Indonesia Jawa Timur Surabaya Wisata

Ciputra Waterpark, Tempat Wisata Air Terlengkap dan Terbesar di Surabaya

Berada di Surabaya memang sesuatu yang patut saya syukuri. Banyak hal yang menjadikan saya bisa mengeksplorasi kota pahlawan ini tidak hanya dari kuliner, karakter warganya, tetapi beragam destinasi wisata yang memanjakan diri dan keluarga pun tersedia dengan biaya yang variatif.

Kalau Surabaya memang terkenal dengan banyak sejarah historical yang sangat sulit dilupakan di masa lalu, destinasi wisatanya pun demikian, bahkan ada tempat wisata air terlengkap dan terbesar di Surabaya yang dikenal dengan Ciputra Waterpark.

Jujur saja, saya sudah beberapa kali mengunjungi Waterpark terbesar di Surabaya ini karena memang fasilitas di Ciputra Waterpark Surabaya sudah sangat lengkap. Pastinya, saya senang mengunjungi tempat wisata air ini awalnya karena mencari kolam renang di Surabaya yang aman untuk anak dan orang tuanya bisa sekaligus ikut merasakan kesenangan dalam mendampingi buah hati.

logo ciputra waterpark surabaya

Mari kita kenal lebih lanjut soal Ciputra Waterpark Surabaya!

Ada 8 (delapan) Wahana di Ciputra Waterpark Surabaya sebagai Wisata Air Terlengkap

#1. Marina Lagoon

Pertama kali masuk ke area Ciputra Waterpark dan dari pintu masuk melangkahkan kaki ke sebelah kiri, wahana pertama kali yang akan terlihat oleh mata adalah Marina Lagoon. Ya, sebuah wahana yang diciptakan khusus untuk balita dan kids.

marina lagoon ciputra waterpark surabaya

Kedalaman kolam 40 cm yang dilengkapi dengan permainan kesukaan anak-anak seperti seluncuran kecil dan jembatan gantung.

#2. Chimera Pool

Lokasi wahana satu ini berdekatan dengan Marina Lagoon. Bedanya ada pada ketinggian kolam yang hanya 20 cm. Di samping itu, jika berjalan-jalan mengelilingi area Marina Lagoon dan Chimera Pool ini, akan ditemukan area playground yang berada di belakang kolam. Pastinya anak-anak yang diajak ke sini pun tidak hanya berkutat dengan air tetapi juga aktivitas bermain.

chimera pool ciputra waterpark surabaya

#3. Sirens River

Untuk wahana air yang dibentuk seperti sungai dengan air yang memiliki arus ini, akan kita temui ketika berjalan mengikuti jalan menurun di depan Chimera Pool. Panjang Sirens River sendiri adalah 480 meter dengan posisi mengelilingi dua wahana air lainnya, yaitu Syracuse Beach dan Sinbad’s Playgorund serta melewati Roc Tower dan Tartarus Pool.

sirens river ciputra waterpark surabaya

Saya seketika takjub sekali dengan kondisi air sepanjang menyusuri Sirens River ini, karena tak sedikit pun daun-daun dari pohon yang berada di sekelilingnya dibiarkan mengganggu. Selalu ada petugas yang sigap membersihkan sembari menjaga kondisi air dan juga pengunjung tetap aman saat menikmati wisata air terlengkap dan terbesar di Surabaya ini

#4. Sinbad’s Playground

Kalau datang sekeluarga, pasti tujuan paling sering dikunjungi pertama kali saat berada di Ciputra Waterpak Surabaya adalah wahana air Sinbad ini. Mengapa? Karena ada beberapa jenis slide yang bisa dijadikan petualangan seru di kolam.

sinbad playground ciputra waterpark surabaya

Ditambah lagi bagian atas area ini terdapat ember besar yang saat airnya penuh dengan air, otomatis ember tersebut akan menumpahkan isinya di sekitar wahana dan pengunjung yang berada di sekitarnya akan merasakan water splash, sekitar 3.000 liter air, yang jatuh mengenai kepala dan sekujur tubuh jika berada di bawahnya. Dan hal ini yang membuat pengunjung akan bersorak ramai, apalagi saat weekend.

