Event

Indonesia Fundraising Award 2020, Sebuah Apresiasi Lembaga Zakat dan Kemanusiaan

Indonesia Fundraising Award 2020, Sebuah Apresiasi Lembaga Zakat dan Kemanusiaan yang belum lama ini digelar secara daring (9 Juli 2020) karena masa pandemi. Saya yang sudah lama sekali menyaksikan bahwa lembaga yang bergerak dalam bidang kemanusiaan begitu banyak tersebar di Indonesia, begitu senang dengan adanya ajang award ini.

Ya, di Indonesia begitu banyakan orang dermawan yang senang membantu sesamanya meskipun tidak dikenal sebelumnya. Untuk itu, lembaga-lembaga kemanusiaan tersebut hadir untuk menjadi solusi. Dan sejalan dengan itu, Institut Fundraising Indonesia (IFI) ikut memberikan apresiasi dengan melangsungkan Indonesia Fundraising Award 2020 bagi lembaga-lembaga kemanusiaan tersebut. 

Direktur IFI sendiri, Ibu Arlina F. Salimanmengatakan bahwa penghargaan tersebut diharapkan mampu menjadi pendorong bagi setiap lembaga kemanusiaan agar terus memiliki motivasi dalam melakukan fundraising. Mengingat tujuan utama dari fundraising sendiri agar lembaga tersebut lebih mandiri.

lembaga fundraising

Berkenalan Lebih Dekat dengan IFA 2020 dan IFI

IFA 2020 ini adalah ajang penghargaan pertama bagi lembaga zakat dan kemanusiaan yang ada di Indonesia. Menurut data dan informasi dari salah satu dewan juri Indonesia Fundraising Award 2020 bahwa ada sekitar 400-an lembaga zakat dan kemanusiaan di Indonesia.

Hal ini berarti bahwa masyarakat Indonesia memang senang membantu satu sama lain. Dan untuk itu masyarakat perlu mengetahui lembaga-lembaga yang legal dan menganut sistem transparansi, amanah dan pastinya profesional dalam menjalankan visi misi lembaga zakat dan kemanusiaan tersebut.

logo institut fundraising indonesia

Nah, sejalan dengan itu Institut Fundraising Indonesia (IFI) memang menitikberatkan pada ketiga hal, yaitu transparansi, profesional dan amanah maka IFI dibentuk sebagai lembaga training konsultan dan publishing yang sudah ada sejak tahun 2013 .

IFI sendiri didirikan oleh Arlina F. Saliman dan M. Arifin Purwakananta, yang keduanya sudah malang melintang dalam dunia fundraising dan bisa dipastikan IFI sudah sangat mahir dalam bidang fundraising. Kegiatan dari IFI adalah memberikan pendampingan dan pelatihan pada lembaga kemanusiaan agar menjadi organisasi berbasis retail fundraising.

Tujuan Indonesia Fundraising Award 2020

Selain itu ditambahkan pula oleh Bapak Agus Budiyanto,  bahwa dengan penghargaan ini diharapkan makin tumbuhnya semangat bagi lembaga zakat dan lembaga kemanusiaan dalam kegiatan fundraising sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat yang membutuhkan.

Penjurian Indonesia Fundraising Award 2020

Menurut sambutan Tim Dewan Juri, Bapak Ahmad Juwaini, bahwa pemilihan pemenang sudah sangat hati-hati, untuk itu tidak boleh diganggu gugat.

Penyeleksian secara ketat oleh dewan juri sudah sangat menyeluruh dengan berbagai tahap, mulai dari pendataan, seleksi berkas, dan penjurian. Dan ketiganya sama sekali tidak mewakili lembaga yang menjadi objek penjurian. 

Adapun dewan juri yang terlibat dalam proses penilaian Indonesia Fundraising Award 2020 ini, yang independen karena tidak meakili lembaga sehingga bisa tetap objektif dalam menilai, adalah:

dewan juri indonesia fundraising award 2020 yang telah bekerja keras dalam menilai nominasi dan menentukan pemenang

  • Ahmad Juwaini (Direktur KNKS)
  • Arlina F. Saliman (CEO IFI)
  • Agus Budiyanto (Direktur Eksekutif Forum Zakat)

Nominasi dan Pemenang Indonesia Fundraising Award 2020

Seharusnya penyelenggaraan Indonesia Fundraising Award 2020 ini diharapkan bisa dilakukan secara offline, karena semua teknis pendataan hingga penjurian sudah selesai. Namun, karena pandemi hadir tanpa diminta di tahun 2020 ini, maka ajang penghargaan sebagai bentuk apresiasi kepada lembaga zakat dan kemanusiaan di Indonesia pun dilakukan secara online via Zoom.

indonesia fundraising award 2020

Ibu Arlina yang didampingi oleh host, Riza, memandu jalannya penghargaan dimana tahun 2020 ini ada 16 kategori dimana ada 1 kategori khusus yang menjadi penilaian oleh para dewan juri. Adapun rincian dari kategori beserta nominasi dan pemenangnya adalah sebagai berikut:

  1. Kategori Fundraising Zakat Terbaik diraih oleh Dompet Dhuafa
  2. Kategori Fundraising Infak Terbaik diraih oleh Baitul Maal Hidayatullah (BMH)
  3. Kategori Fundraising Kemanusiaan Terbaik diraih oleh Aksi Cepat Tanggap (ACT)
  4. Kategori Fundraising CSR Terbaik diraih oleh Human Initiative
  5. Kategori Fundraising Digital Terbaik diraih oleh Baznas
  6. Kategori Platform Fundraising Digital Terbaik diraih oleh kitabisa.com,
  7. Kategori Fundraising Program Kesehatan Terbaik diraih oleh Palang Merah Indonesia (PMI)
  8. Kategori Fundraising Program Pendidikan Terbaik diraih oleh Yatim Mandiri.
  9. Kategori Fundraising Program Anti Korupsi Terbaik diraih oleh Indonesia Corruption Watch (ICW)
  10. Kategori Fundraising Program Bantuan Hukum Terbaik diraih oleh LBH Jakarta
  11. Kategori Fundraising Wakaf Produktif Terbaik diraih oleh Sinergi Foundation
  12. Kategori Fundraising Komunitas Terbaik diraih oleh Gerak Bareng 
  13. Kategori Fundraising Penggalangan Dana Langsung diraih oleh Lembaga Manajemen Infaq (LMI)
  14. Kategori Fundraising Kurban Terbaik diraih oleh LAZISNU
  15. Kategori Program Fundraising Oleh Perguruan Tinggi diraih oleh STF UIN
  16. Kategori Khusus, Life Achievement Tokoh Pendukung Gerakan Fundraising Indonesia diraih oleh K.H Salahuddin Wahid (Gus Sholah)

gus sholah pemenang indonesia fundraising award 2020

*** 

lembaga kemanusiaan dan lembaga zakat yang menjadi pemenang indonesia fundraising award 2020

Well… congratulation for all the IFA 2020’s winners. Mari kita tunggu kiprah lembaga kemanusiaan yang sudah menjadi nominasi dan pemenang Indonesia Fundraising Award 2020 ke depannya. Bahkan kita sangat menanti munculnya lembaga fundraising lagi yang mungkin saja memiliki sejumlah keunggulan yang tidak kalah dengan yang sudah ada, khususnya ramah pada kaum milenial dan kemajuan teknologi.

*** 

Referensi:

  • Zoom
  • Situs IFA
  • Youtube IFI

16 Comments

  1. riawani elyta July 18, 2020
  2. Jiah Al Jafara July 18, 2020
  3. Lidya July 18, 2020
  4. Jalan-Jalan KeNai July 18, 2020
  5. Mechta July 19, 2020
  6. Dewi S July 19, 2020
  7. Linimasaade July 19, 2020
  8. Miyosi July 19, 2020
  9. Eka Rahmawati July 19, 2020
  10. Arda Sitepu July 20, 2020
  11. YSalma July 20, 2020
  12. lendyagasshi July 20, 2020
  13. Mporatne July 20, 2020
  14. Siti Hairul July 20, 2020
  15. indah nuria July 20, 2020
  16. Yuniari Nukti July 21, 2020

Leave a Reply

Instagram