Info

Tips Memilih Minyak Goreng yang Aman dan Sehat

Tips Memilih Minyak Goreng yang Aman dan Sehat – Ibu dimanapun berada akan selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk keluarga, bukan? Mulai dari kebutuhan kecil sampai yang besar, seluruh anggota keluarga akan sangat membutuhkan peran ibu. Sekalipun sang ibu adalah wanita karir, tetap saja kehadiran dan sentuhan tangannya sangat dinantikan setiap hari.

Salah satu aktivitas yang selalu identik dengan ibu adalah memasak. Waktu yang digunakan oleh setiap ibu di dapur untuk mengolah bahan makanan menjadi sajian lezat, tentunya berbeda-beda. Karena tingkat kemahiran pun berbeda setiap ibu. Begitupun dengan saya. Itulah mengapa terkadang menu makanan tertentu menjadi pilihan tersendiri, mengingat akan selalu ada waktu dimana hasil memasak ditunggu oleh suami dan anak. Kalaupun akan melakukan eksperimen masakan, biasanya memilih waktu senggang atau bahkan ketika berada di rumah mertua.

Tips Memilih Minyak Goreng yang Aman dan Sehat

Nah, proses memasak yang paling saya sukai sebenarnya adalah menggoreng. Alasannya sederhana, praktis dan cepat. Hanya perlu memasukkan bahan makanan yang akan digoreng, bolak-balik dan beberapa saat dan sudah siap disantap. Kebetulan juga suami dan anak senang dengan makanan digoreng, khususnya tempe. Bagi kami, tempe goring adalah menu sederhana yang istimewa karena mampu menggoyang lidah. Belum lagi jika ditambahkan dengan sambal atau dipenyet. Uh, dipastikan makan sambil bercucuran keringat.

Namun, kesukaan dengan makanan gorengan pun membuat kami harus selektif memilih minyak goreng. Karena tidak semua minyak goreng bisa memberikan rasa enak plus sehat pada makanan. Berikut adalah tips memilih minyak goreng yang aman dan sehat a la kami:

  • Memilih minyak goreng yang jernih, tidak mudah membeku dan pastinya tidak kental; hal ini menjadi dasar pilihan yang utama. Karena ketika mudah membeku otomatis senyawa-senyawa kimia yang ada di dalam minyak goreng berarti sudah bereaksi.
  • Mengecek komposisi minyak goreng; jangan asal percaya iklan promo begitu saja. Tetap harus jeli dengan membaca kompisisi yang tertera pada kemasan minyak tersebut.
  • Pilih minyak goreng rendah lemak: Jangan karena tergiur promo minyak goreng sehingga melupakan salah satu tips ini. Karena lemak sangat berkaitan dengan kolesterolel, untuk itu menekan angka kolesterol salah satunya ada dalam pemilihan minyak goreng dengan kategori ini.
  • Pilih minyak goreng dengan omega 3 tinggi; bertolak belakang dengan poin di atas, minyak goreng dengan omega 3 menjadi layak untuk dipilih. Hal ini juga berkenaan dengan kesehatan jantung.
  • Maksimal menggunakan minyak goreng hanya 2 kali: pasti semua ibu-ibu pernah melihat pendagang gorengan yang menggunakan minyak yang sudah sangat hitam, bukan? Sebisa mungkin menghindari makanan yang digoreng dengan penggorengan berulang kali. Kalau saya sendiri memaksimalkan pemakaian minyak goreng untuk dua kali menggoreng saja.
  • Menggunakan minyak goreng secukupnya; seperti yang sudah saya singgung di atas bahwa memaksimalkan minyak goreng cukup untuk 2 kali pakai saja, maka sebisa mungkin minyak goreng yang ingin digunakan diperhatikan banyaknya. Misalnya, jika ingin menggoreng tempe saja, maka jangan sampai menuang minyak goreng hingga setengah dari volume wajan. Hal ini bisa menjadi salah satu tips cerdas dalam menggunakan minyak goreng.

Well, kebutuhan akan minyak goreng memang tidak bisa dihindari. Tetapi tetap ada tips memilih minyak goreng yang aman dan sehata seperti contoh di atas. Karena cerdas memilih juga akan membahagiakan seluruh anggota keluarga.

Leave a Reply

Instagram