Berkenalan dengan Lambang-Lambang Bahaya dari Bahan Kimia

Berkenalan dengan Lambang-Lambang Bahaya dari Bahan Kimia – Bersentuhan dengan dunia kimia tentu saja akan berhadapan dengan berbagai jenis bahan kimia. Jenis-jenis bahan kimia yang terdapat di dalam laboratorium tentu saja memiliki sifat masing-masing. Biasanya akan terlihat pada botol sebagai kemasan bahan kimia tersebut dalam bentuk lambang atau simbol.

Lambang-lambang bahaya dari bahan kimia sebaiknya diketahui agar bisa mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Kecelakaan dalam laboratorium bisa dicegah jika pandai mengelola bahan kimia yang ada. Tidak sembarangan mengambil/mengolah yang pada akhirnya berakibat pada diri sendiri juga. Untuk itu kali ini akan memberikan lambang-lambang bahaya dari bahan kimia.

Bahan ini biasanya diserta dengan lambang E yang berasal dari kata explosive atau mudah meledak. Jika menemukan lambang bahaya ini pada botol atau kemasan bahan kimia, sebaiknya hati-hati dalam menggunakannya. Salah satu contoh bahan kimia yang seperti ini adalah trinitrotoluena (TNT). Oleh karena itu hindari benturan, gesekan, suhu panas dan loncatan api terhadap bahan kimia yang mudah meledak ini.

 Lambang Eksplosif1 Berkenalan dengan Lambang Lambang Bahaya dari Bahan Kimia

Lambang dengan gambar tengkorak ini biasanya dilengkapi dengan huruf T atau T+ yang berarti toxic/very toxic. Dalam bahasa Indonesia berarti racun/racun kuat. Diusahakan agar jangan sekali-kali menyentuh, terhisap atau bahkan tertelan karena akibatnya pada kematian. Contoh bahan kimia yang toksik ini antara lain merkuri klorida, arsen triklorida.

 Lambang Corosive Berkenalan dengan Lambang Lambang Bahaya dari Bahan Kimia

Lambang bahaya dengan simbol C (corrosive) satu ini adalah bahan kimia yang bersifat merusak jaringan hidup. Salah satu contoh bahan kimia korosif adalah asam klorida pekat. Pengalaman, kaos kaki yang terkena tetesan asam klorida pekat akan sobek (bolong) seketika. Bayangkan kaos kaki saja bolong apalagi jika terkena kulit.

 Lambang Irritant Berkenalan dengan Lambang Lambang Bahaya dari Bahan Kimia

Lambang bahaya dengan simbol tanda silang ini (X) sebenarnya ada dua jenis, yaitu Xn dan Xi. Untuk kode Xn disebut sebagai harmful atau melukai jaringan atau organ tubuh tetapi sifatnya ringan. Contohnya pada bahan kimia peridin. Jika terhirup dengan kadar yang terlalu tinggi maka akan keracunan. Sedangkan untuk kode Xi disebut sebagai irritant yang sifatnya sedikit lebih berat dibandingkan Xn. Salah satu bahan kimia yang termasuk di lingkarang lambang bahaya X ini adalah ammonia. Sebaiknya tidak terhirup, kontak dengan mata dan kulit karena akan menimbulkan keracunan.

Lambang Flammable Berkenalan dengan Lambang Lambang Bahaya dari Bahan Kimia

Lambang dengan gambar api biasanya disimbolkan dengan huruf F atau flammable. Jika menemukan bahan kimia berlambang bahaya ini, berarti mudah terbakar jika bersentuhan dengan udara, air dan sumber api. Kebanyakan bahan kimia yang bersifat mudah terbakar adalah pelarut-pelarut organik.

 Lambang Oxidizing Berkenalan dengan Lambang Lambang Bahaya dari Bahan Kimia

Lambang O (oxidant substance) ini berarti bahan kimia yang bersifat pengoksidasi. Hidrogen peroksida adalah salah satu contoh bahan kimia dengan sifat tersebut. Jadi sebaiknya dihindarkan dari bahan-bahan yang mudah terbakar, reduktor dan panas yang tinggi.

Lambang Dangerous Environmental Berkenalan dengan Lambang Lambang Bahaya dari Bahan Kimia

Lambang N disebut juga sebagai dangerous for the environment. Hal ini berarti bahwa bahan kimia tersebut tidak boleh dibuang begitu saja ke lingkungan. Contohnya adalah bahan kimia berupa tetraklorometan. Jadi, sebaiknya diolah dulu sebelum di buang.

Jika menemukan bahan kimia tanpa lambang-lambang bahaya di atas bukan berarti bahwa bahan kimia tersebut aman-aman saja. Bagaimana pun bahan kimia tetaplah bersifat racun untuk masuk ke dalam tubuh kita. Jadi perlu pengetahuan terlebih dahulu sebelum bersentuhan dengan bahan kimia tersebut. Namun, bukan berarti bahwa kimia itu menakutkan. Semakin menantang semakin bagus dan membuat penasaran, bukan?!

19 Responses to “Berkenalan dengan Lambang-Lambang Bahaya dari Bahan Kimia”
  1. Ejawantah's Blog says:
  2. galauers says:
  3. Heru Piss says:
  4. luthfisetyawanan says:
  5. Ripki says:
  6. fasha madya sary says:
  7. sylph says:
  8. bigung? says:
  9. dididn doanks says:
  10. Nacep maulana says:
  11. Afriani says:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *