ASUS ROG Strix GL502VS, Hadirkan Grafis Nvidia Pascal untuk Gamers

ASUS ROG Strix GL502VS, Hadirkan Grafis Nvidia Pascal untuk GamersSeperti nggak mau move on dari kehebohan launching produk unggulan di Bali, ASUS berkeliling kota lagi. Kali ini menyambangi kota Pahlawan Surabaya untuk memperkenalkan dua produk terbaru di lini notebook gaming, yaitu ROG Strix GL502VS dan G752VS.

Infografis-Laptop-GL502VS

Untuk tahu lebih detail keunggulan yang ditawarkan ASUS pada ROG Strix GL502VS, bisa disimak penjelasan sebagai berikut:

A. Prosesor ROG Strix GL502VS

Kali ini kita fokus pada ROG Strix GL502VS yang dibuat dengan dapur pacu prosesor Intel Core terbaru. Prosesor Intel Core i7-6700HQ disematkan ASUS yang disandingkan dengan kartu grafis discrete NVIDIA® GeForce® GTX™ 1070M yang juga didukung oleh Microsoft® DirectX® 12. Keunggulan dengan adanya gabungan ini, tidak akan ada lagi cerita soal kesulitan dalam menjalankan game yang berat, bisa melakukan multi-tasking seperti mengedit video dan live streaming.

B. Kartu Grafis Nvidia Pascal

Kartu grafis NVIDIA® GeForce® GTX™ 1070 (dikenal dengan teknologi NVIDIA Pascal) ini mampu memberikan performa grafis yang mumpuni untuk menghasilkan tampilan yang full HD. Tidak hanya itu, kartu grafis ini sudah mendukung port HDMI 4K2K output yang bisa digunakan saat akan menyambungkannya dengan monitor atau layar yang lebih besar dengan resolusi maksimal.

C. Desain ROG Strix GL502VS 

Foto: Documentasi Pribadi

Melihat notebook satu ini, maka bisa dipastikan para gamers enthusiast bisa memainkan game dimana saja atau istilahnya gaming on the go. Hal ini diperkuat dengan fakta bahwa ROG Strix GL502VS memiliki berat hanya 2,3 kg dan ketebalan 3 cm. Bisa masuk dalam tas jenis backpack atau messenger bag. Dan inilah notebook gaming yang tertipis yang pernah ada di kelasnya. Selain itu, dimensi yang berukuran 390 x 266 x 23.5 mm ini sudah sangat pas untuk memuaskan mata saat bermain game. Karena layar yang semakin lebar membuat mata tidak gampang lelah.

D. Layar ROG Strix GL502VS – Beautiful Wide View Panel

Foto: Dokumentasi Pribadi

ROG Strix GL502 berlayar 15.6 inci (tingkat resolusi 1920×1080 pixels) dengan panel super-fast wide-view menjadikan user dapat melihat dengan jelas sampai sudut kemiringan 178° pada layar Full HD.

E. Sistem Pendingin Ganda ROG Strix GL502VS

Sumber: Web ASUS

Ketika bermain game, hal yang paling dikhawatirkan adalah kondisi notebook yang menjadi panas. Namun ASUS sudah menjawabnya dengan membekali notebook ini dengan hyper cool duo copper, dimana terdapat dua kipas yang mampu mendinginkan CPU dan GPU secara terpisah. Selain itu, ada juga fitur IceCool Technology yang membuat tangan tetap dingin ketika notebook tersentuh telapak tangan.

Dengan adanya sistem pendingin seperti ini, maka para gamers tidak perlu merasa khawatir meskipun memainkan game secara marathon atau bahkan aktivitas live streaming terus-menerus.  

F. Konektivitas ROG Strix GL502VS

Sumber: Web ASUS

Port USB Type C yang reversible pada ROG Strix GL502VS  sangat memudahkan dalam menghubungkan berbagai perangkat dan mentransfer data hingga 10Gbps via USB 3.1 Gen 2 dengan kecepatan super cepat. Contohnya adalah mentransfer sebuah film dengan kapasitas 2GB hanya membutuhkan waktu kurang dari 2 detik. ROG Strix GL502 juga bisa dihubungkan pada layar monitor yang lebih besar melalui mini Display Port yang sudah dibenamkan dalam perangkatnya.

G. Memori RAM ROG Strix GL502VS

Apalah artinya sebuah notebook gaming jika tidak dilengkapi dengan RAM memadai. ROG Strix GL502VS sudah meningkatkan RAM hingga 32 GB DDR4. Kapasitas RAM ini dapat meningkatkan kecepatan, kapasitas, dan menekan konsumsi daya menjadi lebih rendah. Tidak puas sampai disitu, ASUS menambahkan lagi NVMe PCle SSD 256 GB untuk kecepatan akses data sehingga tidak perlu waktu menunggu lamanya loading. Masih kurang puas, ASUS menambahkan SATA 1TB (7200 rpm) 2.5” HDD untuk menyimpan semua files yang dibutuhkan.

H. Storage ROG Strix GGL502VS

Berikut adalah hasil screenshot test benchmark penyimpanan data dan operasi sistem dari ROG Strix GL502VS:

Dari data di atas diketahui bahwa ASUS menggunakan aplikasi Crystal Disk Mark untuk melihat kecepatan sebuah drive dalam kemampuannya untuk read/write. 

Penyimpanan atau storage dari ROG Strix GL502VS ini terdiri atas dua buah (sebagaimana terlihat di atas) yaitu SSD dan HDD. Dimana SSD yang berkapasitas 256GB berfungsi untuk menyimpan aplikasi atau game dan juga sistem operasi (OS). Sedangkan HDD digunakan untuk penyimpanan data.

I. Anti-Ghosting Keyboard ROG Strix GL502VS

ROG Strix GL502VS menggunakan full-size chicklet keyboard yang dilengkapi dengan backlight dan jarak tekan sebesar 1.6 mm. Hal ini dimaksudkan agar gamers tetap merasa nyaman saat bermain. Selain itu, tombol WASD juga ditambahkan ASUS untuk memudahkan gamers dalam bermain dalam kondisi cahaya kurang (redup).

Foto: Documentasi Pribadi

Menariknya, keyboard ROG Strix GL502VS ini juga sudah didukung oleh 30-keys anti-ghosting keyboard. Dengan adanya anti-ghosting ini, kombinasi tombol bisa digunakan gamers untuk mengikuti instruksi akan gerakan tertentu pada game yang sedang dimainkan.

J. Filter Suara dan Audio Ice Power untuk Kualitas Suara

Kualitas audio adalah salah satu yang harus diperhatikan untuk sebuah notebook gaming, karena audio yang mantap menambah gairah tersendiri bagi para gamers enthusiast. Dengan adanya Audio Ice Power yang disematkan dalam ROG Strix GGL502VS ini menjadikan kualitas suara lebih maksimal. Di samping itu, terdapat juga filter suara yang bisa menekan kebisingan sehingga suara tetap jelas terdengar saat berbicara pada saat itu.

K. Baterai ROG Strix GL502VS

Sebuah perangkat elektronik tentu disokong oleh kekuatan penyimpan dan pemberi daya. Dibekali baterai 4-cell, ASUS mengatakan bahwa notebook ini bisa menyuplai daya selama 6 jam saat melakukan aktivitas seperti browsing, streaming atau mungkin berinteraksi dengan akun media sosial. Dan jika digunakan untuk bermain game (BatteryBoost bawaan Nvidia dalam keadaan off), maka notebook gaming satu ini bisa bertahan selama 1,5 jam.

L. Hasil Benchmark atau Screenshot Test Game yang Diperoleh pada ROG Strix GL502VS

Untuk lebih meyakinkan, berikut screenshots hasil benchmark dari ROG Strix GL502VS:

Screenshot Game Doom yang Diuji

Screenshot Tes Benchmark PC Mark

3D mark fire strike

benchmark cinebench CPU

benchmark cinebench OPGL

M. Harga ROG Strix GL502VS

Untuk mendapatkan notebook gaming ROG Strix GL502VS ini, ASUS membanderol dengan harga Rp 30.299.000,- dan untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya bisa membelinya di Hi Tech Mall.

Spesifikasi Lengkap ASUS ROG Strix GL502VS

Spesifikasi ROG Strix GL502VS

Sumber : Press Release ASUS

Nah, itulah beberapa keunggulan Notebook Gaming terbaru dari ASUS seri ROG Strix GL502VS. Semua keunggulan benar – benar membantu meningkatkan performa serta memberikan kenyamanan dalam menggunakannya, baik itu gaming maupun aktivitas lainnya.

Kalau bicara produk ASUS yang menjadi unggulan karena menjadi bagian dari Republic of Gamers atau lebih dikenal dengan ROG, saya jadi ingat pengalaman pertama saya dengan produk handal ASUS yaitu ROG Strix G752VY yang menjadi best seller di kalangan para gamers. Bisa baca ulasan singkatnya di SINI.

Hmm… masih ingin ikut saya menabung demi mendapatkan ASUS ROG Strix GL502VS ini?

***

Referensi:

  • https://www.asus.com/id/ROG-Republic-Of-Gamers/ROG-GL502VS/Features/
  • Email ASUS
9 Responses to “ASUS ROG Strix GL502VS, Hadirkan Grafis Nvidia Pascal untuk Gamers”
  1. Noe says:
  2. Idah says:
  3. damarojat says:
  4. a.e.zen says:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *