Blogging

Karena Mindset Positif yang Bisa Melaluinya dengan Baik

Karena Mindset Positif yang Bisa Melaluinya dengan Baik – Kalau banyak orang bilang bahwa waktu berlalu tak terasa, bagi saya pribadi sungguh sangat terasa. Sejak diumumkan bahwa di Indonesia sudah ada yang terjangkit virus Corona, maka sejak itu pula saya dan suami mulai berdiskusi panjang mengenai dampaknya. Dan ternyata benar saja, bisnis suami pun terkena imbasnya.

Kalau diratapi, mungkin saat ini saya sudah tidak mampu menulis karena bawaannya ingin menangis saja terus. Namun, menangis bukan solusi dan tidak bisa juga membuat Corona pergi seketika, iya kan? Makanya saya kemudian berbenah diri. Mulai menata ulang kondisi hati dan pastinya akal pikiran. Dan yang paling penting adalah segera bergerak.

Nah, dalam artikel ini saya sedikit ingin berbagi cara menumbuhkan pola pikir positif atau positive mindset agar di masa pandemi tetap harus berkarya dan melangkah maju. Sebab jika tak demikian, pastinya itu berarti saya bisa saja men-dzholimi anak kecil dan bayi yang saat ini butuh pengasuhan.

mindset positif

Yuk, disimak ya!

Ciptakan Mindset Bisnis

Salah satu hal positif yang bisa kami lakukan di tengah pandemi ini adalah segera mencari peluang bisnis yang ada. Namun, kami tidak memilih untuk terjun dalam bisnis jual beli alat pelindung diri seperti masker, hand sanitizer atau yang lainnya. Sebab, kami tidak ingin mengambil peluang untuk markup harga sehingga membuat konsumen yang sangat membutuhkan malah menjadi tambah kesulitan.

Memang sih tawaran bisnis untuk produk-produk kesehatan bertebaran di kanal pribadi kami. Namun, dengan mantap kami bilang “No” untuk menjualnya apalagi dengan harga tinggi. Dampaknya kami masih sadari di kemudian hari. Kalau bukan di dunia ini, kelak di hadapan Tuhan pertanyaan ini akan menjadi hal yang boleh jadi menyulitkan juga nanti.

Kalau begitu, bisnis seperti apa yang dijalankan selama #DiRumahAja ?

Nah, jawaban untuk pertanyaan ini bisa disimak di bawah ini:

#1. Menjual Jasa Foto Produk

Di tengah pandemi ini, banyak bermunculan pelaku bisnis dengan memanfaatkan potensi yang ada dalam diri. Contohnya saja dalam hal kuliner. Tidak sedikit teman saya yang berjualan makanan homemade dengan harga yang masih ramah bagi yang berada di garis ekonomi menengah.

Namun, ada juga yang benar-benar memanfaatkan kualitas dengan bahan premium sehingga harga sedikit lebih mahal. Semua sah-sah saja, bukan? Apalagi jika meyakinkan dengan rasa. Tentunya onok rego onok rupo seperti pepatah Jawa.

Nah, saya masuk menawarkan jasa foto produk untuk mereka dengan harga yang murah di tengah pandemi. Memang sih saya sempat sedikit dianggap menurunkan pasar harga jasa foto produk oleh seorang teman fotografer. Namun, saya kembali lagi bahwa semua tergantung cara pandang orang yang menilainya. Lagipula, saya memberi diskon semasa pandemi saja. Apakah salah?

Foto seperti ini bisa dilakukan #DiRumahAja lo

Meskipun tidak serta-merta ada yang memesan jasa foto produk yang saya tawarkan, setidaknya saya sudah menyebar jala di berbagai penjuru. Dan senangnya ketika ada yang memesan, mereka selalu suka dengan hasil fotonya.

#2. Menawarkan Toko Online Murah

Karena suami seorang internet marketer untuk mengembangkan bisnis percetakannya, beliau memberikan peluang bagi siapa saja yang ingin membuka toko online dengan harga fantastis. Pastinya tidak ada di luar sana yang bisa memberikan harga murah. Namun, di tengah pandemi dan demi ada cash flow setiap hari untuk kebutuhan domestik, suami saya bersedia dengan harga yang murah dan berlaku selama setahun.

#3. Menawarkan Keterampilan Menulis

Sebagai seorang blogger, saya terus mengupayakan bahwa blog menjadi sumber pendapatan meskipun tidak setiap hari. Setidaknya seperti tabungan begitu. Karena ketika mendapatkan tawaran menulis, biasanya dibayarkan paling cepat 1-2 bulan berikutnya.

Selalu Percaya bahwa Semua Ini Kehendak Tuhan

Tidak mudah.

Ya, mengatakan seperti ini ke dalam diri sendiri, setiap waktu, bukanlah hal mudah. Mengapa? Karena realitanya di depan mata, kondisinya memang sedang tidak baik-baik saja. Butuh pondasi dalam diri yang benar-benar kuat sehingga positive vibes tetap terus berjalan di masa pandemi ini.

Sibukkan Diri dengan Aktivitas Online

Jangan kaget dulu!

Aktivitas online di sini adalah yang positif tentunya. Misalnya, mengikuti seminar daring dengan tema-tema yang mungkin dibutuhkan. Seperti halnya saya yang membutuhkan:

  • Fotografi
  • Blogging
  • Mental Health
  • Keterampilan Podcast
  • Design

Nah, saya merasa beruntung karena meskipun di satu sisi ditimpa masalah keuangan keluarga yang benar-benar butuh survive di tengah pandemi, ragam seminar online dengan kebutuhan ilmu di atas pun tersedia. Beruntung lagi karena most of them are free. Betapa bahagianya kalau butuh ilmu dan ada yang mau berbagi tanpa pamrih. Huhu… berasa mendapat durian runtuh saya.

Selain itu, bisa juga manfaatkan waktu sejenak untuk mengikuti kuis-kuis yang diselenggarakan oleh berbagai brand. Ya, sekadar refreshing saja di dunia maya. Tidak perlu berharap terlalu tinggi, seperti harus menang terus, tetapi setidaknya bisa mengasah kemampuan kita sendiri.

Buat Jurnal Syukur

Mungkin kesannya sulit. Oh, tidak!

Sederhana saja. Cukup menuliskan di kertas atau di status WA mungkin, hal-hal yang masih dimiliki untuk saat ini. Kalau saya seringnya menuliskan:

Alhamdulillah, Allah masih beri nafas hidup untuk berbuat lebih baik lagi.
Terkadang juga menulis seperti ini:

Terima kasih ya Allah untuk:

  • Nafas
  • Anak-anak yang anteng
  • Suami masih setia
  • Masih bisa makan
  • Semua sehat

Kalau membaca poin-poin itu setidaknya membuat rasa syukur semakin membuncah. Karena pastinya di luar sana ada yang lebih memprihatinkan sementara mereka tidak mengeluh. Untuk itu, saya selalu berusaha membuat Jurnal Syukur dan saling sapa dengan teman yang pastinya bisa mendengar tanpa menceritakannya kemana-mana.

Tetap Jaga Kesegaran Tubuh

Nah, pikiran positif juga didukung dengan kondisi tubuh yang sedang baik. Contohnya pada diri saya, kalau kondisi tubuh sedang gerah atau mungkin kondisi kulit kepala gatal, rambut kusut dan kusam, otomatis sudah membuat mood menjadi buruk.

Salah satu produk untuk menjaga kesegaran tubuh, khususnya kulit kepala dan rambut, adalah menggunakan Emeron Complete Hair Care Series. Karena di tengah pandemi kita harus tetap tampil shining agar bisa survive, maka tidak ada salahnya menjadikan Emeron Black Shine Urang Aring sebagai pilihan.

Meskipun selama masa pandemi harus selalu berada di rumah, pastinya rambut harus tetap dirawat agar hitam berkilau. Hal ini juga bisa menjadi salah satu daya tarik agar pasangan tetap nyaman selama di rumah karena kita sebagai istrinya selalu berupaya menjaga kesegaran tubuh. Sehingga, tidak hanya kita sendiri yang merasakan kenyamanan tetapi juga orang sekitar kita.

Nah, untuk perawatan kesegaran rambut dan kulit kepala ini bisa menggunakan produk Emeron Black Shine yang lengkap, mulai dari Shampoo, Conditioner dan juga vitamin rambut. Karena hasil sempurna pun pastinya dengan disiplin pemakaian tahapan produk.

***

Well… Corona belum juga pergi. Tidak ada yang bisa dilakukan selain menerima kondisi ini. Untuk itu, selalu menuangkan segala hal yang positif di sekitar kita agar efek pandemi yang saat ini sangat terasa, bisa tetap dilalui dengan senyuman setiap hari. Karena dengan senyuman dan pola pikir positif yang selalu tertanam, membuat diri kita selalu berada dalam keselamatan dan kesehatan serta bisa melalui wabah virus Corona ini dengan baik.

So, #DiRumahAja dan #DengarkanHatimu 

46 Comments

  1. Nurul Dwi Larasati May 9, 2020
  2. andiyani achmad May 11, 2020
  3. Wian May 11, 2020
  4. 3835info May 11, 2020
  5. Putu Sukartini May 11, 2020
  6. Suciarti Wahyuningtyas May 12, 2020
  7. sarahjalan_ May 12, 2020
  8. Kang Masroer May 12, 2020
    • Chemist Rahmah May 12, 2020
  9. Nia Nurdiansyah May 12, 2020
  10. diane May 12, 2020
  11. Keke Naima May 12, 2020
  12. firafirdaus May 12, 2020
    • Chemist Rahmah May 12, 2020
  13. Firsty Ukhti Molyndi May 12, 2020
  14. Nanik Nara May 12, 2020
  15. astin astanti May 13, 2020
  16. Dizaz May 13, 2020
  17. Isnia Nuruldita May 13, 2020
  18. Siti Mustiani May 13, 2020
  19. Rindang Yuliani May 13, 2020
  20. Sapti nurul hidayati May 13, 2020
  21. Aldhi Fajar May 13, 2020
  22. Ririe Khayan May 13, 2020
  23. Rachmanita May 13, 2020
  24. Dian Restu Agustina May 13, 2020
  25. Caroline Adenan May 13, 2020
  26. Mutiara Sy May 13, 2020
  27. Hidayah Sulistyowati May 13, 2020
  28. Nurul Fitri Fatkhani May 13, 2020
  29. Utie adnu May 13, 2020
  30. Ade UFi May 13, 2020
  31. Vita May 13, 2020
  32. tukang jalan jajan May 13, 2020
  33. Milda Ini May 13, 2020
  34. Dian May 14, 2020
  35. Faradillah May 14, 2020
  36. Samleinad May 14, 2020
  37. Bundabiya.com May 14, 2020
  38. marfa May 14, 2020
  39. Apura May 14, 2020
  40. nyi Penengah Dewanti May 16, 2020
  41. Nunung May 16, 2020
  42. Hadi K May 17, 2020
  43. Siska Dwyta June 11, 2020

Leave a Reply

Instagram