Bersama Maju Tanpa Batas

Bersama Maju Tanpa Batas – Kata siapa kuliah harus selalu datang ke kampus? Di era digital seperti sekarang ini, kita sudah bisa mengikuti kuliah online. Apaa, Kuliah online? Kuliah online itu memangnya seperti apa sih? Duh, nggak perlu kaget keless. Yuk, simak ulasan berikut.

Bersama #MajuTanpaBatas

Kuliah Online itu sama saja seperti kuliah pada umumnya kok. Tetap ada proses proses belajar-mengajar, mendapatkan materi dan berdiskusi kelompok. Hanya saja bedanya, semua dilakukan melalui internet. Yap, duduk sambil memperhatikan di depan layar laptop, komputer atau mungkin smartphone yang kita miliki selayaknya sedang berada di ruang kuliah. Bisa dilakukan dimanapun juga, baik itu di rumah, warnet atau mungkin di kafe.

Siapa pun pasti memahami bahwa hal yang tidak bisa dipungkiri adalah adanya keterbatasan waktu untuk kuliah karena kesibukan sehari-hari yang super padat. Dari pagi sudah harus berangkat bekerja atau beraktivitas yang menjadi sumber mata pencaharian hidup, untuk itu waktu kuliah terasa akan mengganggu schedule yang sudah ada dan wajib diikuti. Meskipun sebenarnya bisa saja mengikuti kuliah kelas karyawan atau pun kuliah malam hari sepulang dari bekerja. Namun, tenaga untuk melakukan aktivitas melebihi jam kerja akan sangat dibutuhkan lebih banyak. Dan otomatis harus tetap datang ke kampus dan mengikuti pembelajaran di kampus setiap saat.

Nah, salah satu cara agar  tetap dapat menjalankan kuliah dan tidak perlu datang ke kampus setiap saat yaitu dengan kuliah online. Kuliah online pun bukan sembarang kuliah online. Harus jeli dan cermat dalam menentukan universitas mana yang membuka kuliah online dengan kualitas yang baik. Universitas penyelenggara kuliah online yang dipilih sebisa mungkin dapat dipercaya dalam hal administrasi juga. Dan salah satu kualitas universitas atau kampus yang dimaksud adalah mencakup kegiatan belajar serta interaksi mahasiswa tersebut.

Binus Online Learning Dimanapun

Namun, memang belum banyak universitas yang dapat menyelenggarakan sistem kuliah online yang terpercaya dan berkualitas. Menurut pemantauan terkini, Binus Online Learning  hadir untuk menjawab kebutuhan tersebut demi memberikan kemudahan pendidikan untuk siapa saja yang sibuk tetapi sangat membutuhkan asupan ilmu.

Sistem Binus Online Learning ini juga sangat fleksibel, Dalam kegiatan belajar, mahasiswa dapat melakukan interaksi dengan dosen tanpa ada batasan waktu dan tempat. Tetapi juga perlu diingat bahwa “tanpa batasan waktu dan tempat” tetap harus memperhatikan etika saat berkomunikasi.  Kehadiran dalam tatap muka di ruang kelas tetap akan dilakukan, tetapi masih terbatas pada kegiatan yang bersifat pembahasan kasus, diskusi pemantapan pemahaman materi kuliah, dan pada saat mengikuti ujian.

Interaksi dengan dosen dan praktisi sangat diutamakan untuk mendapatkan dan meningkatkan kemampuan dan wawasan mahasiswa dalam kegiatan praktis dan pengambilan keputusan yang nyata. Metode ini sangat cocok untuk pekerja professional dan entrepreneur bahkan ibu rumah tangga yang ingin melanjutkan studi S1 tanpa terkendala dengan waktu dan tempat.

Untuk kegiatan belajar mahasiswa (i), Binus Online Learning sudah mempersiapkan dan memperhitungkan agar mahasiswa mendapatkan hasil yang berkualitas. Mahasiswa dapat fokus belajar dengan jumlah mata kuliah yang terbatas di tiap periode/semester, sehingga hasil yang didapatkan lebih maksimal. Mahasiswa Binus Online Learning juga akan mendapatkan Pembelajaran Global, dimana mahasiswa Binus Online learning tidak saja akan diajar oleh dosen dari kota lain seperti Jakarta, tapi juga dengan dosen-dosen yang ada di luar negeri. Semua demi mutu atau kualitas keluaran dari kuliah online ini.

Binus Online Learning menggunakan sistem LMS (Learning Management System). Apa itu LMS? LMS adalah sistem pembelajaran yang terintegrasi untuk membangun jaringan interaksi antara mahasiswa dengan mahasiswa, mahasiswa dengan dosen dan mahasiswa dengan pembimbing akademis. Dengan demikian mahasiswa online learning dipastikan mempunyai kualitas yang sama dengan mahasiswa yang melakukan sistem perkuliahan pada umumnya. Tak perlu merasa khawatir akan perbedaan ilmu atau materi dengan mahasiswa kuliah non-online.

Untuk metode perkuliahan dari BINUS sendiri adalah setiap mata kuliah akan diterima dalam beberapa bentuk seperti, diskusi di forum, tugas individu/kelompok, video confrence, video pembelajaran. Semua ini dilakukan secara online. Namun untuk awal masuk perkuliahan, dan ujian setiap mahasiswa harus datang ke BULC atau kampus BINUS. Hmmm… memudahkan sekali, bukan?

Kuliah Online di Kantor

Saya yang kebetulan berdomisili di Surabaya sepertinya tertarik dengan kuliah online ini. Bahkan Binus University Learning Community atau yang dikenal sebagai BULC sudah hadir di beberapa kota, diantaranya Palembang, Semarang, Malang dan Bekasi. Dengan adanya BULC ini dibuat untuk memberi kemudahan kepada mahasiswa kuliah online, jika mahasiswa Binus Online Learning tersebut sedang ada tugas keluar kota dan bertepatan dengan waktu ujian ataupun perkuliahan Face to Face, maka mereka bisa datang ke BULC terdekat untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Mahasiswa kuliah online juga akan dibekali dengan progam EES (Employabiity & Entrepreneurial Skill) yang dimasukkan ke dalam mata kuliah. Tujuan EES ini apa? Dengan adanya program EES ini, Binus Online Learning tidak saja menyiapkan lulusannya untuk siap bekerja, tetapi juga menciptakan lapangan pekerjaan sendiri atau untuk orang lain. Just for info, saat ini Binus Online Learning juga telah menghasilkan lebih dari 300 lulusan terbaik yang tersebar di berbagai instansi dan perusahaan baik nasional maupun multinasional di Indonesia.

Tentunya dengan metode pembelajaran secara online yang dilakukan BINUS ini, mahasiswa (i) bisa #MajuTanpaBatas karena kuliah dilakukan kapan saja, dimana saja. Tidak ada lagi batasan untuk untuk tidak kuliah, meskipun saat ini sudah bekerja di kantor mewah karena kuliah, khususnya kuliah online, bisa dilakukan sambil bekerja, mengejar passion, mengurus bisnis, bahkan travelling ke dalam atau luar negeri.

Sudah siap untuk #MajuTanpaBatas?

Binus Online Learning di Kafe

13 Responses to “Bersama Maju Tanpa Batas”
  1. eda says:
  2. Lia says:
  3. inayah says:
  4. rahmiaziza says:
  5. Ira Guslina says:
  6. cumilebay says:
  7. Noe says:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *