Blogging

Bunda, Apa itu Covid-19?

Bunda, Apa itu Covid-19? – Punya anak yang saat ini sudah serba kepo dengan segala hal, pastinya saya harus selalu berbenah diri. Betapa tidak, jawaban saya menjadi landasan si anak untuk berargumen di saat mendatang ketika berada pada situasi yang sama atau mirip. Apalagi saat ini kita semua sedang berada di dunia dengan wabah Covid-19 yang entah sampai kapan berakhir. 

Sejak diumumkan untuk tidak sekolah, kegiatan saya di rumah bersama anak makin harus dijadwalkan dengan baik. Jika tidak, maka semua akan menjadi terbengkalai. Saya pun harus menyimak beberapa webinar, kuliah daring bahkan ikut mengasah keuntungan dengan kuis-kuis selama pandemi. Namun, kesibukan tugas dari sekolah tidak menyurutkan si anak untuk mengetahui apa itu Covid-19 sehingga terus bertanya tanpa henti. 

Apa itu Covid-19?

Covid-19 adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh virus Corona (Coronavirus) yang saat ini menggemparkan dunia karena menimbulkan banyak kematian dan dampak di berbagai sektor kehidupan manusia. 

COVID-19 merupakan singkatan dari COrona VIrus Disease. Angka 19 menunjukkan tahun pertama kali ditemukannya virus penyebab penyakit yang sampai saat ini membuat orang harus merasakan dampak yang tidak sedikit

apa itu covid-19

Bagaimana Menjelaskan ke Anak tentang Apa itu Covid-19?

Saya pribadi menjadikan media gambar, e-book dan vidio yang beredar tentang Covid-19 ini untuk menjelaskan kepada anak. Sebab, saya sendiri tidak memiliki latar belakang pendidikan medis, sehingga tetap harus membutuhkan saat menjelaskan sehingga dipahami anak. 

Tentunya saya tidak menjelaskan dengan bahasa ringan. Saya hanya menjelaskan secara sederhana. Kebetulan anak saya lebih senang jawaban yang sederhana daripada panjang dan mbulet. Maka saya menjawab:

Covid-19 itu makhluk ciptaanNya Allah yang sedang memberikan “peringatan” kepada manusia untuk hidup bersih, tidak sering keluar rumah dan selalu menyayangi keluarga. 

Pernyataan di atas sangat pas sehingga anak bisa memahami mengapa saat ini harus sering cuci tangan, kalau ke teras pakai masker dan tidak boleh ketemu saudara di kampung untuk sementara. Meskipun berat, saya percaya bahwa anak memahami itu semua. 

Setelah Tahu Apa itu Covid-19, Ajak Anak untuk Tahu Sistem Kerja Virus Corona

“Bunda, Corona itu bentuknya seperti apa?”

Pertanyaan di atas pun muncul di awal-awal pekan libur sekolah. Maka saya memperlihatkan sebuah gambar bulat yang di sekelilingnya berambut atau memiliki tentakel. Paling sederhananya mengingatkan anak dengan bentuk rambutan. 

“Kok bisa ya, makhluk sekecil itu bisa membuat orang takut dan mati?”

Karena seringnya mendengar ayah-bunda diskusi soal Corona, bahkan karena Covid-19 ini kami membatalkan keberangkatan ke Makassar, maka pertanyaan itu pun terlontar dengan mudah. 

Jawaban kami, “Seperti itulah Maha Kuasa Allah, Nak. Betapa Allah mampu menggerakan makhluk tak terlihat menjadikan kita harus selalu waspada. Tetap #DiRumahAja karena virusnya sangat mudah dan cepat menyebar. 

Jadi, virus Corona itu menyerang manusia melalui percikan bersin atau batuk. Olehnya itu, kalau ada yang batuk atau bersin, segeralah menjauh sekitar 2 meter dan pastikan tidak bersentuhan, seperti berjabat tangan atau berpelukan. 

Kalau kita yang batuk atau bersin, harus menutup mulut dengan menekuk lengan ke depan wajah dan kita kemudian tunduk ketika bersin/batuk. Hal ini untuk mencegah percikan mengenai benda sekitar atau orang lain yang ada di dekat kita. 

Sejauh penjelasan saya itu, si kecil sudah mulai paham apa itu Covid-19. Meskipun masih penasaran ingin melihat wujud asli virus tersebut. 

*** 

Well… anak sudah tahu apa itu Covid-19. Bagaimana dengan teman-teman semua, apakah sudah mengenalnya juga dengan baik dan tidak terganggu informasi hoax soal memahami virus ini? Semoga tidak ya.

2 Comments

  1. nyi Penengah Dewanti April 20, 2020
  2. Nur Aliah Saparida April 21, 2020

Leave a Reply

Instagram