Minum Air yang Cukup dan Aman

Secara kimia, air merupakan molekul yang dibentuk oleh dua atom Hidrogen (H) dan satu atom Oksigen (O). Ikatan yang terbentuk adalah ikatan kovalen. Air juga merupakan pelarut penting karena mampu melarutkan berbagai jenis zat kimia.

Sudah menjadi pengetahuan kita semua bahwa tubuh tersusun dari material terbanyak berupa air. Bahkan air menutupi hampir 71% permukaan bumi ini. Itulah mengapa air sangat penting untuk kebutuhan manusia yang ada di bumi.

Menjalani aktivitas tanpa adanya air atau kekurangan air tentu akan sangat mengganggu. Mulai dari mata terbuka hingga terpejam lagi, air bahkan selalu diperlukan. Bangun tidur, tubuh membutuhkan asupan air sebagai awal intake. Kemudian melakukan aktivitas seperti mandi, mencuci, memasak atau mungkin menyiram tanaman. Tanpa air semua akan terkendala, bukan? Namun, yang ingin ditekankan di sini adalah bagaimana mengkonsumsi air yang cukup dan aman demi menciptakan tubuh yang sehat dan stamina fit.

Setiap tubuh manusia terdiri atas 50-78% air. Untuk itu, perlu diperhatikan ketika tubuh sudah terlihata atau terasa mengalami keletihan akibat terjadi dehidrasi. Aktivitas yang dilakukan setiap hari sangat mempengaruhi jumlah molekul air yang hilang dari dalam tubuh. Oleh karena itu, bermunculan sebuah slogan yang berisi ajakan untuk minum 8-10 gelas per hari. Sebenarnya jumlah tersebut dikembalikan lagi dengan jenis aktivitas yang dilakukan. Semakin banyak bergerak dan aktivitas yang dilakukan berat, otomatis akan cepat mengalami kekurangan molekul air di dalam tubuhnya. Berbeda jika setiap hari hanya bekerja di dalam rumah dengan pekerjaan ringan.

Asupan air pun harus baik, bersih dan sehat. Bagaimana mengetahui jika air tersebut baik, bersih dan sehat? Tentu saja melihat ciri-ciri air tersebut, diantaranya:

  • Tidak berwarna
  • Tidak keruh
  • Tidak berbau
  • pH berada di sekitar 7
  • Tidak memiliki rasa
  • Kesadahan rendah
  • Tidak mengandung bakteri patogen seperti coli

Jika ciri-ciri di atas sudah memenuhi, maka air tersebut sudah aman untuk dikonsumsi, baik untuk tubuh maupun untuk aktivitas lainnya.

Minum Air yang Cukup dan Aman

Sumber gambar: oihar.blogspot.com

Meskipun begitu, dengan perkembangan teknologi saat ini, sudah banyak juga tercipta alat-alat canggih untuk menjadikan air yang tadinya keruh atau berbau menjadi air yang bersih dan aman. Tetapi bukan berarti bahwa harus terlena sehingga dengan mudahnya mengkonsumsi tanpa mengetahui dengan benar apakah dalam air tersebut tidak mengandung partikel-partikel lain.

Membiasakan diri minum yang cukup setiap hari tentu akan berdampak pada kesehatan tubuh. Dan adapun beberapa manfaat lain yang bisa diperoleh jika minum air yang cukup, yaitu:

  • Otak bisa berfungsi lebih baik. Otak sangat bergantung akan asupan Oksigen di dalam darah agar bisa melakukan tugasnya dengan baik. Jika menjaga pola minum yang baik setiap hari, maka ion oksigen yang bersumber dari air bisa membantu mengoptimalkan kerja otak. Dan menurut penelitian tingkat performa kognitif akan membaik 30% dengan minum yang cukup.
  • Jantung menjadi lebih terlindungi. Menurut penelitian (dilakukan selama 6 tahun) dalam American Journal of Epidemiolgy,orang yang mengkonsumsi air yang cukup setiap hari membantu menurunkan sekitar 40% kemungkinan orang terkena serangan jantung.
  • Mengurangi sakit kepala. Peneliti di University of Masstricht di Belanda mengatakan bahwa minum air yang cukup bisa membantu meringankan sakit kepala akibat migrain yang melanda.
  • Mencegah dehidrasi. Dehidrasi sangat mudah sekali terjadi bagi siapa saja jika asupan air di dalam tubuh tidak cukup.

Pada intinya, semua harus pada kadar yang wajar. Jika berlebihan pun juga akan menimbulkan efek lain. Kebanyakan meminum air juga bisa mengakibatkan kandungan Natrium dalam tubuh menjadi lebih encer, atau dikenal dengan sebutan hiponatremia. Jika sudah demikian, makan ion Natrium tidak melakukan fungsinya dalam mengatur kadar air di dalam dan di sekitar sel-sel tubuh.

So, sudahkah Anda minum yang cukup hari ini?

#10HariNonStopNgeblogGizi

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
8 Responses to “Minum Air yang Cukup dan Aman”
  1. Ryan says:
    • Chemist Rahmah says:
  2. Lidya says:
  3. Dwi Puspita says:
  4. dhilooo says:
  5. leny says:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *