan serta kenyamanan dijamin.

Buka puasa bersama keluarga besar pun tidak perlu khawatir soal tempat sholat dan keamanan membawa anak-anak. Karena di hotel pasti selalu ada security yang bertugas. Hanya saja memang perlu bujet lebih ketika berbuka puasa di hotel.

Di hotel ada Life Cooking Corner

Sejauh ini, semua hotel di Surabaya yang pernah saya cicipi menunya terbilang menyenangkan semua dan pastinya mengenyangkan. Bahkan yang selalu menarik karena platting dan penyajian menu berbuka puasa di hotel layak untuk diabadikan dengan kamera.

***

Well… itulah 3 tempat buka puasa favorit di Surabaya versi saya. Sebenarnya masih banyak seperti beberapa café yang instagramable, namun untuk sekelas café di saat akan berbuka puasa seringnya crowded dan pelayanan bisa lama pun kita tidak bisa seenaknya lama duduk karena harus bergantian dengan customer lain.

Kalau kalian sendiri tempat buka puasa favorit di Surabaya itu di mana saja? Siapa tahu bisa jadi referensi untuk beberapa hari ke depan. Mumpung masih di awal Ramadan, hehe.

3 Comments

  1. Tatit May 7, 2019
  2. Reyne Raea May 7, 2019
  3. Jeanette Agatha May 30, 2019

Leave a Reply

Instagram