#5. Tartarus Pool

Wahana air di Ciputra Waterpark Surabaya ini, tersedia juga kolam, dengan ketinggian 1,3 meter, untuk pengunjung yang ingin melakukan olah raga renang dengan sungguh-sungguh. Menurut informasi petugas yang menjaga area ini, seringkali ada atlet PON cabang olah raga renang menggunakan fasilitas kolam Tartarus.

tartarus pool ciputra waterpark surabaya

Bahkan sesekali pihak Ciputra Waterpark menerima kerja sama dengan sekolah yang ingin anak didiknya melakukan olah raga renang di area Tartarus Pool ini.

#6. Syracuse Beach

Berjalan dari Tartarus Pool melewati jembatan yang di bawahnya merupakan aliran Sirens River, kita akan menemukan wahana air yang luas (1.800 meter persegi) dengan nama Syracuse Beach. Dibuat dan dimodifikasi layaknya pantai sungguhan, sesekali air di tempat wisata air terlengkap dan terbesar di Surabaya ini terdapat ombak dengan ketinggian tertentu.

Ombak akan muncul ditandai dengan bunyi alarm. Jika bunyi ini terdengar, saya melihat pengunjung akan beramai-ramai menuju ke tengah untuk merasakan sensasi ombak pada kedalaman kolam 1,2 meter.

Di area ini terdapat satu patung ikan paus besar berwarna biru yang memberikan keunikan tersendiri. Anak saya selalu ingat dengan patung ikan paus ini ketika ditanya pengalamannya menikmati wahana Syracuse Beach

#7. Roc Tower

Nah, ini adalah wahana air dengan water slide yang tingginya 15 meter. Ada tiga jenis slides yang bisa memacu adrenalin saat berada di wisata air terlengkap dan terbesar di Surabaya ini, yaitu:

roc tower

Black Hole, sensasi meluncur dalam kegelapan
Thunder Slide, sensasi kelokan slide yang tajam
Race Slide, sensasi meluncur sambil berpacu dengan teman atau keluarga

Tidak perlu khawatir dengan kualitas slide yang ada di wahana ini, karena Ciputra Waterpark Surabaya mendatangkan langsung dari Australia.

#8. Cinema 5D

Saya seringnya menikmati cinema cukup di 4D dimensi saja, tetapi di Ciputra Waterpark wisata air terlengkap dan terbesar di Surabaya ini, saya bisa menyaksikan film 5D. Sensasi menonton film yang memacu adrenalin karena benar-benar seperti berada di dalam film-nya.

Ada 3 (tiga) film yang setiap hari bisa dinikmati dengan durasi setiap film adalah 20 menit. Kualitas film yang ditayangkan pun semua dibeli dari negara Belgia dan peralatan di dalam cinema didatangkan langsung dari Austria. Setiap tahun judul film akan berganti.

cinema 5d

Oiya, film 5D yang ditayangkan ada yang cocok dengan usia balita, kids bahkan dewasa. Jadi, sebagai orang tua yang mendampingi anak, harus pandai memilih film yang akan ditonton.

Jika sudah mengetahui hal seperti di atas, maka untuk apa ragu berkunjung dan menikmati seluruh wahana yang ada di Ciputra Waterpark Surabaya ini?

Fasilitas di Ciputra Waterpark Surabaya

Sebagaimana yang sudah saya sebutkan sebelumnya bahwa di Ciputra Waterpark Surabaya menyediakan fasilitas lengkap.

Restoran, kios-kios jajanan, rest room, café, toko souvenir, ban, baju pelampung dan alat-alat bermain air seperti baju renang, pelampung dan sebagainya, itu ada di sini. Area parkir yang luas dan gratis pun menjadi daya tarik tersendiri.

smart wristband

Smart Wristband sebagai media alat transaksi selama di area Ciputra Waterpark. Berfungsi seperti kartu isi ulang namun berbentuk gelang karet dengan 3 warna, orange, biru dan hijau. Setiap pengunjung akan mendapatkan gelang ini dengan melakukan deposit.

Ada uang senilai 25K yang menjadi jaminan deposit untuk gelang ini yang tidak bisa digunakan dalam transaksi pembelian makanan/minuman, sewa ban di area Ciputra Waterpark Surabaya ini. Jadi, saat deposit sesuaikan dengan kebutuhan. Kalau pun berlebih, deposit 25K dan sisa uang yang tidak terpakai akan dikembalikan saat menukarkan smart wristband di pintu keluar.

Semoga bisa dipahami ya!

Peraturan di Ciputra Waterpark Surabaya

Setiap destinasi wisata, pastinya memiliki tata tertib yang harus dipatuhi oleh siapa saja. Pengalaman saya berada di tempat wisata air terbesar dan terlengkap di Surabaya ini, Ciputra Waterpark tidak mengizinkan:

• Makanan dan minuman dibawa dari luar area Ciputra Waterpark Surabaya
• Pembayaran menggunakan uang tunai, melainkan dengan smart wristband (sudah dijelaskan sebelumnya)
• Menggunakan pakaian selain pakaian renang di setiap wahana, kecuali Cinema 5D
• Membuang sampah sembarangan
• Menggunakan wahana yang tidak sesuai dengan ketentuan seperti tinggi dan berat badan

Harga Tiket Masuk Ciputra Waterpark Surabaya

Setelah sekian panjang ulasan di atas, pastinya bertanya-tanya dong ya bagaimana dengan harga tiket masuk untuk menikmati semua wahana menarik di Ciputra Waterpark. Tenang! Harga tiket masuk sangat terjangkau untuk skala wisata air yang luasnya lebih kurang 5 hektar ini.

Apalagi sekarang sudah ada OVO, layanan pembayaran cashless dengan adanya potongan setiap kali melakukan transaksi, yaitu:

• Weekdays 55K/orang
• Weekend 85K/orang

Jika tidak menggunakan OVO, maka harga tiket masuk yang dibeli langsung di lokasi, yaitu:

• Weekdays 75K/orang
• Weekend 95K/orang

Namun, secara umum harga tiket masuk yang dipublikasi oleh pihak Ciputra Waterpark Surabaya adalah:

• Weekdays 110K/orang
• Weekend 130K/orang

Jam Operasional Ciputra Waterpark Surabaya

• Selasa – Jumat: 13.00 – 19.00 WIB
• Sabtu – Ahad: 10.00 – 19.00 WIB
• Senin Libur untuk maintenance

Bagaimana Rut eke Ciputra Waterpark Surabaya?

Sangat mudah. Cukup arahkan kendaraan, baik roda dua maupun roda empat, ke area Citraland Surabaya. Bisa juga dengan memperhatikan peta di bawah ini:

***

Well… menarik? Tunggu apalagi? Segera rencanakan liburan seru bersama keluarga di Ciputra Waterpark, tempat wisata terlengkap dan terbesar di Surabaya, the truly waterpark, yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Apalagi akses menuju lokasi ini sangat mudah.

42 Comments

  1. Yuniari Nukti February 10, 2019
    • lendyagasshi February 12, 2019
  2. Nefertite Fatriyanti February 10, 2019
  3. Natara February 11, 2019
  4. Mechta February 11, 2019
  5. mutia nurul rahmah February 11, 2019
  6. Syarifani Mulyana February 11, 2019
    • Rahmah February 12, 2019
  7. Siti hairul February 11, 2019
    • Siti hairul February 11, 2019
  8. TIAN LUSTIANA February 11, 2019
  9. Elly Nurul February 11, 2019
  10. Mporatne February 11, 2019
  11. diane February 11, 2019
  12. H February 11, 2019
  13. Aswinda Utari February 11, 2019
  14. Uniek Kaswarganti February 11, 2019
  15. Ainhy Edelweiss February 11, 2019
  16. Jiah February 11, 2019
  17. Utie adnu February 11, 2019
  18. merisa putri February 12, 2019
  19. Farida Pane February 12, 2019
  20. Indah Nuria February 12, 2019
  21. Ira Hamid February 12, 2019
  22. Andiyani Achmad February 12, 2019
  23. April Hamsa February 12, 2019
  24. Lubnah Lukman February 12, 2019
    • Rahmah February 12, 2019
  25. Eka Rahmawati February 12, 2019
  26. Nyi Penengah February 12, 2019
  27. lendyagasshi February 12, 2019
    • Nyi Penengah Dewanti February 13, 2019
  28. Novitania February 12, 2019
  29. Maria Soraya February 12, 2019
    • Rahmah February 12, 2019
  30. Damar Aisyah February 12, 2019
  31. Cindy Vania February 12, 2019
  32. lita chan lai February 12, 2019
  33. Ika Puspita February 13, 2019
  34. Nova Violita February 13, 2019
  35. puput February 14, 2019
  36. Vicky Laurentina March 2, 2019

Leave a Reply

Instagram