Artikel Blogging Info Keuangan Pendidikan Tips

Tips Sayang Anak a la Keluarga Surya Sun Life Financial Indonesia

Tips Sayang Anak a la Keluarga Surya Sunlife Financial Indonesia – Kemajuan teknologi memberikan banyak sumbangsih dalam hidup saya. Tadinya sebelum menikah, teknologi yang membawa saya pada passion menulis di blog hingga saat ini. Kini setelah menjadi ibu, teknologi menjadi kebutuhan primer sebagai media pembelajaran bagi saya yang memiliki anak usia balita.

Usia anak yang masih balita ternyata makin banyak tantangan yang harus dihadapi. Sudah mulai mengenal dunia luar dan sedang berusaha mencari bakat dan minatnya. Kalau dulu keluar rumah, belum ada drama anak minta jajan ini dan jajan itu, mau mainan ini dan itu. Sekarang? Jangan ditanya deh. Saya pun harus selalu sounding anak di rumah dulu sebelum keluar karena untuk menghindari budget berlebihan untuk jajan di luar rumah.

Ya, hidup berkeluarga bukan perkara mudah. Apalagi jika berurusan dengan anak. Banyak hal yang kemudian perlu dipelajari agar tidak salah dalam mendidik anak. Belum lagi persoalan minat dan bakat anak. Si anak balita yang ada di rumah saya ini benar-benar masih random. Namun pelan-pelan mulai terlihat kalau minatnya lebih ke aktivitas yang lebih banyak gerakan tubuh, seperti menari, lompat, dan lainnya, daripada duduk mewarnai gambar. Padahal sama-sama berhubungan dengan seni.

Nah, beruntung karena adanya informasi yang mudah hilir mudik di gawai yang digunakan setiap hari, membawa saya bertemu dengan #KeluargaSurya. Sebuah komedi situasi yang dihadirkan oleh Sunlife Financial Indonesia untuk memberikan pendidikan finansial keluarga namun tak terlepas dari melihat realita keluarga sendiri.

Pasti semua ibu milenial sudah tahu Komedi Situasi (sering disebut SitKom) Keluarga Surya Sunlife Financial Indonesia yang kini sudah masuk episode kelima. Awalnya saya mengira bahwa saya sudah tertinggal jauh, namun beruntung karena sitcom Keluarga Surya ini bisa ditonton ulang via youtube, ya berkat kemajuan teknologi lagi, bukan?

Berkenalan dengan Keluarga Surya

Bu Mentari dan Pak Surya memang tampil kompak meskipun selalu kocak. Saya sendiri sempat terbahak-bahak karena ulah peran dari keluarga ini. Belum lagi dengan tingkah si Cahaya (anak perempuan) dan Fajar (anak laki-laki) dari Keluarga Surya. Keduanya pun seperti memerankan aktivitas sehari-hari yang tidak jauh dari sekitar kita. Bahkan bisa jadi setiap kalimat dan adegan yang kita nonton sejatinya adalah reka ulang apa yang kita alami. Yaa meskipun tidak sama persis. Ada yang demikian? Hehe.

Ini nih wajah personil Keluarga Surya:

Saya selalu tertawa melihat lakon Pak Surya yang benar-benar kocak. Ditambah lagi gemes dengan Bu Mentari yang ketika mengutarakan sesuatu sungguh lucu dan out of the box banget. Cahaya dan Fajar pun seperti jadi impian anak idaman orang tua dimana saja karena kelucuan dan keluguan mereka yang selalu membuat Keluarga Surya menjadi hangat.

Tips Sayang Anak a la Keluarga Surya Sunlife Financial Indonesia

Nah, di episode “Sayang Anak, Sayang Anak” kali ini, Keluarga Surya bercerita tentang bagaimana seharusnya sikap orang tua dalam menyayangi anak yang kemudian berhubungan erat dengan bakat dan soal jajan di luar rumah.

Punya anak yang memiliki bakat seni memang sangat membanggakan. Karena toh seni bukan hal buruk untuk dimiliki setiap orang, apalagi pada anak yang memang masanya masih mengeksplorasi apapun di sekitarnya. Seperti ini juga digambarkan oleh Cahaya. Punya bakat menari balet namun terkendala pada tingkat percaya diri untuk tampil di depan umum.

Melihat Cahaya yang seperti itu, tentu Bu Mentari dan Pak Surya tidak tinggal diam. Mereka selalu harus puny acara agar si Cahaya memiliki rasa percaya diri. Karena sayang anak salah satunya memiliki langkah tepat agar anak tetap bisa mengembangkan bakatnya tanpa harus terhalang dengan situasi dan kondisi.

Bagi sebagian orang tua, pastinya memberi uang saku saat anak akan sekolah sudah menjadi kebiasaan. Apalagi jika ibu tidak sempat menyiapkan bekal anak dari rumah. Namun, jajan di luar sejatinya menjadi warning tersendiri bagi orang tua tentang kebersihan, kesehatan dan juga kelayakan untuk dikonsumsi oleh anak. Karena kita tahu bahwa sistem pencernaan dan metabolisme anak berbeda dengan dewasa. Reaksi terhadap kuman penyakit juga beragam. Dan ini terjadi pada si Fajar yang akhirnya diare karena jajan sembarangan. Padahal sudah dijadwalkan bahwa Fajar akan ikut pertandingan di sekolah.

Tips Bu Mentari dan Pak Surya yang melihat anaknya dengan dua kasus diatas diperlukan solusi tepat agar Fajar tidak lagi jajan sembarangan dan Cahaya tampil dengan percaya diri. Kalau mau lihat selengkapnya bisa tonton video di sini:

Keluarga Surya Sunlife Financial Indonesia untuk Hari Anak Nasional

Pas banget karena besok Senin, 23 Juli 2018 adalah Hari Anak Nasional. Sitkom Keluarga Surya Sunlife Financial Indonesia kali ini memberikan hikmah besar bahwa:

  • Anak memerlukan orang tua sebagai fasilitator yang memahami dan mengayomi mereka
  • Anak bisa dididik cerdas finansial sejak dini yang bisa dicontohkan oleh orang tua sendiri
  • Anak tidak perlu dipaksa untuk mahir bidang tertentu, biarkanlah bereksplorasi asalkan anak enjoy dan semangat menjalaninya. Orang tua hanya perlu mendukung jika memang pilihan anak masih berada dalam koridor yang baik dan bermanfaat.

Semoga anak-anak kita benar-benar tumbuh dan berkembang dengan bahagia sebagaimana digambarkan pada diri Fajar dan Cahaya dalam serial Sitkom Keluarga Surya. Setidaknya Cahaya dan Fajar menjadi salah contoh bahwa seperti itulah harusnya seorang menjalaninya hari-harinya.

***

Nah, jika penasaran ingin mengikuti series Keluarga Surya dan Sun Life Financial Indonesia episode kelima ini, atau mungkin dari awal, bisa langsung ke

Facebook Fanspage: Sunlife Financial Indonesia

Instagram: @sunlife_id

Twitter: @SunLife_ID

Youtube: Sunlife Financial Indonesia

8 Comments

  1. Hastira July 22, 2018
  2. Daruma July 22, 2018
  3. Hidayah Sulistyowati July 22, 2018
  4. Mugniar July 22, 2018
  5. Anisa AE July 23, 2018
  6. ophi ziadah July 24, 2018
  7. Naqiyyah Syam July 26, 2018
  8. Donna Imelda July 30, 2018

Leave a Reply

Instagram