Ragam Fintech Indonesia Ramaikan Dunia Startup

Ragam Fintech Indonesia Ramaikan Dunia Startup – Masuk pekan kelima belas dari LBI 2017, temanya adalah Fintech. Hmm… tahu kan ya fintech itu apa? Sebelum lanjut, yuk kita simak dulu definisi fintech:

Financial technology, also known as FinTech, is an industry composed of companies that use new technology and innovation with available resources in order to compete in the marketplace of traditional financial institutions and intermediaries in the delivery of financial services.

Ragam Fintech Indonesia Ramaikan Dunia Startup

Artinya kurang lebih seperti ini, FinTech itu adalah sebuah teknologi keuangan yang memudahkan masyarakat dalam pengaturan finansial. Teknologi ini dibuat oleh sejumlah perusahaan keuangan memberikan layanan kemudahan masyarakat dalam mengatur keuangan menggunakan software atau aplikasi. Kemudahan dari transfer pembayaran, pengajuan pinjaman, pengumpulan dana hingga pada pola pengelolaan asset pun bisa dengan mudah dilakukan dengan teknologi finansial terkini.

Dengan begitu, maka manfaat adanya FinTech antara lain:

  • Startup semakin berkembang bahkan memicu munculnya startup FinTech baru; menjadikan orang-orang yang bergerak di bidang jasa keuangan menjadi lebih inovatif dalam menghasilkan aplikasi keuangan. Bahkan bisa bersaing di tingkat Asia, khususnya.
  • Meningkatkan taraf hidup; hal ini dikarenakan mampu mendapatkan penghasilan dari bisnis FinTech ini sendiri.
  • Meningkatkan jumlah angka bitcoin; bagi pengguna yang tidak memiliki akun perbankan tetap masih bisa melakukan transaksi keuangan. Dan jumlahnya semakin hari semakin meningkat saja.
  • Mengurangi pinjaman dengan bunga mencekik; ya siapa sih yang mau berurusan dengan bunga mencekik. Dengan adanya Fintech ini maka bisa membantu masyarakat agar tidak terjerat pada pinjaman dengan bunga memberatkan.

Dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Hanya saja (jujur ya…) saya masih belum pandai memanfaatkan teknologi finansial. Alasannya karena perangkat tidak mendukung sehingga saya kadang hanya melihat bagaimana teman-teman dan suami yang menggunakan salah satu dari FinTech yang ada.

Di Indonesia kebetulan sudah banyak startup yang menjadikan fintech ini sebagai bidang jasa untuk dikembangkan. Bisa di cek di website Tech In Asia, di sana selalu updated info startup terbaru. Pembuatnya pun beraneka ragam. Intinya siapa saja yang memiliki ide startup finansial bisa bergabung.

Nah, kalau teman-teman sendiri sudah menggunakan teknologi keuangan juga? Share dunk pakai apa dan bagaimana suka dukanya.

One Response to “Ragam Fintech Indonesia Ramaikan Dunia Startup”
  1. Ririe Khayan says:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *