Info

Penanganan Kecanduan game Online dengan Al-Qur’an, Al-Hadist dan Al-Sunnah

Kecanduan game online sekarang ini bisa menjangkit banyak anak karena hobi gaming makin berkembang. Kecanduan ini tentu berbeda dengan sekedar suka main game. Banyak orang tua salah menerka hal ini dan salah mengambil tindakan. Untuk hal ini, tempat rehabilitasi kecanduan game online seperti Pondok Pesantren Nurul Firdaus bisa digunakan.

Di sini, Anda akan didampingi pamong pesantren yang berkualitas seperti Dr. Gumilar, S.Pd.,MM.,CH., CHt., pNNLP. Karena berupa pesantren, tentu penanganan kecanduan anak Anda akan mengikuti arahan Al-Qur’an, Al-Hadist dan Al-Sunnah. Jika penasaran tentang penanganan kecanduan game online di Pondok Pesantren Nurul Firdaus mari bahas bersama di bawah ini!

Metode Pemandian

Seperti dikutip dari gumilar.net, anak yang mengalami masalah kecanduan, biasanya memiliki masalah pada mentalnya. Entah itu berupa emosi yang berlebihan ataupun depresi. Kelemahan mental ini biasanya akan makin jelas saat si anak berada jauh dari game online yang biasa ia mainkan. Untuk menenangkan hal ini, ternyata metode mandi dan wudhlu bisa digunakan.

Tentu, hal ini tidak asal mandi. Konsep dalam Islam menyatakan bahwa mandi dan wudhlu adalah proses menyucikan tubuh dan jiwa. Jika pembersihan tidak dilakukan serius, tentu hasilnya tidak akan baik. Pembersihan ini juga menjadi persiapan sebelum kembali menghadap Allah Yang Maha Suci.

Dalam pelaksanaan metodenya, para anak akan dilatih untuk dapat melakukan pembersihan diri dengan sungguh – sungguh dengan medium air. Jika dilakukan dengan rutin, proses pembersihan ini akan menjadi kebiasaan dan melatih si anak untuk dapat disiplin. Tentu hal ini tidak akan mudah bagi anak yang kecanduan game online, tapi para pembimbing di Pondok Pesantren Nurul Firdaus akan selalu mendampingi.

Sholat

Dari pembersihan, Dr. Gumilar akan mengarahkan anak Anda untuk rajin sholat. Dalam hal ini, anak akan dipandu untuk meminta bantuan dan mendekatkan diri pada Allah untuk lepas pada kecanduannya. Semua anak yang mengikuti proses pembinaan ini akan dituntun dalam melaksanakan sholat fardhu serta sunnah.

Kebiasaan ini akan menjadi hal positif pada metal anak dan membuat fokus mereka lebih pada ibadah dibandingkan dengan bermain game. Anak – anak yang telah biasa melakukan ibadah ini, nantinya akan dituntun kembali untuk kurikulum ibadah tambahan untuk mengisi waktu dengan lebih baik.

Ruqyah Syar’iyyah

Anda tentu pernah tahu tentang Ruqyah atau Rukyah. Metode ini biasanya dihubungkan dengan pengaruh klenik pada manusia. Sayangnya deskripsi ini sebenarnya kurang tepat. Ruqyah memang bisa menyembuhkan pengaruh alam gaib dan setan, tapi untuk masalah penyakit juga bisa diusahakan untuk membaik.

Penyakit ini bisa berupa penyakit fisik dan mental. Arti Ruqyah sendiri adalah perlindungan akan segala sesuatu yang merugikan. Baik itu penyakit, serangan gaib ataupun sekedar perasaan negatif yang merusak.

Metode penanganan kecanduan game online ini hanya dilakukan jika si anak mengalami kesulitan merubah dirinya, tapi ada kemauan dalam diri untuk sembuh. Dorongan dari bacaan – bacaan dan teknik Ruqyah sendiri, bisa jadi hal yang membantu mental si anak menjadi lebih baik.

Selain untuk perubahan dalam mental si anak, Ruqyah juga bisa jadi alat pemohon bagi Allah untuk diberikan kesembuhan. Pembacaan doa bersumber dari Al-Qur`an dan As-Sunnah tentu akan efektif untuk mencari kesembuhan.

Spiritual – Hypnotivation Therapy

Spiritual–HypnOtivation ini adalah salah satu cara atau alternatif teknik serta mindset untuk bisa meraih kesuksesan dan juga kebahagian hidup baik di dunia maupun di akhirat.

Metode ini merupakan pengobatan yang lebih bertujuan untuk merubah mindset diri dalam anak. Dr Gumilar yang memang ahli dalam bidang Spiritual – Hypnotivation Therapy, menyatakan metode Penanganan kecanduan game online ini adalah yang paling efektif. Beliau mengatakan sebagai pengembang metode ini, bahwa dorongan konsep positif spiritual seseorang bisa distimulasi dari luar walaupun hanya diri sendiri yang bisa menentukannya.

Jadi selama si anak ada niatan untuk berubah, metode ini akan menjadi lebih efektif. Metode ini dilakukan menggunakan proses sugesti diri. Semakin si anak yakin akan visi dan misi spiritual yang harus ia lakukan, maka si anak akan bisa mendorong diri keluar dari rasa kecanduan game online.

Metode – metode di atas, tentu hanya sebagian dari banyak terapi lain yang bisa didapat oleh anak yang kecanduan game online. Tiap anak akan merespon berbeda pada tiap perawatan, jadi Pondok Pesantren Nurul Firdaus yang menyediakan variasi perawatan akan sangat membantu menyembuhkan. Jika tertarik dan memiliki anak yang bermasalah dengan game online, hubungi pihak pesantren segera untuk penanganan.

19 Comments

  1. fauziah azzahra September 14, 2019
  2. Okti Li September 15, 2019
  3. Natra Rahmani salim September 15, 2019
  4. Sapti nurul hidayati September 15, 2019
  5. Sumiyati Sapriasih September 15, 2019
  6. Ria Nugros September 15, 2019
  7. Suciarti Wahyuningtyas September 15, 2019
  8. Nia K. Haryanto September 16, 2019
  9. Indri September 16, 2019
  10. Intan Daswan September 16, 2019
  11. lendyagasshi September 16, 2019
  12. Ovianty September 16, 2019
  13. Desi Namora September 16, 2019
  14. Fenni Bungsu September 17, 2019
  15. Qoty Intan Zulnida September 17, 2019
  16. Bundabiya.com September 17, 2019
  17. Antung apriana September 18, 2019
  18. Andiyani Achmad September 18, 2019
  19. tas rajut jogja October 17, 2019

Leave a Reply

Instagram