Susu Inovasi yang Sehat dan Halal untuk Pertumbuhan Anak

Susu Inovasi yang Sehat dan Halal untuk Pertumbuhan Anak kali menjadi salah topik dalam postingan blog saya. Susu inovasi yang sehat dan halal untuk pertumbuhan anak sudah sepantasnya menjadi bahan pemikiran oleh seluruh pihak yang terkait, seperti ibu, produsen susu, Majelis Ulama Indonesia (lembaga penjamin kehalalan makanan/minuman), pemerintah setempat dan seluruh masyarakat yang berprofesi sebagai penyalur susu sehat.

Definisi Seputar Susu dan Susu Inovasi

Definisi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (versi software KBBI Offline 1.3), definisi susu adalah bahan minuman, berupa cairan atau bubuk.

Definisi dari segi kimia, susu adalah suatu larutan koloid dimana fase pendispersi dan terdispersinya adalah cair. Susu dikelompokkan ke dalam larutan koloid dengan sebutan emulsi (cair dalam cair).

Definisi dari segi biologi, susu adalah organ tubuh yang terletak di bagian dada atau perut (binatang) yang menghasilkan cairan untuk makanan bayi.

Sedangkan Susu Inovasi adalah susu alternatif yang diperoleh dengan cara mensintesis bahan-bahan tertentu sehingga membentuk cairan yang serupa dengan kandungan gizi dan manfaat susu alami.

Persepsi Susu Inovasi Berdasarkan Keilmuan Kimia

Susu inovasi yang kini hadir meramaikan kancah perdagangan susu sintesis (susu formula) semakin memberikan janji-janji gizi dan kualitas yang baik. Apalagi jika menyangkut soal tumbuh kembang anak, beragam jenis susu formula bermunculan dan saling beradu saing tentang keunggulan susu formula yang mereka miliki.

Secara kimia, apapun yang disintesis tentu memiliki efek samping yang beragam sesuai dengan batas kemampuan susu itu bertahan lama. Tidak sedikit para produsen susu inovasi yang masih kurang memperhatikan tentang kandungan yang cocok untuk membuat susu sintesis sebagai susu inovasi. Sungguh sangat disayangkan jika susu inovasi tersebut diberikan untuk pertumbuhan anak justru memberikan hasil yang kurang maksimal. Sebab, makanan tambahan, dalam hal ini susu inovasi, sudah seharusnya memperhatikan substansi yang terpenting ada di dalam sebuah produk susu inovasi.

Sintesis susu inovasi tentu saja menggunakan bahan-bahan kimia dalam mensintesisnya sehingga perlu berhati-hati dalam memilih susu yang disintesis menjadi susu inovasi. Susu inovasi yang disintesis harus memperhatikan syarat-syarat berikut sebagai parameter susu inovasi tersebut baik dan layak untuk dikonsumsi:

  • Berat jenisnya pada suhu 27oC
  • Derajat keasamaan
  • Warna
  • Bau
  • Rasa
  • Kekentalan
  • Kadar lemak minimum
  • Kadar protein minimum
  • Kandungan enzim katalase
  • Jumlah sebaran bakteri
  • Kadar alkohol
  • Titik didih
  • Titik beku

Jika susu inovasi kemudian disintesis dengan memperhatikan beberapa syarat di atas, maka susu inovasi yang dibuat tentu saja akan memberikan susu inovasi yang baik dan layak untuk menjadi faktor penunjang pertumbuhan anak.

Susu Inovasi Tidak Hanya Membutuhkan Syarat Mutu Baik tetapi Juga Label Halal

Sebagai umat manusia yang beragama, tentu saja makanan/minuman halal menjadi hal penting untuk diperhatikan. Sebab, jika setitik saja benda (makanan/minuman) yang masuk ke dalam tubuh dengan status haram, maka akan merusak seluruh sel yang berkembang biak di dalam tubuh tersebut.

Di dalam kitab suci Al Qur’an sudah sangat jelas disebutkan dalam berbagai ayat dan surah tentang harusnya kita memilih makanan dan minuman yang halal. Dan sebagai hambaNya, kita sekalian diseru untuk memakan makanan yang “halal” sebagaimana yang termaktub dalam Surah Al Baqarah ayat 168 yang artinya:

“Wahai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik (thayyib) dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syetan; karena sesungguhnya syetan itu adalah musuh yang nyata bagimu” 

Mengkonsumsi susu inovasi yang baik dan segar akan tidak lengkap jika tidak diberikan label “halal”. Tentu saja bukan label yang sekedar begitu saja ditempelkan pada kemasan produk. Rasa aman dalam mengkonsumsi makanan/minuman akan menyehatkan akal pikiran juga. Sangat disayangkan jika makanan/minuman yang diperoleh setiap hari kemudian dikonsumsi tetapi mengandung bahan atau berasal dari sumber yang haram. Oleh karena itu, perlu berhati-hati dalam memilih makanan/minuman yang tidak hanya baik tetapi juga halal.

Logo Halal MUI

Susu yang halal adalah susu yang komponen penyusun di dalamnya tidak menggunakan bahan/senyawa/campuran/alat yang haram untuk digunakan. Sesuai fatwa MUI dalam Munas II, tanggal 11-17 Rajab 1400 H bertepatan dengan 26 Mei – 1 Juni 1980 M, bahwa:

Setiap makanan dan minuman yang bercampur barang haram/najis maka hukumnya haram
Setiap makanan dan minuman yang meragukan bercampur barang haram/najis sebaiknya ditinggalkan
Adanya makanan dan minuman yang diragukan bercampur dengan barang haram/najis hendaklah Majelis Ulama Indonesia meminta kepada instansi yang bersangkutan untuk memeriksanya ke Laboratorium untuk dapat ditentukan hukumnya.

Saya sendiri sebagai konsumen produk kemasana selalu memperhatikan label “halal MUI” sebelum membeli produk kemasan tersebut, terlebih lagi pada minuman susu yang sangat memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan otak saya.

Namun, sebaiknya susu inovasi yang setiap hari dikonsumsi juga berstatus tidak hanya halal tetapi juga thoyyib, atau baik. Sebab banyak makanan/minuman halal tetapi tidak baik untuk dikonsumsi.

Masa Pertumbuhan Anak Membutuhkan Nutrisi Tambahan sebagai Penunjang Pembentukan Pola Pikir dan Kecerdasan Anak

Sebagai orang tua yang mengamati setiap detik pertumbuhan anaknya, tentu saja akan mengerahkan segala cara untuk memberikan yang terbaik. Terlebih lagi ketika anak tersebut berada dalam masa pertumbuhan.

Susu inovasi sebagai nutrisi tambahan dan pelengkap dalam masa pertumbuhan anak mampu membentuk pola pikir serta kecerdasan anak sejak dini. Bahkan susu inovasi menjadi salah satu kiblat para orang tua yang benar-benar ingin membentuk anak-anak mereka sesuai dengan kecerdasan dan bakat anak-anak tersebut.

Susu inovasi yang dibutuhkan dalam masa pertumbuhan anak adalah susu yang mengandung sejumlah senyawa/formula bahan yang mampu memberikan energi dalam mengembangkan bakat dan kecerdasan yang masih terpendam. Dengan susu inovasi diharapkan mampu dieksplorasi sehingga nampak jelas arah dan tujuan pertumbuhan anak.

Frisian Flag Hadir sebagai Susu Inovasi yang Baik dan Halal untuk Pertumbuhan Anak

Frisian Flag sebagai salah satu produk susu inovasi yang berkembang pesat dari masa ke masa, ternyata tetap memberikan perhatian lebih terhadap kualitas mutu hasil susu. Jika mengingat masa kecil, saya adalah salah satu manusia beruntung yang diberikan asupan nutrisi susu inovasi oleh orang tua saya.

Perkembangan Frisian Flag dimulai dari perubahan logo yang ditambahkan dengan slogan penggugah semangat untuk menatap masa depan “Raih Esokmu”.

Dengan berbagai macam terobosan yang diciptakan Frisian Flag dari waktu ke waktu membuat produk susu Frisian Flag tetap menjadi pilihan utama masyarakat. Terobosan baru saat ini dari Frisian Flag adalah adanya Isomaltulosa sebagai senyawa tambahan pada produk susu yang membuat jaminan mutu dan kualitas semakin terdepan.

Struktur Isomaltulose

Struktur Senyawa Isomaltulosa

Isomaltulosa sendiri merupakan senyawa yang berfungsi hampir sama dengan sukrosa karena berasal dari kelompok karbohidrat juga. Namun, isomaltulosa lebih cepat diserap di dalam tubuh hingga 45% dibandingkan sukrosa. Dengan begitu, susu Frisian Flag yang mengandung senyawa isomaltulosa ini sangat cocok dalam proses pertumbuhan anak, selain sehat dan halal.

Frisian Flag Halal dari MUI

Label Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang terdapat dalam Frisian Flag semakin meyakinkan bahwa produk susu Frisian Flag tidak hanya sehat dan baik tetapi juga halal untuk dikonsumsi, apalagi untuk proses pertumbuhan anak. Anak menjadi cerdas dan tetap sehat karena asupan makanan/minuman yang halal. Jadi, sangat tidak keliru jika Frisian Flag adalah Susu Inovasi yang Sehat dan Halal untuk Pertmbuhan Anak.

 

2 Responses to “Susu Inovasi yang Sehat dan Halal untuk Pertumbuhan Anak”
  1. blog biasa says:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *