Pertamina Rayakan HUT Ke-59 dengan Aksi Bersih Pantai

Pertamina Rayakan HUT Ke-59 dengan Aksi Bersih Pantai – Siapa yang tidak mengenal Pertamina? Pasti jawabannya semua sudah mengenal bahkan selalu akan identik dengan bahan bakar. Nah, tahun ini Pertamina sedang merasakan kebahagiaan karena sedang berulang tahun yang ke-59. Banyak kegiatan atau program-program seru yang disusun pihak CSR Pertamina sebagai wujud perayaannya. Salah satunya adalah Aksi Bersih Pantai yang kemudian diberi slogan #PertaminaBersihkanPantai.

Pertamina Rayakan HUT Ke-59 dengan Aksi Bersih Pantai

Nah, #PertaminaBersihkanPantai kemarin dilakukan di salah satu daerah di Jawa Timur, yaitu Banyuwangi. Lokasi tepatnya adalah di Pantai Grand Watu Dodol atau dikenal dengan GWD. Lokasi bernama GWD ini sendiri adalah salah satu spot wisata Banyuwangi yang baru saja diresmikan oleh pemerintah setempat. Kegiatan Corporate Sosial Responsibility (CSR) dan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) ini dimulai pukul 06.00 waktu setempat dengan dihadiri beberapa Deputi Pertamina.

Ada Bapak Ahmad Bambang, selaku Wakil Direktur Utama Pertamina,yang datang bersama istri. Ada juga Azwir Malaon, selaku Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Wisata Alam & Buatan dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Serta tidak terlewatkan juga Bapak Abdullah Azwar Anas, selaku Bupati Kabupaten Banyuwangi bersama dengan seluruh staff pemerintah setempat. Mereka hadir untuk bersama-sama mensukseskan Aksi Bersih Pantai sebagai wujud kepedulian Pertamina pada lingkungan.

Pelepasan Tukik di Banyuwangi

Photo Courtesy: @richoku

Tak hanya agenda Aksi Bersih Pantai, acara yang didukung oleh berbagai kalangan termasuk blogger ini juga dimeriahkan dengan adanya Pelepasan Tukik. Tukik itu adalah sebutan untuk anak penyu. Selain itu ada pemberian media kebersihan berupa tong sampah dari Pertamina, santunan  kepada 59 anak yatim dan beberapa bantuan lain dari Pertamina kepada pemerintah setempat, terkait dengan pemeliharaan tukik, pembangunan taman baca dan juga penyediaan alat kebersihan lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat setempat. Di dalam kegiatan yang sangat positif ini juga dihibur oleh kesenian khas Banyuwangi seperti Tari Jejer Gandrung.

Pertamina Bersihkan Pantai

Photo Courtesy: @richoku

Agenda #PertaminaBersihkanPantai ini sebenarnya juga dilakukan secara serentak di beberapa kota, selain Banyuwangi, yaitu di Pantai Kampung Bugis, Tanjung Uban (Kepulauan Riau), Pantai Mutiara Hijau, Karangsong, Balongan (Jawa Barat), Pantai Teluk Penyu, Cilacap (Jawa Tengah), Pantai Kampung Atas Air, Balikpapan (Kalimantan Timur).

Tujuan #PertaminaBersihkanPantai ini tidak lain adalah untuk menjaga eksosistem biota laut. Diharapkan dengan tetap terjaganya ekosistem,maka kondisi lingkungan sekitar menjadi lebih baik. Di samping itu, tugas untuk menjaga kebersihan pantai pun diharapkan adalah dilakukan bersama-sama oleh seluruh pihak. Tidak hanya dibebankan kepada wisatawan yang berkunjung saja tetapi semua lapisan masyarakat. Salah satu contoh sederhananya, tidak membuang sampah sulit daur ulang ke laut.

Well… selamat ulang tahun untuk Pertamina. Semoga agend #PertaminaBersihkanPantai ini tidak hanya sampai di sini saja. Bahkan menjadi contoh tindakan nyata sebagai bentuk cinta lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *