Indonesia Jawa Timur Surabaya Wisata

Photo Hunting di Pasar Tradisional Pabean Surabaya

Sejak memiliki hobi memotret apa saja meskipun di galeri Instagram @katalensaku lebih banyak makanan dan minuman, hampir selalu penasaran dengan sejumlah tempat menarik di Surabaya. Bergabung ke beberapa kelompok yang isinya orang-orang yang expert di bidang fotografi, membuat saya pun jadi makin semangat mengasah diri.

Memang saya belum memiliki kamera yang begitu super untuk menangkap setiap objek dan momen yang menarik. Tetapi setidaknya sudah pernah merasakan melakukan photo hunting menggunakan DSLR Canon dan sekarang sedang lebih dekat dengan Fuji Film X-T100 yang merupakan kamera mirrorless.

pasar pabean surabaya

Courtesy: @katalensaku

Nah, salah satu tempat yang membuat saya excited beberapa waktu lalu adalah saat diajak photo hunting di salah satu pasar tradisional yang ada di Surabaya, yaitu Pasar Pabean. Pasar ini konon merupakan pasar legendaris dan punya sisi unik tersendiri.

Saya pun terkesima karena sebelum blusukan masuk, kaki ini diajak untuk menyusuri sebuah perkampungan yang ada di Jl. Panggung dimana deretan rumah kuno sudah dicat warna-warni. Jadi bahan tambahan foto deh.

Masuk ke pasar ini memang dibutuhkan fisik yang kuat dan peralatan seperti masker dan topi. Apalagi jika masuk ke bagian pasar yang isinya mayoritas berupa bawang merah. Bersin-bersin pasti menjadi salah satu yang terjadi pada diri, tanpa terkecuali saya.

Pasar Pabean Surabaya ini memang sangat terkenal sekali dan jika ada pendatang dari luar Surabaya, setidaknya bisa menjadikan Pasar Pabean sebagai objek yang bisa dikunjungi karena memang benar-benar menarik. Apalagi bagi fotografer yang sedang mencari objek untuk tema human interest, street photography atau sejenisnya. Pasar Pabean bisa jadi surga.

 

 

View this post on Instagram

 

“Onion Lady” . . Sebagai orang pendatang, saya sungguh terkesima ketika akhirnya menginjakkan kaki di Pasar Pabean, Surabaya . . Terkesima karena Surabaya toh punya sisi menarik lainnya dan tak melulu soal mall dan taman . . Masuk ke pasar Pabean, banyak wanita perkasa yang mampu memikul beban produk jualan sampai berkilo-kilo . . Dan foto di atas terekam kamera sejatinya ingin melihat ibu ini menapi bawang, sayangnya cahaya tidak cukup mampu membuat kamera di tangan menangkap momen itu . . Wajah ibu ini yang sedikit membuatku khawatir. Tak ada keberanian juga menyapa karena tangannya begitu asik dan lincah memilah bawang . . Bahasa Madura yang digunakannya membuat saya harus meraba makna dan akhirnya diberitahu sama penjual bawang yang berdampingan dengan kios ibu ini. Katanya: “Ada apa kok motret-motret?” . . Banyak hal menarik lainnya saat plesiran di area Pasar Pabean, Surabaya ini. Ingin kutuangkan satu per satu nantinya dalam tulisan di blog. Semoga di luar sana semakin percaya kalau “Suroboyo Ancen Mbois, Rek!” . . . #lombamotreksuroboyombois #gerakansuroboyombois #kolaborasikreatifsuroboyombois #matanesia . @gerakansuroboyombois @matanesia @jawapos @suarasurabayamedia . Yuk kapan kita ke Pasar Pabean bersama? @hm_zwan @etyabdoel @eda_akbar

A post shared by katalensaku (@katalensaku) on

Kesan tentang Pasar Pabean Surabaya

Masuk ke wilayah pasar ini dalam keadaan hamil muda, membuatku sungguh harus menahan untuk tidak muntah. Bahkan beberapa kali aku mencoba mencari penjual masker karena lupa bawa dari rumah. Bau tak sedap sudah menyesakkan hidung. Ya biasalah khas pasar seperti apa. Apalagi pas masuk di area ikan. Huhuhu, sungguh perjuangan ibu hamil dalam mengambil foto.

Courtesy: @katalensaku

Untung saat itu ditemani oleh para fotografer yang selalu memberikan sedikit demi sedikit ilmu fotografi. Bau khas pasar perlahan mulai diajak berdamai. Apalagi karena jari dan fokus dalam kepala sudah mengarah bagaimana mengambil gambar yang bagus tampak di layar lensa kamera.

 

Pastinya photo hunting di Pasar Pabean sungguh pengalaman tak terlupakan. Bertemu dengan orang-orang baru bahkan budaya yang sedikit berbeda, salah satunya dari segi Bahasa dan dialek.

Lokasi Pasar Pabean Surabaya

Jika teman-teman ingin ke Pasar Pabean Surabaya, sekadar membeli bawang, ikan atau produk apa saja yang biasanya memang ada di pasar atau mungkin untuk menjadikan objek kamera, bisa mengikuti akses maps berikut:

***
Well… selamat mengunjungi Pasar Pabean Surabaya dan temukan sisi unik dari setiap individu yang berada di sana. Bahkan boleh jadi saat ke sana menemukan sesuatu yang sulit untuk dilupakan juga seperti saya.

One Response

  1. HM Zwan July 14, 2019

Leave a Reply

Instagram