Blogging Ramadhan Suara Hati Tips

Ketika Harga Tiket Pesawat Arus Mudik Melebihi Budget

Ketika Harga Tiket Pesawat Arus Mudik Melebihi Budget – Mudik memang sebuah tradisi turun-temurun yang selalu ada ketika hari raya besar menjelang. Meskipun banyak yang memberikan nasehat bahwa mudik tak selalu menanti hari raya, namun kerinduan untuk berkumpul bersama di hari yang penuh suka cita pun menjadi keinginan tersendiri. Toh tidak selamanya bisa berkumpul bersama. Ada masa salah satu dari kita, anggota keluarga kita yang tidak lagi bisa bersama di hari raya.

Mudik pun menjadi sebuah cerita unik tersendiri. Ada suka dan duka yang mengiringi para perantau yang membawa buntelan beraneka bentuk untuk dibawa ke kampung halaman. Bahkan kebingungan ketika mendapati harga tiket pesawat arus mudik yang sungguh melampaui bujet. Dan persoalan seperti ini pernah saya alami sendiri bersama suami.

Ya, kampung halaman saya ada di Makassar sementara saya domisili di Surabaya. Melihat harga tiket mudik yang tinggi terkadang membuat saya harus tarik nafas dalam-dalam. Dulu sih masih mending karena saya masih single, waktu itu masih bekerja di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Nah, setelah menikah bertambah lagi pengeluaran tiket meskipun jaraknya masih terbilang murah dan tak perlu transit sebagaimana Makassar-Palangkaraya yang harus transit di Surabaya. Dan seiring berjalannya waktu, tiket pesawat pun harus bertambah banyak karena kami sudah kedatangan anugerah yang maha agung dari Allah yaitu anak.

Bisa dibayangkan bagaimana saya yang harus berjuang untuk mendapatkan tiket jauh-jauh hari agar mendapatkan promo. Terkadang mantengin website maskapai tertentu untuk mendapatkan kursi kosong dengan harga yang tidak “menodong” dompet dengan paksa, hehe.

Apakah kemudian kami kapok? Tentu saja tidak! Karena kami percaya bahwa rezeki selalu saja ada yang penting mau berusaha saja. Harga tiket pesawat arus mudik yang tinggi belum pernah membuat kami kemudian ciut nyali untuk pulang. Bahkan semakin giat bekerja untuk mendapatkan income yang berkah untuk mencukupi kebutuhan di kampung halaman.

Jadi, untuk menghindari kegalauan dalam rangka harga tiket pesawat mudik yang tinggi, banyak cara yang bisa dilakukan, diantaranya:

  • Berdoa pada yang kuasa untuk senantiasa dimudahkan mencari rezeki, khususnya untuk membeli tiket pesawat
  • Sering mengecek website maskapai yang akan digunakan untuk melihat ada tidaknya promo yang ditawarkan
  • Hunting tiket sebisa mungkin satu bulan sebelumnya untuk menghindari seat kosong atau bahkan posisi kursi yang tidak bisa berjejer satu keluarga (baca: terpisah-pisah seat)
  • Hubungi sanak saudara yang kemungkinan memiliki kenalan atau informasi terkini dan akurat mengenai harga tiket pesawat yang murah di kantor agensi
  • Siapkan waktu yang pasti untuk menentukan jadwal mudik agar ketika mendapatkan informasi promo, maka tiket pesawat yang murah bisa segera di-booking tanpa menunggu waktu untuk diskusi dengan pasangan.

Setidaknya itu yang saya lakukan untuk mengantisipasi harga tiket pesawat arus mudik yang menjulang tinggi. Kalau ada yang ingin berbagi langkah atau cara lain, silakan disampaikan yak arena diskusi dan sharing itu bisa menjadi jalan solusi.

Leave a Reply

Instagram