Trend Content 2017

Trend Content 2017 – Balik lagi di artikel LBI 2017 untuk pekan kedua. Kali ini temanya mirip dengan tahun 2016 hanya saja lebih mengerucut lagi. Jika tahun 2016 bicara soal blog yang bakalan tren, kesempatan ini akan membahas soal konten yang akan menjadi trend sepanjang tahun 2017.

Kalau saya pribadi yang ditanya, pastinya akan menjawab serius eh maksudnya berdasarkan hasil pengamatan diam-diam sejak menjelang akhir tahun 2016. Dan teman-teman bisa melihat gambar di bawah ini sebagai point of interest saya mengenai konten yang bakalan banyak bermunculan di berbagai media sosial:

Trend Content 2017

USER EXPERIENCE

Konten yang ditulis berdasarkan hasil pengalaman lebih banyak disukai dan tetap akan menjadi trend. Apalagi saat ini sejumlah brand dalam menyajikan promosi di berbagai media sangat membutuhkannya. Testimoni terpercaya menjadi nilai lebih tersendiri sehingga masyarakat bias tertarik. Karena masyarakat saat ini sudah sangat pandai untuk menilai mana yang benar-benar bagus atau sebaliknya. Tahun 2017, media sosial masih bertebaran dengan informasi-informasi dari personal yang melakukan endorse terhadap suatu produk, salah satunya adalah blogger.

VIDEO

Video sebagai konten sudah merambah sebagian besar kalangan yang berkecimpung di media sosial. Live report yang disampaikan dan di-share ke media sosial yang dimiliki menjadikan informasi tersampaikan lebih cepat. Orang yang menemukan konten video lebih bersemangat karena tidak lagi harus menerawang dan membayangkan seperti apa kondisi, situasi pada lokasi tertentu yang sedang dilaporkan. Ditambah lagi, pengungkapan kalimat dengan konten tulisan sedikit banyaknya menghadirkan perbedaan persepsi, berbeda dengan dalam bentuk video. Bahkan sudah banyak beredar kontes-kontes yang menjadi video blogging sebagai kategori utama demi menyampaikan informasi (meskipun diselipkan promosi).

Trend Content 2017

FOTO

Konten (khususnya blog) akan lebih sempurna jika disertai dengan foto atau gambar pendukung yang sesuai dengan isi tulisan pastinya. Nah, kualitas pengambilan foto ini juga menjadi penilaian penting bagi pembaca juga. Sebagaimana yang pernah saya tanyakan ke beberapa teman blogger, mereka tidak akan pernah bosan berlama-lama di satu blog hanya karena terpesona dengan foto. Well, tahun 2017 bakalan semakin marak dengan foto-foto dengan teknik fotografi yang ciamik pastinya. Apalagi workshop foto semakin menjamur pun ditambah dengan hadirnya kamera-kamera mumpuni. Bahkan sekelas smartphone sudah membenahi diri dengan kamera yang dibutuhkan. Tak hanya khusus blogger, para instagrammer pun perlu konten berkualitas dalam bentuk foto, bukan?

 

INFOGRAFIS

Belakangan ini blog dengan tampilan infografis yang menarik dan informatif menjadi ikut dalam antrian sebagai salah satu pemanis konten blog. Bermunculan lomba yang inforgrafis menjadi bagian dari penilaian karena boleh jadi ada juri yang membaca intisari konten tulisan melalui infografis. Jadi wajar saja kalau banyak blogger yang mengambil langkah untuk belajar membuat infografis, apalagi jika konten ingin diikutkan dalam lomba blog. So, tidak salah jika konten dengan infografis yang bagus juga akan nangkring sebagai Trend Content 2017.

TUTORIAL

Sejak zaman search engine ada, artikel atau konten tulisan yang berisi tutorial atau tips menjadi partner sejatinya. Alasannya sederhana, banyak yang mencarinya. Usia sekolah misalnya, tips atau cara membuat prakarya sederhana dari bahan-bahan tertentu. Tak hanya pelajar, blogger pun masih bahkan tidak bias dipisahkan dari konten tutorial. Sebut saja yang pernah membuat heboh dunia blogging adalah persoalan broken link. Sampai saat ini artikel saya soal broken link masih selalu dicari. Dan pastinya tahun 2017, artikel-artikel serupa atau bidang lain yang berisi tips akan selalu menjadi trend. Sebab kini ketika bingung mengoperasikan sesuatu, siapa lagi yang ditanya selain google a.k.a search engine?

Nah, bagaimana menurut teman-teman blogger sendiri mengenai Trend Content 2017? Silakan saling sharing di sini.

10 Responses to “Trend Content 2017”
  1. Santo says:
  2. f.nugroho says:
  3. Elisa says:
  4. Anis khoir says:
  5. Dini Febia says:
  6. Pakde Cholik says:
  7. Ririe Khayan says:
  8. Ndy Pada says:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *