Blogging Event

Online Booking Eskpor, Peningkatan Pelayanan Pelindo III di Terminal Peti Kemas Surabaya (TPS)

Online Booking Eskpor, Peningkatan Pelayanan Pelindo III di Terminal Peti Kemas Surabaya (TPS) – Siapa yang tak mengenal pelabuhan? Semua orang pasti sangat familiar bahwa pelabuhan identik dengan lalu lintas transportasi laut, besar atau kecil. Lalu bagaimana dengan alur bongkar-muat peti kemas? Apakah aware kita kepada pelabuhan sampai pada aktivitas yang setiap hari mengupayakan barang ekspor-impor terkelola dengan baik?

Seperti halnya saya yang beberapa waktu lalu berkunjung ke Terminal Peti Kemas Surabaya (TPS). Saya yang benar-benar awam dengan dunia kepelabuhan seperti melihat harta karun saat pandangan mata tertuju pada tumpukan peti kemas dengan beraneka warna.

Selama ini, saya hanya tahu bahwa peti kemas itu berisi barang yang siap dikirim ke luar daerah menggunakan kapal. Menggunakan peti kemas karena jumlah barang yang akan dikirim pun sangat banyak dan kapasitasnya bisa menembus ukuran ton.

Padahal, tidak sesederhana itu. Kalau sebelumnya saya sudah pernah mengunjungi Terminal Teluk Lamong dengan segala kecanggihan teknologinya dan Terminal Nilam dengan layanan barunya berupa storage tank, di Terminal Peti Kemas Surabaya atau disingkat dengan TPS, saya mendapatkan aktivitas yang serupa tapi tak sama.

Sekilas tentang Terminal Peti Kemas Surabaya (TPS)

Terminal Peti Kemas Surabaya atau TPS adalah salah satu anak perusahaan dari Pelindo III Group. Terminal ini bergerak di bidang jasa kepelabuhan dengan pengiriman barang baik ekspor maupun impor serta domestik.

TPS yang sudah ada sejak 1992 ini mengalami perubahan akuisisi berkali-kali dan hingga hari ini, Pelindo III sebagai pemilik dengan prosentase 51% dan sisanya adalah kepemilikan DP World. Seiring perkembangan dan perjalanan waktu, TPS menjadi terminal pertama di Indonesia yang menerapkan standar keamanan kapal dan fasilitas pelabuhan sejak Juli 2004.

Ya, di TPS ini sendiri memang melayani pengiriman ekspor-impor barang menggunakan peti kemas. Dengan persaingan di dunia bisnis yang semakin pesat, TPS pun berbenah. Salah satunya adalah dalam pelayanan pengiriman barang ekspor-impor. Jika dulu pengguna jasa harus datang langsung ke TPS untuk menjalankan prosedur sebelum barangnya dikirim ke kota tujuan, saat ini TPS menyediak jasa yang dinamakan dengan online booking.

Keberhasilan TPS dengan Online Booking Impor

Online booking adalah layanan berbasis online yang disediakan oleh TPS melalui Clique247 yang tersedia di website www.tps.co.id, dimana pengguna jasa dapat melakukan pemesanan pelayanan baik ekspor maupun impor kapan saja dan dimana saja tanpa harus datang ke kantor pelayanan TPS, sehingga prosesnya pun lebih mudah, cepat dan akurat. (Dikutip dari situs Terminal Peti Kemas Surabaya)

Nah, bulan Juli 2018 lalu, fitur online booking impor sudah berjalan sukses di Terminal Peti Kemas Surabaya.

Layanan Online Booking Ekspor di TPS

Beruntung karena Pelindo III pun makin memahami kebutuhan pengguna jasa di TPS dan menghadirkan esifiensi logistik berupa online booking ekspor setelah sukses meluncurkan versi impor. Sosialisasi fitur layanan online booking ekspor ini juga sudah dilakukan oleh Pelindo III, dalam hal ini pihak TPS, kepada sekitar 22 perusahaan pengguna jasa.

Menurut Pak Soleh, sosialisasi tersebut sebagai upaya kepedulian TPS dan Pelindo III secara umum kepada siapapun yang membutuhkan jasa pengiriman barang tanpa harus datang jauh-jauh ke TPS. “Melalui acara sosialisasi tersebut, TPS ingin merespon dan menjawab semua pertanyaan serta keluhan customer selama trial serta penerapan online booking ini” ucap Pak Soleh, Kahumas PT. TPS, saat ditemui di kantor Terminal Peti Kemas Surabaya, 23 Oktober 2018 lalu.

Online Booking Eskpor ini akan mulai diberlakukan per tanggal 1 November 2018. Diharapkan seluruh penggunak jasa sudah mulai melakukan proses pengiriman barang ekspor atau impor dengan hanya melalui gadget yang dimiliki.

Dengan layanan booking online ekpsor ini, TPS optimis arus peti kemas 2018 melampaui target yang sudah disusun sebelumnya. Karena seluruh fitur baru diciptakan untuk lebih memudahkan dan pastinya memberikan keuntungan yang signifikan.

Upaya Pelindo III dalam Efisiensi Logistik di Terminal Peti Kemas Surabaya

Dengan serangkaian optimalisasi yang dilakukan TPS bersama dengan seluruh staf karyawan, Pelindo III telah berupaya mewujudkan efisiensi logistik. Upaya ini tidak lain dan tidak bukan untuk mencapai kesejahteraan perekonomian Indonesia dalam sektor maritim.

Terminal Peti Kemas Surabaya selalu optimis akan semakin meningkatkan pelayanan dan juga fasilitas agar tidak lagi ada masalah signifikan yang menghambat kinerja pelabuhan, khususnya di TPS.

***

Dokumentasi Pribadi Hasil Kunjungan ke Terminal Peti Kemas Surabaya (TPS)

Mungkin ada yang ingin melihat bagaimana kondisi Terminal Peti Kemas Surabaya (TPS) yang sudah saya tuliskan di atas. Berikut adalah video singkat yang sempat terekam dalam kamera saya:

 

20 Comments

  1. Antin Aprianti November 3, 2018
  2. CatatanRia November 3, 2018
  3. Okti Li November 3, 2018
  4. Ajeng Pujianti Lestari November 3, 2018
  5. Agatha Revindra Widori November 3, 2018
  6. ike yuliastuti November 3, 2018
  7. Yoanna Fayza November 4, 2018
  8. Reyne Raea November 4, 2018
  9. Siti Faridah November 4, 2018
  10. Fenni Bungsu November 4, 2018
  11. Jeanette Agatha November 4, 2018
  12. Ayun November 4, 2018
  13. cerite si mpo November 5, 2018
  14. missdapur November 5, 2018
  15. Emma November 5, 2018
  16. April Hamsa November 5, 2018
  17. Dian Restu Agustina November 5, 2018
  18. Nurul Dwi Larasati November 5, 2018
  19. Tika Samosir November 6, 2018

Leave a Reply

Instagram