Kesehatan

Tips Menjaga Kesehatan Mental agar Hidup Lebih Bahagia

Tips Menjaga Kesehatan Mental agar Hidup Lebih Bahagia – Tidak sedikit yang merasakan stress ketika pandemi datang tak diundang. Berbagai aktivitas di luar rumah terhalang. Bahkan sekadar hangout di tempat publik menjadi terlarang. Sadar atau tidak, perubahan yang begitu cepat memberikan dampak signifikan karena setiap waktu seolah tertantang.

Ya, bertahan hidup di era pandemi seperti ini menjadi hal mutlak yang harus dilakukan oleh siapa saja. Menjadi korban pun bukan sebuah keinginan tetapi harus diterima. Terlebih jika orang-orang terkasih yang menjadi bagiannya. Hmm, rasanya memang stabilitas mental bahkan raga pun akan terusik karenanya.

Tips agar Mental Tetap Sehat

Lalu, bagaimana menjaga kesehatan mental agar tetap bisa bahagia meskipun ada rasa was-was yang tidak biasa dengan pandemi ini?

menjaga kesehatan mental

Terima dengan Lapang Dada

Hal paling pertama yang harus dilakukan agar mental tetapi sehat adalah menerima semuanya dengan lapang dada. Selalu berpikir bahwa semuanya hadir karena memang sudah kehendakNya. Jika sudah demikian maka ada sedikit rasa sesak yang terlepaskan. Memang tidak mudah tetapi pasti bisa dilakukan.

Menerima dengan lapang dada sambil sering tarik nafas dalam-dalam akan memberikan oksigen ke otak sehingga sedikit lebih tenang. Perlu dilakukan berulang karena memang tidak bisa sekali tarik nafas maka semuanya langsung baik-baik saja.

Sadari

Ya, menyadari bahwa dengan pandemi semua orang kembali tersadar betapa pentingnya kesehatan. Hal yang selama ini sering terabaikan seperti batuk, bersin dan meludah sembarangan, padahal itu menjadi jalan kuman dan bakteri bahkan virus untuk menyebar kemana-mana. Bahkan nafsu berdesak-desakan hanya karena sebuah kepentingan yang sebenarnya bisa diselesaikan dengan antri tertib seringkali tak dipedulikan.

Dengan menyadari bahwa dampak positif pandemi juga tidak kalah banyak dari dampak negatifnya, kesehatan jiwa raga pun akan terus terjaga. Tidak perlu pusing memikirkan orang lain yang tidak patuh akan protokol kesehatan karena tingkat kesadaran masing-masing memang berbeda. Bahkan sampai detik ini, pandemi sudah berjalan hampir 2 tahun, tetap saja ada yang tidak sadar akan pentingnya menjaga kesehatan.

Bijak Menerima Informasi, Cek Faktanya!

Nah, ini nih yang seringkali membuat stress. Takut berlebihan itu mayoritas datang dari informasi yang kita baca dan terima. Jika kita mendapatkan informasi terkait COVID-19, pandemi atau apa saja yang tampak di depan mata sesuatu yang menakutkan dan mengerikan, coba cek faktanya dulu. Benar atau tidak?

Periksa sumbernya karena seringkali informasi yang muncul datang dari share group to group dengan validitas yang meragukan. So, bijak selalu ketika membaca, melihat dan mendengar informasi. Bahkan salah satu cara saya untuk menjaga kesehatan mental selama pandemi adalah mengurangi membaca dan menonton tayangan pandemi.

Cukupkan diri dengan satu sumber valid informasi. Pantau media sosial yang sudah dipastikan kebenarannya jika ingin mendapatkan informasi terkini soal pandemi. Pelan-pelan akan terbiasa dan jiwa raga tetap tenang dan menenangkan juga orang sekitarnya.

Konsumsi Makanan Bergizi

Makanan memang penting untuk kesehatan tubuh. Lalu apa hubungannya dengan mental yang sehat? Pasti ada dong!

Mental yang sehat itu juga dipengaruhi oleh seberapa baik nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Makanan yang baik dikonsumsi saat pandemi seperti ini pun sudah banyak beredar di dunia maya seperti media sosial. Bahkan saya pernah ikut menyaksikan hadirnya program “Isi Piringku” sebagai wujud kepedulian tentang pemenuhan kebutuhan nutrisi sejak dini.

