Finansial Info

Cara Mudah Investasi untuk Pemula dengan AJAIB

“Dek, tahun depan katanya mau nikah?”

“Iya, Kak.”

“Sudah siap menghadapi kehidupan yang sesungguhnya?”

“Kalau urusan dana sih masih berusaha dengan maksimal menabung.”

“Hmm… kenapa nggak kamu berinvestasi saja?”

“Khawatir, Kak. Saya takut dengan investasi bodong.”

“Ya, memang sih harus pintar mencari lembaga investasi yang aman dan terpercaya.”

“Iya. Pengennya investasi yang nggak ribet.”

“Eh ada nih. Kakak juga baru tahu dari salah satu teman yang memang expert dalam hal finansial. Kakak dikenalin dengan investasi  reksa dana AJAIB.”

Reksa Dana AJAIB?! Apanya yang AJAIB?”

“Kalau penasaran, simak tulisan kakak di blog ya. Sekalian saya update blog soal finansial.”

Can’t wait!” 

***

Bicara investasi memang menggiurkan. Hasilnya bisa menenangkan saat dibutuhkan tetapi, bisa saja membuat resah ketika cara investasi yang dilakukan berada dalam jalur yang salah. Apalagi kalau salah pilih media investasi. Seperti yang dikhawatirkan adik saya yang dari segi penghasilan memang menjanjikan. Namun saya jika kemudian tidak diinvestasikan, apalagi ke depannya juga akan memasuki kehidupan berumah tangga.

Jujur saja, usia saya yang sudah kepala tiga ini masih bimbang dengan investasi. Sebab, saya dan suami bukanlah pekerja yang penghasilannya tetap setiap bulan bahkan terlalu hati-hati ketika mengelola uang. Sudah beberapa kali ditawarkan berbagai jenis investasi reksa dana yang ada di Indonesia, tetapi selalu maju mundur untuk mengambil langkah lebih jauh. Alasannya yaa itu, takut dibohongi oleh investasi bodong yang marak terjadi, seperti ketakutan yang ada pada diri adik saya juga.

Namun, tidak melangkah lebih jauh juga akan sulit. Ditambah lagi kebutuhan ke depannya bertambah banyak. Otomatis harus benar-benar pandai mengelola finansial keluarga supaya tetap terpenuhi semua kebutuhan, khususnya yang urgent dan bisa menangani kebutuhan insidentil.

Dengan bermodalkan informasi dari teman, maka berkenalanlah kami dengan salah satu media investasi reksa dana yaitu AJAIB. Sebuah aplikasi investasi reksa dana online yang didesain untuk pemula, sebagaimana status kami yang memang baru akan berinvestasi dengan serius. Yaa, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali, bukan? Sekaligus jadi referensi untuk adik.

Yuk, kita kenalan dengan AJAIB!

reksa dana ajaib

Aplikasi Investasi Reksa Dana AJAIB ini didirikan untuk menjawab permasalahan investasi yang ada, diantaranya:

  • Hanya sekitar 0,4% masyarakat Indonesia yang berinvestasi karena kurangnya pengetahuan dan terlalu takut berurusan dengan uang sehingga investasi masih dilakukan oleh segelintir orang yang memang memiliki aset untuk dijadikan investasi
  • Inflasi yang semakin tinggi sehingga perlu untuk dipikirkan dengan matang kondisi yang akan terjadi puluhan tahun ke depan
  • Tidak adanya solusi investasi yang memahami para milenial sehingga kebanyakan masih sibuk melakukan aktivitas non produktif

Untuk itu aplikasi investasi reksa dana AJAIB ini menjadi  satu-satunya startup dari Asia Tenggara yang menjadi bagian dari Y Combinator pada musim panas 2018 lalu. Bersama tim yang gemilang, AJAIB telah bekerja dengan senang hati untuk mewujudkan solusi investasi terbaik untuk semua orang.

AJAIB dibangun oleh tim dari lulusan Ph.D dan MBA yang menerapkan pengalaman profesionalnya dengan penelitian mendalam, memahami kemajuan teknologi dalam membangun aplikasi investasi AJAIB ini. Perencanaan keuangan yang ditawarkan pun berdasarkan pendekatan data dengan didukung oleh penelitian akademik.

Aplikasi investasi reksa dana AJAIB ini benar-benar sangat mudah dioperasikan karena dibuat khusus bagi pemula dalam dunia investasi dan anak muda yang senangnya yang nggak ribet. Jika tidak percaya, segera buktikan dengan install aplikasi-nya di Play Store atau App Store.

Tentunya melakukan investasi reksa dana secara online dengan AJAIB, perlu meng-install aplikasinya terlebih dahulu. Ya, saat ini ponsel pintar ber-OS Android bisa digunakan. Adapun langkah-langkahnya bisa simak alurnya pada gambar berikut:

Bagaimana, mudah ‘kan?

Setelah aplikasi sudah ter-install dengan benar dan sebelum investasi reksa dana dilakukan, tentunya perlu membuat akun AJAIB dulu. Adapun langkah-langkahnya bisa simak dengan seksama gambar berikut:

Created by: chemistrahmah.com

  • Klik “MULAI” untuk melanjutkan tahapan membuka akun
  • Isi Identitas Diri dengan benar

Next…

Created by: chemistrahmah.com

So easy, right?

Sebagaimana yang sudah saya singgung di beberapa paragraf sebelumnya, bahwa aplikasi investasi online ini ada untuk pemula yang masih berstatus belajar soal investasi reksa dana. Nah kemudahan bagi pemula dengan investasi reksa dana AJAIB ini karena:

  • 100% Aman Terpercaya karena diawasi oleh OJK (KEP-17/PM.21/2018) dan uang yang diinvestasikan disimpan oleh bank kustodian yaitu Bank Mandiri, CIMB Niaga, BCA dan Mandiri. Selain itu bisa ditarik kapan saja.
  • Gratis, Online Serta Tanpa Biaya Transaksi dan Penarikan sehingga benar-benar diperlukan hanyalah alokasi dana untuk investasi, koneksi internet yang memadai karena dilakukan online dan transaksi serta penarikan tidak memungutu biaya administrasi tambahan
  • Investasi Mulai 10K saja sehingga tidak perlu menunggu punya uang banyak untuk memulai investasi. Apalagi kalau sumber uang masih dari orang tua.
  • Desain Aplikasi Pas untuk Pemula sehingga tidak perlu bingung dalam mengoperasikan
  • Buka Akun Online Cuma 5 Menit tanpa harus menyertakan dokumen yang njlimet bin ribet
  • Ada Fitur “Belajar” yang berisi beragam artikel informasi mengenai investasi, saham, reksa dana dan hal-hal yang berhubungan dengan investasi
  • Banyak Pilihan Jenis Reksa Dana yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan informasi seputar reksa dana tersebut
  • Ada Paket Investasi yang bisa dijalankan juga oleh investor dan detail-nya bisa langsung dibaca di aplikasi
  • CS yang Cepat Tanggap karena ketika mengalami kebingungan dan ada yang ingin ditanyakan bisa langsung menghubungi CS melalui WhatsApp tanpa perlu menunggu lama untuk mendapatkan penjelasan dari masalah yang dihadapi

Nah, menarik sekali aplikasi investasi reksa dana AJAIB ini, bukan? Saya sendiri sebagai investor pemula semakin semangat untuk belajar lagi dan lagi soal investasi. Apalagi dengan kebutuhan masa depan yang sudah sedemikian banyak. Mempersiapkan dana dengan investasi memang pilihan yang sebaiknya diambil.

Seperti yang sudah saya sampaikan di atas bahwa salah satu keunggulan investasi dengan aplikasi AJAIB adalah banyakya ragam investasi reksa dana yang bisa dipilih. Tak hanya bisa memilih, sebagai investor kita diajak untuk melihat potensi return selama satu tahun ke depan sesuai dengan angka investasi yang dilakukan.

Jadi perlu saya tekankan kembali bahwa memilih jenis investasi reksa dana yang ditawarkan oleh aplikasi AJAIB ini perlu menyesuaikan tujuan investasi. Investasi untuk Dana Darurat atau Dana Pensiun. Dari situ akan semakin mudah memilih jenis investasi reksa dana kemudian.

Sebagai contoh misalnya saya memilih jenis investasi dengan low risk (Investasi Risiko Terendah) dengan nama Reksa Dana Cipta Dana Cash dengan durasi return 1 tahun dan angka investasi saya Rp 10.000,- maka aplikasi investasi reksa dana AJAIB memberikan tools kalkulator yang akan memperlihatkan total investasi  selama 1 tahun dan 3 tahun plus nominal return yang akan diperoleh.

Selain itu, aplikasi investasi AJAIB ini akan memberikan keterangan detail investasi yang berisi informasi:

  • Alokasi Aset: Money Market
  • Nama Reksa Dana: Cipta Dana Cash
  • Jumlah Dana Kelolaan: 188.000.000.000
  • Tipe Reksa Dana: Pasar Uang
  • Manager Investasi: PT Ciptadana Asset Management
  • Bank Kustodian: PT Bank CIMB Niaga, Tbk
  • Biaya Setor & Tarik (*untuk AJAIB sendiri 0.00%)
  • Biaya Manajemen: Maksimal 1.00%

Untuk lebih jelasnya lagi bisa simak gambar berikut:

Selanjutnya…

Bagaimana? Sudah bisa membayangkan keuntungan investasi reksa dana sesuai dengan pilihan, ‘kan? Sangat mudah dan sangat memahami anak muda dan pemula yang baru akan mengenal dan melakukan investasi.

Masih ragu memulai investasi reksa dana dengan AJAIB?

Tenang!

Ada fitur Komunitas yang isinya ada Diskusi dan Belajar yang bisa dijadikan panduan untuk melangkah dalam investasi reksa dana. Bahkan ada Nasihat Investasi yang bisa dijadikan media investor, apalagi investor pemula, untuk mengajukan pertanyaan, pernyataan kebingungan atau diskusi lepas seputar investasi. Selain itu, ada Tips & Trik dalam berinvestasi yang bisa jadi bahan referensi kita dalam berinvestasi.

Jadi, setelah membaca tulisan saya di atas, maka ada 7 tips investasi aman bagi sesama pemula nih. Simak di bawah ini ya!

Tentunya melakukan investasi tujuannya adalah pencapaian kesejahteraan akibat pengelolaan aset atau finansial di masa mendatang. Untuk itu, bagi pemula penting untuk memperhatikan tips berikut:

  • Buat “peta konsep” masa depan yang ingin dicapai, misal dalam waktu dekat akan umroh (tujuan jangka pendek) atau mungkin ingin menikmati hari tua dengan bebas finansial (jangka panjang). Kalau sudah tahu apa saja yang masuk dalam dua hal ini, jadi bisa tahu jenis investasi yang akan dijalani
  • Sesuaikan bujet dengan nominal investasi. Ini juga penting. Jangan sampai karena harapan yang terlalu tinggi dengan melihat nominal return yang akan diperoleh, kemudian melakukan investasi besar-besaran pula setiap bulannya. Sesuaikan dengan pendapatan yang dimiliki setiap bulannya.
  • Mulailah berinvestasi dari yang nominal dan risk-nya kecil dulu. Setelah satu tahun berlalu, evaluasi sebagai acuan untuk langkah selanjutnya, yaitu lanjut investasi yang lebih tinggi resikonya atau tetap bertahan pada investasi yang sudah berjalan sebelumnya
  • Pastikan lembaga peneriman investasi yang kita pilih sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan), contohnya investasi AJAIB ini sudah terdaftar. Bisa dicek di website-nya OJK.
  • Sering berinteraksi dengan orang yang paham soal investasi. Bisa cari teman dekat, saudara atau pakar yang sekiranya bisa menjadi tempat untuk berkonsultasi sesuai dengan waktu yang dimiliki.
  • Disiplin dalam mengalokasikan dana yang dimiliki. Kalau misal sudah memulai investasi, maka disiplin untuk melakukan pembayaran setiap bulan dan menaati semua peraturan investasi yang sudah dipilih tersebut.
  • Siapkan mental saat mendapatkan informasi seputar perkembangan investasi karena bisa saja ada tantangan tersendiri sebagai investor.

Nah, 7 tips investasi aman bagi pemula bisa membantu asalkan benar-benar dijalankan dengan baik dan sesuai ketentuan lembaga investasi yang dipilih.

***

Well… masih ragu berinvestasi?

Yuk, mulai investasi sesuai pilihan dengan aplikasi AJAIB. Mau untung lebih banyak, bisa menggunakan referal code “salf835” untuk mendapatkan Rp. 50.000,- pada akun AJAIB-mu, guys!

55 Comments

  1. Merry December 5, 2019
  2. Eni Rahayu December 5, 2019
  3. Ucig December 6, 2019
  4. Nurul Rahma December 6, 2019
  5. Rach Alida Bahaweres December 6, 2019
  6. Widyanti Yuliandari December 6, 2019
  7. Reyne Raea December 7, 2019
  8. Nanik Nara December 7, 2019
  9. Ira Hamid December 7, 2019
  10. Arda Sitepu December 7, 2019
  11. Mpo Ratne December 7, 2019
  12. Nefertite Fatriyanti December 7, 2019
  13. Rachmanita December 7, 2019
  14. Riawani elyta December 7, 2019
  15. Rohyati Sofjan December 7, 2019
  16. Jalan-Jalan KeNai December 7, 2019
  17. Nia K. Haryanto December 7, 2019
  18. Silviana December 7, 2019
  19. Uniek Kaswarganti December 8, 2019
  20. Rini Novitasari December 8, 2019
  21. Yuni December 8, 2019
  22. Nurul Fitri Fatkhani December 8, 2019
  23. RAch Alida December 8, 2019
  24. Siska Dwyta December 8, 2019
  25. Ida December 8, 2019
  26. Linimasaade December 8, 2019
  27. Dian Restu Agustina December 8, 2019
  28. Kurnia amelia December 8, 2019
  29. Bundabiya.com December 8, 2019
  30. Indah Nuria December 8, 2019
  31. Diah Woro Susanti December 8, 2019
  32. Natara December 8, 2019
  33. Susie Ncuss December 8, 2019
  34. Monica Anggen December 8, 2019
  35. Hana Aina December 8, 2019
  36. Rosanna Simanjuntak December 9, 2019
  37. Herva Yulyanti December 9, 2019
  38. Hikmah Khaerunnisa December 10, 2019
  39. Rusdiana.id December 10, 2019
  40. nyi Penengah Dewanti December 11, 2019
  41. Farida Pane December 11, 2019
  42. Gita sarrah December 11, 2019
  43. Fitri December 11, 2019
  44. Khoirur Rohmah December 12, 2019
  45. Duniaqtoy December 12, 2019
  46. Bimo Rafandha December 12, 2019
  47. Sugi Siswiyanti December 12, 2019
  48. Dede Diaz December 13, 2019
  49. Rudi G. Aswan December 15, 2019
  50. Maria G Soemitro December 16, 2019
  51. Mini GK December 17, 2019
  52. lendyagasshi December 17, 2019
  53. Dian December 17, 2019
  54. Putri Santoso December 23, 2019
  55. Syau I A January 26, 2020

Leave a Reply

Instagram