Tips Meningkatkan Nafsu Makan

Tips Meningkatkan Nafsu Makan – Kali ini sedang ingin berbagi soal “nafsu makan”. Mengapa mengambil tema ini? Karena saya sedang mengalaminya seminggu terakhir. Padahal saya tidak sedang sakit atau galau akan pekerjaan. Semua normal, kecuali nafsu makan saya.

Biasanya, setiap jam 11 siang saya sudah akan melakukan proses pencernaan tahap awal (baca: mengunyah) dengan mengkonsumsi makanan ringan, seperti buah. Karena satu atau dua jam sebelumnya harus makan makanan yang berat. Bukan batu lho ya, hehe…

Namun, sepekan terakhir sama sekali ada rasa malas untuk mengunyah makanan, apalagi jika terdiri dari menu nasi dan ikan tongkol. Padahal, ikan ini adalah salah satu favorit saya selama hidup di Surabaya. Maklum, lidah saya lebih senang ikan dibandingkan tahu temped an sayuran yang dimasak a la Jawa lainnya.

Melihat fenomena ini, si kecil jadi ikut-ikutan juga makannya sedikit. Alhasil harus sakit juga karena kondisi tubuh tidak fit. Ditambah lagi cuaca sedang tidak bersahabat. Panasnya sedikit aneh saja rasanya.  Dan untuk mensiasati malas makan, saya harus mencari cara yang jitu. Karena kasihan juga kalau si kecil ikut-ikutan terus. Padahal bundanya benar-benar sedang tidak ada nafsu.

Nah beruntung sekali karena punya banyak teman yang bisa memberikan tips meningkatkan nafsu makan, diantaranya:

  • Olahraga Ringan Setiap Pagi; hmm…. Ternyata olahraga ringan bisa memicu nafsu makan bertambah. Karena gerakan tubuh yang rutin dilakukan bisa mengajak sistem pencernaan pun bekerja dengan baik. Rasa lapar akan muncul sehingga memicu nafsu untuk makan. Memang pada awalnya tidak seberapa banyak, tetapi setidaknya mengurangi aktivitas malas mengunyah.
  • Multivitamin; jika sudah sedikit mengkhawatirkan, menambah suplemen agar nafsu makan bertambah itu tidak dilarang. Daripada tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang seharusnya. Multivitamin-nya pun bisa dikonsultasikan lebih dulu dengan tenaga medis, seperti dokter atau ahli gizi, untuk lebih memastikan seberapa banyak yang kita butuhkan.
  • Bumbu Makanan; biasanya selera makan akan muncul ketika makanan yang akan disantap mengandung bumbu makanan sesuai selera. Bisa juga sengaj disiapkan yang bisa membangkitkan selera, seperti ditambah perasan jeruk nipis, jahe, daun peppermint atau bahan makanan lainnya. Namun perlu diperhatikan karena tidak semua bahan makanan cocok untuk tubuh kita. Jadi periksa dulu kondisi tubuh. Jangan sampai maksud hati ingin menambah nafsu makan malah menambah masalah dalam tubuh (baca: penyakit).
  • Cari Voucher Makan; bagi saya, mendapat informasi berupa Promo Diskon itu juga salah satu jalan menambah nafsu makan. Apalagi jika voucher makan tersebut sangat hemat tetapi bisa menikmati menu yang hebat. Lagi-lagi keberuntungan jika aktif di dunia maya, bisa segera cek ketersediaan stok voucher, salah satunya yang sedang saya incar adalah Voucher Diskon BambiDeal. Vocuher seperti apa BambiDeal ini? Hmm… ada baiknya langsung googling, hehe. Pastinya di BambiDeal bertaburan voucher makan yang bisa dipakai untuk menikmati menu sesuai keinginan. Pastinya akan menaikkan nafsu makan.

  • Cari Tahu Soal Food Photography; kalau saya pribadi, tips satu ini juga ampuh. Karena mau tidak mau objek makanan yang difoto sudah memancing selera untuk dinikmati. Karena selain menggugah selera untuk dimakan, saya pun terpacu untuk menghasilkan hasil jepretan yang tak hanya enak dipandang, tetapi juga sesuai dengan rasa dari objek makanan itu sendiri. Dan selama mempelajari itu, sungguh sangat sulit menemukan angle tepat sehingga perlu latihan bersungguh-sungguh.

5 (lima) tips meningkatkan nafsu makan di atas bisa diikuti lho, guys. Bagaimana? Ada yang kurang? Yuk, silakan kita saling share supaya saya benar-benar masih memiliki nafsu makan yang terkontrol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *