Resort World Manila Trip (The End): Kesan-Kesan bersama IBN dan Star Cruises ke Manila

Beda. Luar biasa. Elegan. Tiga kata yang bisa kuucapkan setelah berada di kota Manila, Filipina bersama Idblognetwork. Perjalanan menuju Manila sudah membuatku seperti terbang di awang-awang. Rasa tidak percaya kalau harus menginjakkan kaki di luar negeri membuatku semakin gugup bertemu dengan orang-orang di bandara Soekarno-Hatta. Berlebihan (sering disebut lebay.com) dan terlalu kampungan mungkin menjadikan sikapku seolah-olah tidak pernah berada di dalam sebuah kebahagiaan yang luar biasa.

Terpilih ke luar negeri itu merupakan hadiah yang sangat fantastis di tahun 2012. Sangat kusayangkan sebenarnya sebab semuanya terjadi ketika posisiku sudah berstatus yatim. Ayah sudah meninggalkanku sejak Oktober 2010 lalu. Padahal ayah sangat menginginkanku bersamanya bisa berkeliling Indonesia dan luar negeri. Namun, meski kini aku sudah tanpa ayah, aku yakin ayah melihatku dan selalu ada bersamaku dengan setiap apa-apa yang kulakukan. Semangatnya tidak pernah luntur bahkan setiap kali ingin melakukan sesuatu, aku harus meyakini bahwa hal tersebut sudah berada dalam persetujuannya.

Resort World Manila Trip (The End): Kesan-Kesan bersama IBN dan Star Cruises

Idblognetwork yang diundang oleh pihak Star Cruises sebagai salah satu media digital merupakan sebuah penghormatan yang luar biasa. Media digital lainnya terkalahkan oleh karena brand image yang ditampilkan Idblognetwork  sudah membuat orang-orang percaya dan yakin akan sebuah keakuratan dan kepercayaan sebuah tulisan di dunia maya. Dan aku sendiri sudah merasakan kenyamanan dan keamanan yang diberikan Idblognetwork dalam memfasilitasi aku (baca: blogger Indonesia) untuk ikut memeriahkan Tur Wisata yang diadakan oleh Resort World Manila (RWM) ini.

Resort World Manila Trip (The End): Kesan-Kesan bersama IBN dan Star Cruises ke Manila

Idblognetwork tampil sebagai salah satu peserta yang tidak pernah absen dari segala kegiatan yang ditawarkan oleh RWMTrip. Dan yang membuat aku bangga menjadi blogger Idblognetwork adalah beberapa dari peserta RWMTrip meminta kerja sama dalam hal publikasi melalui media blog dengan bantuan IBN. Semua orang pastinya akan tertarik dengan IBN sebab hampir 9.000 blog berada di bawah TOS IBN yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Resort World Manila Trip (The End): Kesan-Kesan bersama IBN dan Star Cruises ke Manila

Meskipun awalnya tidak begitu dikenal, akhirnya IBN mampu memberikan kesan tersendiri diantara peserta RWM Trip yang ada. Benar-benar bangga menjadi blogger IBN. Selain itu, rasa terima kasih terhadap IBN juga kuucapkan sebab selama di Manila, aku tidak pernah merasakan kekurangan sedikitpun bahkan uang saku sempat ditambahkan oleh IBN.

Resort World Manila Trip (The End): Kesan-Kesan bersama IBN dan Star Cruises ke Manila

Memang tidak sanggup diungkapkan dengan kata-kata tetapi IBN membuat mimpiku menjadi nyata. Ke luar negeri tanpa harus mengeluarkan uang sepeser peso dan rupiahpun (terkecuali membeli souvenir Manila). Sebuah agenda yang membuat IBN Go International sudah bukan merupakan isapan jempol semata. Aku sempat mengatakan pada CEO IBN bahwa suatu saat IBN mungkin mempunyai cabang di Manila jika memang benar-benar mampu mengaktifkan seluruh sendi dari dunia blogging yang ada. Tidak hanya SEO, iklan dan semacamnya tetapi juga etika dan kepercayaan adalah hal yang membuat IBN dapat berkembang jauh lebih pesat dibandingkan yang sekarang, Insya Allah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *