Menjaga Lingkungan dengan Belanja Tanpa Nyampah

Menjaga Lingkungan dengan Belanja Tanpa Nyampah – Beberapa waktu lalu, saya berkesempatan hadir mendengar pihak Unilever Indonesia mengkampanyekan tentang “Zero Waste From Nature” di Hypermart Pakuwon Mall, Surabaya. Bertempat di sekitar area perbelanjaan terbesar di Indonesia ini, pengunjung bisa menyaksikan usaha Unilever dalam memberikan informasi seputar sampah dan masalah besar yang diakibatkannya kini.

Karena berhubungan dengan pusat perbelanjaan, maka seluruh pengunjung atau konsumen yang seringkali berbelanja produk kebutuhan sehari-hari di Hypermart untuk cerdas dalam berbelanja. Melihat fenomena sampah yang sungguh mengerikan membuat saya kemudian menjadi terdiam. Video bagaimana sampah sudah hampir memenuhi seluruh isi laut, membuat panjang pemikiran ini untuk berubah sejak saat itu juga. Ya, ekosistem apapun akan musnah jika sampah menjadi faktornya. Cukup sudah bencana alam yang terjadi akibat ulah manusia sendiri yang tak mampu menjaga alam.

Nah, dengan fenomena tersebut, Unilever Indonesia mengajak agar memulai dari diri sendiri untuk menjadikan sampah bisa dikendalikan dengan baik. Hal paling mudah adalah dengan mengatur kembali pola berbelanja. Jikalau sering berbelanja produk-produk yang kemasannya dari plastik, maka dimulai dari sekarang, kemasan produk tersebut dikumpulkan dan diserahkan kepada bank sampah.

Atau jika ingin lebih mudah dan simple as you can, cukup membawanya kembali ke Hypermart dan masukkan ke dalam DropBox Sampah yang sudah disediakan. Jadi, jika akan berbelanja kembali, maka sebisa mungkin sampah kemasan produk sebelumnya tetap disimpan dan dikumpulkan untuk nantinya dibawa ke DropBox Sampah.

Tentu saja upaya menyelamatkan bumi dari sampah dengan cara Belanja Tanpa Nyampah ini, tidak serta merta diberlakukan oleh pihak Unilever lho. Ada bentuk reward yang diberikan oleh siapa saja yang sudah berupaya untuk mengubah kebiasaan baik ini untuk tetap lestari.

Apa Bentuk Reward yang Diberikan bagi Shopper Tak Nyampah?

Reward diberikan ketika setiap 5 kemasan kosong plastik produk Unilever (dimasukkan ke dalam DropBox) ditambah dengan berbelanja produk Unilever senilai IDR 30K, akan mendapatkan tas blue band, dan beragam produk lainnya yang disediakan.

Namun, jika tidak berbelanja produk tetap mendapatkan reward juga seperti piring, handuk dan produk lainnya. Pastikan memahami dimana posisi DropBox yang disimpan di area Hypermart.

Mengapa Sih Harus Pilah Sampah?

Sebagaimana yang sudah saya jelaskan sebelumnya, maka saya pun menjelaskannya lagi lewat data yang bisa dilihat sebagai berikut:

Nah, jika sudah mengetahui dengan kelengkapan data di atas, apakah masih harus bertanya lagi? Sudah saatnya kita bertindak.

So, yuk jaga lingkungan dengan dimulai dari diri kita sendiri. Kita yang setiap hari atau ada jangka waktu rutin berbelanja, maka sudah sepantasnya memilah sampah agar belanja tak lagi menyisakan sampah yang bermasalah.

One Response to “Menjaga Lingkungan dengan Belanja Tanpa Nyampah”
  1. Tantri says:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *