Bedah Buku Cerpen Job Review Resensi Sastra

Gerimis Sepenggal Senja

Gerimis Sepenggal Senja – Ketika Senja Mengeja Setiap Episode Hidup dalam Kata adalah sebuah buku berisi cerpen, beraliran thriller-surealisme yang pantas dimiliki oleh insan pembaca dan penulis.

Gerimis Sepenggal Senja

Judul Buku:Gerimis Sepenggal Senja

(Hylal dalam Episode I)

Penulis:Hylla Shane Gerhana, Endang SSN, dkk
Penerbit:AG Publishing, Yogyakarta
Tahun Terbit:2012
Tebal Buku:199 halaman
Sampul:Soft Cover
Cetakan ke-:Pertama

Gerimis Sepenggal Senja, Buku yang berisi kumpulan cerita pendek yang dikemas begitu apik membuat saya sebagai pembacanya terbawa alur cerita. Begitu indahnya para penulis dalam menggambarkan sosok Hylla, Shane dan beberapa tokoh lain. Tak puas rasanya membaca buku Gerimis Sepenggal Senja ini dengan bertahap. Seketika membacanya hingga selesai karena luapan kata yang tergabung dalam susunan kata yang kian indah.

Begitu banyak realita hidup yang kemudian menyesakkan jiwa dan raga. Sesekali harapan tak sesuai dengan kenyataan. Akal pikiran dan kesiapan menghadapi setiap episode dalam kehidupan sudah wajib diterima dan dijalankan dengan kepasrahan kepadaNya. Sebagai manusia ciptaanNya hanya mampu menerima takdirNya dan menjalani semua apa kehendakNya. Begitu juga Hylla dalam berbagai karakter yang berhasil dituangkan oleh tim penulis dalam buku Gerimis Sepenggal Senja ini.

Ada satu kalimat yang membuatku serasa tertampar dan kemudian terduduk sadar untuk sebuah realita hidup: Katakanlah pada sesamamu. Perbaikilah dirimu dan sesamamu pada zamanmu, agar di masa depan, kejadian buruk yang menimpa absurd ini tak menjadi kenyataan! Kau bisa merubah masa depan. Atau… jangan-jangan kau mau bilang bahwa kau adalah salah satu spesies manusia yang tak suka membaca pula, hah?!”

Kalimat di atas dihadirkan penulis dalam bentuk campuran Thriller-Surealisme, membawa pada sebuah ketertarikan adrenalin untuk membaca hingga akhir cerita. Benar-benar membuat rasa penasaran yang memuncak. Benarkah peristiwa aneh itu akan terjadi 2103 mendatang???

***

Kak Hylla, begitu saya memanggil nama penulis beraliran surealisme ini. Seorang penulis hebat yang baru dipertemukanNya padaku sejak Oktober 2011 silam. Begitu banyak karya dan pengetahuannya telah saya peroleh. Meski saat ini saya belum pernah sama sekali bertatap muka dengannya. Tetapi, membaca dan memahami setiap buah tulisannya menjadikan saya berdiri dan memberikan applause rasa bangga kepadanya. Terima kasih karena saya mendapatkan kesempatan memberikan endorsement pada buku ini, Gerimis Sepenggal Senja.

One Response

  1. Syilvi June 11, 2018

Leave a Reply

Instagram