Blogging Info

Ragam Aktivitas Outdoor bersama Si Kecil yang Aktif

Punya anak dengan kemampuan bergerak yang banyak dibandingkan anak lain seusianya, memang memberikan challenge tersendiri. Harus selalu menyiapkan energy berlebih juga untuk mengimbangi setiap gerakannya. Jika tidak, maka pasti si kecil akan kehilangan rambu dalam setiap aktivitasnya.

Namun, rambu yang dimaksud pun bukan sesuatu yang begitu ekstrim, seperti melarang bergerak, memberikannya gadget dengan berlebihan agar tenang, atau mungkin memarahi jika terjadi over moving yang mengakibatkan sesuatu terjadi.

Kalau saya pribadi seringkali menjadikan anak aktif yang dikaruniakan Tuhan sekitar 4 tahun lalu untuk bermain di area outdoor. Ya, bermain di area outdoor memang memberikan sesuatu yang luar biasa pada anak aktif. Tidak perlu khawatir karena anak #AktifItuSehat kok.

Berikut ragam aktivitas outdoor yang bisa dijadikan alternatif bermain sambil belajar untuk ibu dimana pun berada, yang dikaruniai anak aktif seperti saya:

#1. Ajak Mengenal Tumbuhan di Halaman Rumah

Biasanya si kecil selalu meminta pada saya untuk diajarkan banyak hal. Apalagi jika sudah diajak ke rumah neneknya (manggilnya mbah), sudah pasti halaman rumah menjadi bagian terpenting untuk dieksplor bersama.

Mengenal tumbuhan menjadi aktivitas menarik. Satu tumbuhan yang dilihat si kecil bisa menimbulkan berbagai pertanyaan. Dengan begitu, menghabiskan waktu di halaman rumah dengan anak aktif pun jadi tidak terasa.

#2. Ajak Melihat Sawah

Satu lagi aktivitas seru yang biasanya kami lakukan di outdoor, tepatnya ketika berada di desa, kampung halaman ayahnya si kecil, adalah melihat sawah.

Mengapa harus sawah?

Karena di sawah akan banyak menimbulkan pertanyaan yang bisa menjadi sumber rpengetahuan si kecil. Mulai dari:

  • Ada tumbuhan apa di sawah?
  • Siapa yang menanam padi?
  • Mengapa harus ada padi?
  • Siapa itu pak Petani?
  • Kenapa sawah warnanya hijau?

Dan masih banyak lagi yang akan ditanyakan oleh anak saya.

#3. Ajak Eksplor Taman

Di Surabaya ada banyak taman yang dibuat oleh Walikota sebagai media hiburan warga. Saya sangat bersyukur karena hadirnya taman tersebut menjadi salah satu hal yang bisa menjadi media ajar untuk si kecil yang aktif. Apalagi di setiap tama nada playground yang beraneka bentuk. Siapa pun anak akan senang diajak ke taman ini.

Di taman, si kecil bisa bermain jungkat-jungkit, ayunan, perosotan bahkan bermain pasir pun bisa dijadikan media eksplorasi anak.

#4. Ajak Anak Bermain Kelompok

Karena saya berasal dari keluarga besar, maka otomatis banyak saudara yang punya anak usia kids bahkan balita. Nah, keadaan ini bisa menjadikan saya untuk menyalurkan aktifnya si kecil dengan mengajaknya bermain kelompok.


Ya, bermain kelompok bersama saudara sepupu atau ponakan saya bisa menjadi media mengenalkan anak tentang kerja sama, berbagi bahkan bersabar ketika ada mainan yang harus menunggu giliran. Ketika anak sudah memahami bagaimana bermain secara berkelompok, kelak jika dilepaskan ke dunia sekolah atau lingkungan yang lebih luas, tidak ada lagi masalah seperti bertengkar karena rebutan mainan atau semisalnya.

#5. Ajak Anak Melukis di Area Terbuka

Di samping rumah mertua saya, ada taman yang baru dibangun. Air mancur menjadi pusat perhatian di taman itu saat ini. Tapi, di sekitar taman berjejer ragam pedagang kaki lima yang menjajakan berbagai kesenangan untuk si kecil.


Anak saya selalu tertarik untuk berada di area melukis dengan cat air pada media Styrofoam yang sudah diberi gambar. Anak-anak lain yang berkunjung pun mayoritas tertarik untuk meminta kepada orang tua mereka agar diijinkan melukis. Dengan membayar sekian rupiah, si kecil bisa mendapatkan satu media gambar, cat air dan kuas untuk digunakan mewarnai.

Melukis atau mewarnai bagi saya pribadi menjadi ajang si kecil untuk mengasah kemampuan konsentrasi, imajinasi bahkan bisa belajar perpaduan warna dasar dari media cat air yang digunakan.

Tetap Sehat dan Aktif bersama Indomilk UHT Kids Full Cream

Sebanyak apapun aktivitas outdoor yang dilakukan si kecil, tidak menjadi masalah agar sebagai orang tua mampu mencukupi nutrisinya. Seperti memberikan tambahan makanan berupa susu Indomilk UHT Kids Full Cream dengan segala kebaikannya.

Tentang manfaat dan mengapa harus mengkonsumsi Indomilk UHT Kids Full Cream pun sebenarnya sudah saya tuliskan sebagai salah satu tips menjadi ibu bahagia.

Mengapa Harus Indomilk UHT Kids Full Cream?

Pasti ada yang bertanya lagi pada saya mengapa memilih Indomilk UHT Kids Full Cream ini untuk anak saya, Salfa. Pastinya, susu Indomilk UHT Kids Full Cream dari Indomilk ini punya nutrisi yang dibutuhkan si kecil yang aktif luar biasa.

Bahan-bahan yang dikandung oleh susu Indomilk UHT Kids Full Fream terdiri dari kalsium, vitamin, mineral dan juga protein yang sangat dibutuhkan dalam masa pertumbuhan si kecil. Untuk komposisi lengkapnya, silakan cek pada kemasan yang sudah menuliskan lengkap juga tentang nutrisi dalam 1 tetrapack susu Indomilk UHT Kids Full Cream ini.

Tingginya kandungan kalsium dari Indomilk UHT Kids Full Cream, yakni 30% per kemasan dan 60% per takaran saji, ini semakin meyakinkan saya bahwa kelak anak akan jauh dari masalah pembentukan tulang.

Hal yang membuat saya senang adalah susu UHT Indomilk ini tidak ada kandungan garam alias tidak ada penambahan garam. Susu UHT Indomilk terbuat dari susu segar alami dengan kandungan yang sudah memiliki gula laktosa dan garam mineral. Rasa gurihnya sudah bisa dirasakan saat meminum susu ini.

Anak kecil yang mengkonsumsi gula dan garam berlebihan, ternyata bisa menjadi salah satu penggerak timbulnya penyakit-penyakit yang sama sekali kita hindari karena terkenal mengerikan dan bisa membunuh pelan-pelan, seperti hipertensi, osteoporosis, stroke dan penyakit lainnya.

Selain itu, susu UHT Indomilk diproduksi oleh PT. INDOLAKTO yang sudah memiliki sertifikat ISO sejak tahun 2000 hingga ini. That’s why saya tidak ragu memberikan susu ini kepada si kecil sebagai nutrisi saat bermain dan belajar setiap harinya.

***

Well… anak aktif bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Justru akan banyak hal yang bisa menjadi media eksplorasi bagi si kecil agar tidak mengganggu proses tumbuh kembangnya di masa golden age. Sedia selalu #IndomilkUHTKidsFullCream di rumah ya, Bun!

31 Comments

  1. Reyne Raea (Rey) April 18, 2019
  2. Mporatne April 19, 2019
  3. Ainhy Edelweiss April 19, 2019
  4. Keke Naima April 19, 2019
  5. Bibi Titi Teliti April 19, 2019
  6. Farida Pane April 20, 2019
  7. Inda Chakim April 20, 2019
  8. Astin Astanti April 20, 2019
  9. Helena Magdalena April 20, 2019
  10. Lidya April 20, 2019
  11. Arda Sitepu April 20, 2019
  12. Uniek Kaswarganti April 20, 2019
  13. Ida Tahmidah April 20, 2019
  14. April Hamsa April 20, 2019
  15. Nia K. Haryanto April 20, 2019
  16. Ida Raihan April 20, 2019
  17. Helena April 20, 2019
  18. Hidayah Sulistyowati April 20, 2019
  19. lendyagasshi April 20, 2019
  20. Nyi Penengah Dewanti April 20, 2019
  21. Rani Yulianty April 20, 2019
  22. Ika Puspita April 20, 2019
  23. Ika Maya Susanti April 20, 2019
  24. Yoanna Fayza April 20, 2019
  25. susie ncuss April 20, 2019
  26. Desi Namora April 20, 2019
  27. Diah April 21, 2019
  28. Mara April 22, 2019
  29. Ratri Anugrah April 22, 2019
  30. Eka Mustika April 26, 2019
  31. Melly Feyadin June 13, 2019

Leave a Reply

Instagram