Nah, ketika sudah paham tentang kebutuhan nutrisi sejak dini, pastinya ketika remaja dan dewasa tidak akan khawatir lagi soal kesehatan mental karena tubuh telah terbiasa dengan nutrisi baik dan penting. Dengan demikian, mental pun ikut menjadi sehat meskipun secara tidak langsung. Bahkan saya sendiri mengalami bahwa dengan menjaga asupan makanan setiap hari selama pandemi itu bisa menjaga diri dari stress karena makan sewajarnya.

Sibukkan Diri dengan Aktivitas Produktif di Rumah

Sebagai ibu yang butuh tetap sehat lair batin setiap hari, berada di rumah memang kadang membosankan. Namun, tidak berarti harus keluar rumah untuk menghilangkan kebosanan tersebut. Banyak yang bisa dilakukan dan memberikan dampak positif terhadap lingkungan. Salah satunya adalah membuat prakarya dari bahan daur ulang.

Aktivitas seperti itu nyatanya mampu membuat anak menjadi senang bahkan ketagihan untuk bebikinan. Tinggal kita sebagai orang tua yang memahami itu sebagai sebuah sarana berdamai dan menerima kondisi pandemi ini.

Selain membuat prakarya dengan bahan daur ulang, banyak aktivitas daring yang menarik untuk diikuti. Mulai dari seminar, cooking class, beauty class sampai pada virtual tour yang pastinya bisa membantu mental kita tetap sehat karena meskipun di rumah, kita masih bisa mendapatkan kebahagiaan. Ya, bahagia dengan cara lebih kekinian.

Kalau saya juga sering membuat desain sebagai proses healing. Bisa dilihat hasilnya sebagai berikut:

Tips Menjaga Kesehatan Mental agar Hidup Lebih Bahagia

By: Rahmah Chemist

Ikut Program Self-Healing

Kalau merasa sudah mengalami stress dan menganggu jam tidur, ikut program self-healing saja. Banyak yang bisa diikuti secara virtual meskipun privat. Hanya saja memang perlu keseriusan. Saya pernah ikut beberapa kali bia webinar plus membaca buku khusus tentang mental health. 

So far, semuanya berangsur baik-baik saja dan semakin percaya bahwa memang bahagia itu kita yang ciptakan, bukan diambil atau dibeli dari orang lain.

***

Well, tetap berusaha menjaga kesehatan ya, khususnya mental kita karena kalau bukan kita sendiri yang berusaha, siapa lagi? Dan tetap percaya bahwa setelah badai akan ada pelangi.

37 Comments

  1. Unggulcenter October 12, 2021
  2. nurulrahma October 13, 2021
  3. Fajarwalker.com October 13, 2021
  4. Muhammad Rifqi Saifudin October 13, 2021
  5. Shafira-ceritamamah.com October 14, 2021
  6. Anita Makarame October 14, 2021
  7. Maria tanjung October 14, 2021
  8. Nining October 14, 2021
  9. Pertiwi Yuliana October 14, 2021
  10. Mechta October 14, 2021
  11. Farida Pane October 14, 2021
  12. Juliastri Sn October 14, 2021
  13. Ida Raihan October 14, 2021
  14. Prima October 14, 2021
  15. Dian Farida Ismyama October 14, 2021
  16. lendyagassi October 15, 2021
  17. lendyagassi October 15, 2021
  18. Katerina October 15, 2021
  19. Ovianty October 15, 2021
  20. Bibi Titi Teliti October 16, 2021
  21. Dian Restu Agustina October 16, 2021
  22. Eri Udiyawati October 16, 2021
  23. Ophi Ziadah October 16, 2021
  24. Rach Alida October 16, 2021
  25. Damar Aisyah October 16, 2021
  26. Tanti Amelia October 16, 2021
  27. Naqiyyah Syam October 16, 2021
  28. Wtri October 16, 2021
  29. Milda Ini October 16, 2021
  30. Helena October 16, 2021
  31. lendyagassi October 16, 2021
  32. Nathalia DP October 16, 2021
  33. Herva Yulyanti October 16, 2021
  34. Sri Widiyastuti October 16, 2021
  35. Dawiah October 17, 2021
  36. Sapti nurul hidayati October 17, 2021

Leave a Reply