Info Otomotif

Oli Motor Terbaik Masa Kini Tentu Saja Oli Enduro Pertamina

Karena Oli Motor Terbaik Masa Tentu Saja Oli Enduro Pertamina – Kalau ngomongin motor, saya jadi ingat kalimat di bawah ini:

Riding a bike is like an art, something you do because feel something inside.” (Valentino Rossi)

Quote di atas bisa dimaknai bahwa mengendarai motor tentunya tidak sekadar mengendarai. Memilih oli motor terbaik untuk performa motor, perawatan mesin, kelengkapan kendaraan, dan kebersihan adalah suatu hal yang hukumnya wajib dilakukan bagi seorang bikers agar lebih nyaman pada saat dipakai buat touring.

Saya selalu ingat dengan oli motor yang digunakan oleh mendiang bapak. Meskipun status motor yang digunakan setiap hari adalah fasilitas untuk bekerja sebagai supervisor pendidikan di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Saat itu, kekuatan motor dinas yang diberikan oleh pemerintah daerah masih terus dirawat dengan baik meskipun kondisi bapak drop dan harus dirawat di rumah sakit. Dari situ kemudian saya memahami bahwa tanggung jawab bapak tetap dijalankan. Hak bapak berupa motor dinas, tidak pernah diakui sebagai milik pribadi. Namun, meskipun bukan motor pribadi, bapak selalu berupaya merawatnya dengan baik, salah satunya dengan menggunakan oli motor yang tidak murahan.

Kalau teman-teman pembaca chemistrahmah pasti sudah mengenal dengan satu brand oli motor terbaik di Indonesia, bukan? Ya, Enduro. Kalau mendengar merk satu ini, ada sepenggal momen dengan salah satu ponakan saya yang memiliki motor matik.

Ya, saat itu saya lihat ada keluar asap putih dari knalpot motornya. Baunya juga sangat tidak enak dibanding asap knalpot pada umumnya.

“Al, itu motornya kok putih gitu asapnya? Bau lagi!” Saya pun berusaha menjauh apalagi sambil gendong bayi yang masih sebulan waktu itu.

“Iya nih, tante. Belum ganti oli. Ayahku belum ada waktu buat ngurusin.” Jawab ponakan sambil mengamati kepulan asap knalpot yang menyebar kemana-mana.

“Memang biasanya pakai oli apa?” Tanyaku kepo dan baru kali itu juga bahas hal berbau otomotif sama ponakan. Biasanya seputar fotografi atau kuliner.

“Kata ayahku sih nanti mau ganti pakai oli motor terbaik dari Pertamina namanya Enduro, merek ini direkomendasikan sama orang bengkel.”

“Ouh, gitu. Diperbaiki secepatnya gih supaya motornya jadi lebih awet.”

***

Ciri-ciri Motor Matik Harus Ganti Oli

Saya kemudian semakin kepo tentang ciri-ciri motor matik yang harus ganti oli supaya bisa jadi bahan diskusi saya juga dengan ponakan. Dan kali aja bisa menyarankan oli terbaik untuk motor matic injeksi. Untuk motor matic yang harus segera diganti oli cirinya adalah sebagai berikut:

  • Suara Mesin Motor yang Kasar; untuk mengetahui ciri ini bisa dengan cara tutup knalpot dan nyalakan mesin. Jika sudah terdengar kasar (beda dari saat pertama kali beli), maka sebaiknya ganti oli motor matik agar motor tetap awet
  • Asap Putih dari Knalpot; ciri ini sudah saya sebutkan di atas juga sebagaimana informasi dari ponakan saya juga
  • Motor Sering Dipakai Bepergian Jauh; jika sering melakukan ini dengan motor matik, maka sebaiknya ganti oli harus selalu diingat. Jenis oli yang dipakai pun adalah oli yang lebih kental untuk menciptakan performa motor matik tetap baik ketika digunakan
  • Volume Oli Berkurang; hal ini bisa terjadi karena oli menguap akibat adanya pemanasan mesin karena proses pemakaian motor. Bisa jadi juga karena adanya kebocoran. Sehingga harus sering-sering dilakukan pengecekan. Pastikan selalu menggunakan oli motor terbaik saat mengisinya.
  • Warna Oli Sudah Hitam Pekat dan Encer; oli yang baru tidak akan berwarna hitam pekat apalagi encer. Umumnya berwarna biru atau cokelat. Jika sudah berubah warna menjadi hitam pekat tandanya sudah segera harus diganti karena oli tersebut telah terkontaminasi dengan zat-zat emisi

Produk Enduro Oli Motor Terbaik Pertamina

Melihat gambar di atas, maka tentu warga negara Indonesia tidak akan perlu merasa cemas lagi dalam mencari oli sebagai kebutuhan mesin kendaraan motor yang dimiliki. PT. Pertamina Lubricants sudah menghadirkan ragam oli motor terbaik yang bisa dijadikan pilihan sesuai kebutuhan. Saya juga jadi memahami bahwa Pertamina mengeluarkan produk oli motor dengan brand Enduro sedangkan untuk oli mobil terbaik kita kenal dengan Fastron.

Beberapa produk Enduro oli motor Pertamina , yaitu:

  • Enduro 4T Racing SAE 10W-40; oli motor racing yang cocok untuk mesin motor 4 tak (4 langkah) berstandar Jepang dan memiliki kekentalan berkualitas tinggi yang diformulasikan dengan base oil sintetik dan aditif pilihan.
  • Enduro 4T SAE 20W-50; oli bermutu tinggi yang diformulasikan dari bahan dasar mineral berkualitas tinggi dan aditif-aditif pilihan yang didesain khusus untuk motor 4 tak.
  • Enduro Matic-G SAE 20W-40; oli motor matic full synthetic dibuat khusus untuk motor matik 4 tak berkualitas tinggi, didesain khusus menggunakan base oil sintetik untuk pengendara dalam kota yang kerap mengalami kemacetan dan kondisi jalan yang statis.
  • Enviro 2T SAE 20; oli motor terbaik Pertamina dengan sistem pendingin udara
  • Enduro 4T Sport; oli motor sintetik yang diformulasikan khusus untuk menghasilkan perlindungan dari keausan yang maksimal termasuk type oli untuk motor sport 150cc atau cc yang lebih besar.
  • Enduro Matic SAE 10W-30; oli terbaik untuk motor matic 4 tak dengan moly additive untuk mengurangi pergeseran pada kondisi kecepatan dan temperatur tinggi

Nah, ragam produk Enduro dan Enviro untuk motor baik 2 tak atau 4 tak di atas menjadi solusi dalam memilih oli motor terbaik masa kini. Pastinya di zaman milenial ini kualitas produk oli untuk kendaraan motor yang semakin canggih pula sangat dibutuhkan dan Pertamina Lubricants menyediakannya.

Sinergi Enduro dengan Gaya Hidup Masa Kini

Enduro sebagai produk oli motor dari Pertamina sangat dibutuhkan oleh pengendara dengan gaya hidup yang semua serba canggih. Proses produksi oli motor pun semakin ditingkatkan kualitasnya. Sebab, perkembangan motor pun semakin pesat dengan beragam kelebihan yang ditampilkan untuk melengkapi gaya hidup masa kini. Produk berkualitas tentu harus selalu dirawat dengan produk berkualitas pula. Semua bisa buktikan keunggulan produk oli motor Pertamina pada kendaraan yang dimiliki.

Berkenalan dengan Pertamina Lubricants

Waktu kecil kalau dengar Pertamina, pasti yang terlintas langsung adalah bensin dan solar plus logonya yang merupakan gambar kuda laut dan bintang laut. Semakin banyak diajak bapak membaca, jadi tahu kalau Pertamina, lengkapnya PT. Pertamina (Persero), adalah sebuah BUMN yang diberikan wewenang untuk mengatur dan mengelola pertambangan minyak bumi dan gas yang ada di Indonesia.

Pertamina merupakan gabungan dari Pertamin dan Permina yang diresmikan penggabungannya pada tahun 1968. Seiring berjalannya waktu saat ini logo Pertamina menjadi semakin terlihat simple but elegant. Pastinya Pertamina bergerak sebagai lokomotif perekonomian bangsa di bidang energi meliputi minyak, gas serta energi baru dan terbarukan.

Beberapa produk yang dihasilkan meliputi BBM (Bahan Bakar Minyak) seperti minyak tanah, solar, minyak diesel, minyak bakar dan Non BBM seperti pelumas, aspal, Liquefied Petroleum Gas (LPG), Musicool, juga ada Liquefied Natural Gas (LNG), Paraxylene, Propylene, Polytam, PTA dan produk lainnya.

Nah, sekarang ada Lubricants atau PT. Pertamina Lubricants yang produknya sudah saya bahas tuntas di atas sebagai produk oli motor terbaik dan oli mobil terbaik masa kini. Pertamina Lubricants ini adalah anak perusahaan dari Pertamina yang diberikan tanggung jawab untuk melaksanakan amanat Undang-Undang No. 22 Tahun 2001 Tentang Minyak dan Gas.

Hadirnya PT. Pertamina Lubricants diharapkan meningkatkan kekuatan bisnis Perseroan di bidang usaha pelumas pada masa mendatang, melalui cakupan bisnis di dalam dan luar negeri sehingga di masa mendatang tak sekadar mampu menjadi produsen oli motor terbaik tetapi juga bertekad pada masa yang akan datang bisa muncul sebagai perusahaan pelumas kelas dunia, dan mencapai posisi sebagai Top 20 World Lubricants Company.

***

oli motor terbaik

Well… itulah sekelumit penjelasan mengenai Pertamina, khususnya Pertamina Lubricants dengan berbagai produk inovasinya. Setidaknya sebagai warga negara tidak perlu ragu lagi menggunakan produk-produk dari PT. Pertamina karena oli motor terbaik saja sudah mampu dibuat, apalagi produk lainnya yang lebih bermanfaat pastinya.

45 Comments

  1. Kim Sutan Palito December 24, 2019
    • Rahmah Chemist December 29, 2019
  2. Krisna Hayuning F December 24, 2019
    • Rahmah Chemist December 29, 2019
  3. Reyne Raea December 24, 2019
    • Rahmah Chemist December 29, 2019
  4. Dian December 25, 2019
    • Rahmah Chemist December 29, 2019
  5. Antung Apriana December 26, 2019
    • Rahmah Chemist December 29, 2019
  6. Bambang Irwanto December 26, 2019
    • Rahmah Chemist December 29, 2019
  7. Uniek Kaswarganti December 26, 2019
  8. yayu arundina December 26, 2019
  9. Maria G Soemitro December 26, 2019
  10. Risalah Husna December 27, 2019
  11. windhu December 27, 2019
    • Rahmah Chemist December 29, 2019
  12. Munasyaroh December 27, 2019
    • Rahmah Chemist December 29, 2019
  13. Triani Retno December 27, 2019
    • Rahmah Chemist December 29, 2019
  14. Kudupinter December 29, 2019
  15. Dyah ummu AuRa December 30, 2019
  16. NurulRahma December 30, 2019
  17. Hanila PendarBintang December 30, 2019
  18. ginanelwan December 30, 2019
  19. ajeng pujianti lestari December 30, 2019
  20. Sapti nurul hidayati December 30, 2019
  21. Alaika December 30, 2019
  22. hani December 30, 2019
  23. Diary Novri December 31, 2019
  24. Melina Sekarsari December 31, 2019
  25. Icha Marina Elliza December 31, 2019
  26. Shyntako December 31, 2019
  27. April Hamsa December 31, 2019
  28. Rohyati Sofjan December 31, 2019
  29. Shovya December 31, 2019
  30. Siska Dwyta December 31, 2019
  31. Naqiyyah Syam December 31, 2019
  32. andyhardiyanti December 31, 2019
  33. lita chan lai December 31, 2019
  34. Lasmicika January 1, 2020
  35. Ayubith January 2, 2020
  36. Maschun Sofwan January 22, 2020

Leave a Reply

Instagram