Blogging

Pentingnya Asupan Asam Folat Untuk Ibu Hamil

Pentingnya Asupan Asam Folat Untuk Ibu Hamil – Kehamilan merupakan suatu hal yang diidamkan bagi sebuah keluarga. Apalagi bagi keluarga yang sangat menginginkan keturunan, mereka tentu tidak ingin kesempatan ini. Untuk itu, dalam proses kehamilan sangat penting untuk mengonsumsi makanan yang sehat untuk membantu perkembangan janin secara maksimal. Zat asam folat untuk ibu hamil akan sangat diperlukan dimana asam folat merupakan nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan janin agar selalu sehat. Asam folat merupakan zat yang perlu dikonsumsi saat kehamilan karena zat ini membantu alam pembentukan saraf dan organ janin pada usia kehamilan. Jika seorang ibu kekurangan asam folat akan memicu terjadinya lahir prematur atau dampak lainnya.

Ibu hamil harus banyak mengonsumsi makanan yg mengandung asam folat yang secara generic (baca selengkapnya, baca di sini) terdapat pada ikan. Berikut adalah makanan awal kehamilan yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil agar janin sehat dan cerdas.

Telur

Telur adalah salah satu makanan yang sangat cocok untuk ibu hamil. Hal ini karena telur memiliki hampir semua nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan janin. Telur adalah sumber kolin yang sangat baik untuk kesehatan tubuh dan perkembangan otak janin. Asupan kolin yang rendah akan menyebabkan menurunnya fungsi otak dan risiko cacat tabung saraf janin.

Salmon

Salmon adalah jenis ikan yang mengandung omega 3 yang sangat penting untuk perkembangan dan kesehatan janin. Ibu pada usia kehamilan sangat dianjurkan untuk makan ikan salmon setiap pekan.

Daging

Daging merupakan makanan yang mengandung protein tinggi. Kandungan protein terdapat pada daging sapi dan daging ayam. Selain itu, daging sapi juga mengandung kolin, zat besi, vitamin B, dan semua zat yang dibutuhkan selama kehamilan dalam jumlah yang tinggi. Wanita hamil akan membutuhkan banyak zat besi karena volume darah meningkat, khususnya pada usia trimester ketiga kehamilan.

Sayuran hijau

Sayuran hijau mempunyai banyak manfaat bagi semua orang khusunya ibu hamil. Bagi ibu hamil, sayuran hijau seperti kale, brokoli, dan bayam banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga sangat penting untuk dikonsumsi. Nutrisi yang ada pada sayuran hijau adalah zat besi, kalsium, serat, vitamin C, vitamin K, vitamin A, folat, dan kalium. Tak hanya itu, brokoli dan sayuran hijau juga mempunyai zat antioksidan yang tinggi.

Ubi

Ubi kuning mempunyai warna oranye yang dari zat karotenoid yang terkandung didalamya. Pigmen warna tersebut dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh. Selain itu, ubi juga mempunyai sumber vitamin C, asam folat, dan serat.

Kacang

Kacang mengandung protein, asam folat, zat besi, magnesium, kalium, dan asam lemak esensial yang sangat penting untuk tubuh saat hamil. Kacang juga dapat membantu untuk meringankan rasa sakit, seperti sembelit dan wasir.

Susu

Pada masa kehamilan, seorang ibu membutuhkan tambahan protein dan kalsium guna membantu pertumbuhan janin. Untuk itu, ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi produk susu.

Demikian adalah tujuh makanan yang mengandung asam folat untuk ibu hamil yang baik untuk perkembangan dan kesehatan janin. Ibu hamil tidak diperbolehkan mengonsumsi sembarang makanan dengan tujuan agar janin yang dikandung selalu dalam kondisi sehat dan normal. Ada beberapa makanan yang harus kamu hindari selama masa kehamilan dan ada pula makanan yang wajib kamu konsumsi untuk memberikan nutrisi yang baik untuk janin. Informasi lengkap manfaat asam folat bisa kalian akses di sini.

Leave a Reply

Instagram