Artikel Blogging Event Indonesia Jawa Timur Pendidikan Suara Hati Surabaya Wisata

Ciptakan Momen dengan Bertualang Seru di Funtopia Balloon Park

Ciptakan Momen dengan Bertualang Seru di Funtopia Balloon Park – Anak mana sih yang tidak excited diajak bermain outdoor? Apalagi jika usianya masih balita seperti anak saya. Diajak ke arena taman balon raksasa, Funtopia sungguh membuat weekend di awal November 2018 ini berkesan.

Created by: @ammachemist

Bertualang di Funtopia Balloon Park

Meski tinggal di Surabaya, masuk ke area Peninsula Bukit Darmo Golf adalah kali pertama karena adanya FuntopiaXTraveloka ini. Kawasan yang memang jauh dari hiruk-pikuk kendaraan yang lalu-lalang ditambah kemacetan, memang pas untuk dijadikan area bermain outdoor. Dan Funtopia is coming to your city!

Setelah menanti akhirnya digelar juga di Surabaya. Masuk ke wahana giant balloons, arena yang menarik perhatian pertama si kecil Salfa adalah Caterpillar Cave, balon raksasa berbentuk ulat bulu. Tadinya saya pikir si kecil mau sendirian masuk ke perut ulat bulu tersebut, ternyata minta ditemani bundanya. Maka jadilah saya pun masuk ke dalamnya. Seru karena rintangan di dalam harus sedikit mendaki dari ekor hingga ke bagian mulut ulat bulu tersebut.

“Salfa takut?” tanya saya saat di dalam perut ulat

“Nggak takut karena ada Bunda.” Jawabnya sambil berusaha terus berusaha menyelesaikan rintangan dalam perut ulat

Dalam Perut Caterpillar

Setelah keluar dari perut Caterpillar Cave, si kecil keluar dan langung ke Mighty Mushrooms. Di arena balon raksasa berbentuk jamur ini, si kecil diajak untuk memanjat jamur besar. Meski ada rasa takut karena ketinggian, si kecil mengaku happy dan excited melihat jamur tinggi dan besar. Biasanya lihat jamur cuma di dalam buku dan film kartun.

Mighty Mushrooms di Sore Hari

Penampakan Mighty Mushroom di Malam Hari

“Ayo naik lebih tinggi lagi, Fa.” Sorakku pada si kecil saat kakinya naik perlahan.

“Nggaaak. Di sini sajaaa. Salfa takut naik lebih tinggi.”

Mendengar itu, saya meminta bantuan kakak pendamping Funtopia untuk menurunkan si kecil meski sebenarnya bisa saja melompat ke bawah. Toh ga bakalan sakit karena balon, pikirku.

Sebelum berpindah ke balon raksasa lainnya, saya coba mengajak si kecil untuk relax lagi dari ketakutan supaya pengendalian emosinya berjalan dengan baik. Langkah ini sebagai cara saya agar si kecil kembali mengenal “emosinya sendiri”.

“Bundaaa, ayo kesana!”

Seketika saya pun bergerak mengikuti kemana kakinya melangkah. Ini pertanda bahwa si kecil sudah mampu mengontrol emosi takutnya bermain di balon jamur tadi. Dan selanjutnya adalah balon Old Octopus.

Penampakan Old Octopus di Sore Hari

Old Octopus di Malam Hari

Nah, di arena ini, si kecil kembali “diuji” keberaniannya karena melihat balon raksasa berbentuk gurita berwarna pink-ungu. Kalau orang dewasa sih melihatnya pasti akan bilang cute, tetapi untuk anak balita, masih berbeda reaksi. Kalau anak balita saya ini masih bereaksi kaget dan sedikit ketakutan ketika kepala gurita bergoyang diterpa angin.

“Mommy, Look! The big octopus, right?” Mendadak Bahasa asing deh haha.

“Yes, that’s so big! Do you like it?”

“Yes.”

Namun, hal itu hanya terjadi sesaat karena terlalu penasaran dengan terowongan yang merupakan bagian tentakel Octopus. Belum lagi ada tangga perosotan yang selalu jadi permainan andalannya ketika berada di arena bermain. Bahkan sampai malam, balon gurita raksasa ini masih jadi pilihan bermain si kecil sampai puas.

Setelah mengeksplorasi Old Octopus, lanjut ke Candy Cane. Di sini paling seru lompat-lompat bareng si kecil. Meskipun Candy Cane yang paling besar di tengah kalau diterpa angin membuat Salfa teriak lagi sambil terus lompat dan lompat.

“Jumping, Mommy. Let’s jump!” ucapnya heboh bareng bundanya, haha.

Puas melompat, kami masuk lagi ke Crown Castle. Arena balon berbentuk istana yang di dalamnya bisa puas lompat tinggi di atas balon. Ya, seolah masuk ke dalam istana yang megah dan luas sekali.

Lanjut kemana?

Hmm… Funtopia Balloon Park masih punya Traveloka Track untuk ditaklukkan. Benar saja, di sini si kecil malah asik bergaya bak foto model. Ditambah lagi ada tangga dan perosotan lagi. Huaaah, si kecil puas banget hari ini bermain.

Dan di tengah Taveloka Track ada kolam mandi bola dan mandi kubus. Anak senang, orang tua pun bahagia melihat anak bermain riang.

Eits… sebelum ke Traveloka Track, kami foto dulu di depan Bunny Boo dong. Si balon kelinci raksasa yang selalu jadi bahan pembicaraan si kecil sejak tahu akan ada taman bermain berupa balon raksasa di Surabaya.

Dan arena balon terakhir yang kami nikmati di Funtopia Balloon Park Surabaya ini adalah Mystery Maze. Ya, namanya juga misteri. Saya, suami dan si kecil berusaha masuk dan mencari pusat balon udaranya ada di mana. Meski dua kali bertemu dengan jalan buntu, semangat si kecil yang membuat kami tidak lagi peduli dengan lelah berlari kesana-kemari mencari jalan.

Ah, menciptakan momen kebersamaan ini sangat langka dan Funtopia mampu mewujudkannya dalam nuansa berbeda.      

Anak, Gadget dan Aktivitas Gerak Tubuh

Sejak mendengar bahwa Funtopia Balloon Park hadir di Surabaya, saya sudah salut dengan ide tersebut. Sebab, Surabaya yang menjadi kota terbesar kedua pastinya kemajuan teknologi tidak bisa dicegah. Dan anak-anak di usia dini juga sudah mengenal gadget.

Traveloka bekerja sama dengan Beyond Screen Production menghadirkan taman balon raksasa sebagai wujud untuk sejenak mengajak orang tua dan anak melepaskan gadget dan bermain bersama. Saya pun jadi teringat kembali akan salah satu buku yang berjudul Screen Time, ditulis oleh Tasha Liudmila.

Buku itu menjadi reminder buat saya dan suami selaku orang tua dalam hal waktu bersama gadget.

Kami bekerja menggunakan gadget dan sudah seharusnya memposisikan tersebut tidak di atas keluarga. Dan salah satu jalan untuk menjaga gadget agar tetap pada posisi dan porsinya, banyak melakukan aktivitas gerak tubuh bersama anak.

How about your weekend?

Senada dengan hal di atas,

“Kreativitas para orangtua dalam menyediakan kegiatan pengganti screen time anak sangat dibutuhkan karena aktivitas fisik sangat berperan dalam menstimulasi kecerdasan anak.” ujar Mia Lukmanto, selaku CEO dan Founder Beyond Screen Production.

Hmm… idenya mulia banget sih menurut kami karena tak hanya menjadikan momen untuk sejenak lepas dari gadget, tetapi juga mengajak para orang tua seperti kami untuk create moments dan membangun bonding bersama anak dengan aktivitas di Funtopia Balloon Park yang kini hadir di Surabaya, Bukit Darmo Golf Peninsula. Dan lagi ini sejalan dengan argumen dari Christian Suwarna, selaku Senior Vice President Business Development Traveloka, bahwa:

Hadirnya Funtopia di Traveloka akan membuat keluarga Indonesia memanfaatkannya dalam meningkatkan momen kebersamaan dengan keluarga, terutama saat akhir pekan tiba.

Silakan Baca Petunjuk Berikut sebelum Bermain di Funtopia Balloon Park

Karena saya mengikuti Funtopia Surabaya dan sudah merasakan momen kebersamaan bersama keluarga, saya ingin menyampaikan beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai berikut:

  • Beli tiket Funtopia di website Traveloka pada menu Traveloka Aktivitas & Rekreasi, traveloka.com. Bagi pengguna kartu kredit BCA, akan mendapatkan potongan 15%. Lumayan banget deh ya kalau berangkat bersama keluarga besar.
  • Tiket bisa dibeli on the spot, tepatnya di depan gerbang Peninsula Bukit Darmo Golf. Bisa tanya ke security supaya diarahkan ke lokasi gerbang tempat booth penukaran dan pembelian tiket

  • Pastikan usia anak minimal 2 tahun untu bermain di arena balon raksasa. Maksimal usia tidak ada batasan
  • Pastikan anak sudah memakai pakaian yang nyaman untuk bergerak dan menyerap keringat.
  • Bawa baju ganti untuk anak apalagi jika akan bermain seharian penuh di lokasi
  • Pastikan anak sudah memakai kaos kaki
  • Awasi anak saat bermain dan sebaiknya orang tua bisa survey awal dulu sebelum anak dilepaskan bermain di arena tersebut
  • Orang tua bisa ikutan bermain di arena Funtopia Balloon Park karena memang balon raksasa di desain juga untuk orang dewasa
  • Karena Surabaya sedang panas-panasnya, saya pribadi menyarankan datang di atas jam 3 sore
  • Jika ingin datang mulai pagi, bisa siapkan payung, kacamata hitam dan pastinya sunscreen untuk terjaga dari UV Matahari karena Funtopia Surabaya ini adalah permainan outdoor
  • Bawa air mineral yang cukup karena energi bermain akan banyak terkuras, apalagi jika anak sangat aktif lompat-lompatan
  • Untuk yang datang di malam hari, pastikan ikut menemani anak bermain di arena balon untuk menjaga agar anak tidak jatuh karena fokus pandang yang pasti berbeda saat siang hari
  • Ada booth Traveloka yang siap dikunjungi oleh para orang tua yang sudah punya aplikasi Traveloka di ponselnya. Bisa ikutan bermain spinning wheel yang berhadiah banyak jenis voucher dan juga balon Traveloka

  • Untuk makan dan minum, di sebelah arena bermain balon raksasa, sudah ada food trucks dan pendopo yang menjajakan makanan dan minuman. Jadi tidak perlu khawatir. Namun, kalau mau membawa bekal dari rumah juga dipersilakan asal tidak dikonsumsi di arena bermain
  • Harga makanan dan minuman pun terjangkau, start from IDR 15K.
  • Ada toilet namun diharapkan semua pengunjung sudah memahami soal kebersihan fasilitas umum, jadi mari saling menjaga kebersihan.

Hmm… informasi di atas semoga dapat membantu para orang tua yang akan mengajak anak dan keluarga untuk bermain di Funtopia Balloon Park Surabaya.

Lokasi Funtopia Balloon Park Surabaya

Funtopia Surabaya berlokasi di Peninsula Bukit Darmo Golf

Waktu Operasional Funtopia Balloon Park Surabaya

Sabtu & Minggu pukul 07.00 – 22.00 WIB

Harga Tiket Funtopia Balloon Park Surabaya

Usia 2-16 tahun: IDR 80K (tiket berwarna kuning)

Usia >17 tahun: IDR 40K (tiket berwarna merah)

***

Well… masih ragu ajak keluarga ciptakan momen kebersamaan dengan bertualang seru di Funtopia Balloon Park? Pastinya, menyesal di kemudian hari sungguh tiada guna, hehe.

Have fun, everyone!

Video Keseruan Keluarga Kami di Funtopia Balloon Park Surabaya


 

29 Comments

  1. Yoanna Fayza November 5, 2018
  2. CatatanRia November 5, 2018
  3. Noe November 5, 2018
  4. Jalan-Jalan KeNai November 5, 2018
  5. Ainhy November 5, 2018
  6. Mugniar November 5, 2018
  7. Jeanette Agatha November 5, 2018
  8. Echi mustika November 5, 2018
  9. Hidayah Sulistyowati November 5, 2018
  10. Nabila November 5, 2018
  11. Renidwiastuti November 6, 2018
  12. Indah Nuria November 6, 2018
  13. Leyla November 6, 2018
  14. Siti hairul November 6, 2018
  15. Siti Faridah November 6, 2018
  16. Heni Puspita November 6, 2018
  17. Kurnia amelia November 6, 2018
  18. Dewi Sulistiawaty November 6, 2018
  19. Indri Noor November 7, 2018
  20. Ika Maya Susanti November 7, 2018
  21. Indira W November 7, 2018
  22. Lidya November 7, 2018
  23. Nia K. Haryanto November 7, 2018
  24. lendyagasshi November 7, 2018
  25. Tuty Queen November 7, 2018
  26. Zia November 7, 2018
  27. Eni Martini November 7, 2018
  28. ima satrianto November 11, 2018
  29. server pulsa November 16, 2018

Leave a Reply

Instagram