Blogging Suara Hati

Berikut 5 Ciri-ciri Tinta Printer yang Berkualitas

Berikut 5 Ciri-ciri Tinta Printer yang Berkualitas – Memastikan mesin printer bisa berfungsi dengan benar, sebelum digunakan perlu diisi dulu dengan tinta pastinya. Cairan warna khusus printer ini bisa dalam bentuk cair yang dimasukkan ke dalam kotak bernama cartridge, sesuai dengan spesifikasi printer yang digunakan. Pembelian cairan printer ini pun bebas bisa dimana saja, belanja online atau offline, yang terpenting adalah memilih yang terbaik.

Penggunaan cairan warna yang tepat, membantu merawat printer tersebut sekaligus meningkatkan kepuasan dengan hasil cetaknya. Sebab dengan penggunaan cairan warna yang kualitasnya buruk dijamin hasil cetakannya juga buruk. Misalnya berbau menyengat, warna tidak merata, atau mungkin tidak terlalu jelas sehingga mengecewakan. Padahal bisa jadi dokumen yang dicetak tersebut sangat penting dan akan menjadi masalah jika hasil cetakannya tidak bagus, seperti sulit dibaca dan tidak bisa disimpan untuk waktu yang lama.

Kenali Ciri-ciri Cairan Warna Printer yang Berkualitas

Cairan satu ini bisa ditemukan dengan mudah justru yang sulit adalah menemukan yang kualitasnya bagus. Namun kini tidak perlu galau, sebab dengan mengenal ciri-ciri pewarna printer yang bagus, dijamin tidak salah pilih. Berikut adalah ciri-ciri tersebut:

Terbungkus dengan Rapi dan Rapat

Membeli cairan warna khusus printer ini baiknya periksa dulu kondisi kemasannya, apakah kondisi tertutup rapi dan rapat atau tidak. Apabila segel sudah rusak, ada kemungkinan sudah tercampur dengan udara dan biasanya kualitas cairan tinta sudah rusak.

Tekstur Cairannya Pas

Mengetahui tinta printer yang bagus juga diketahui melalui teksturnya. Idealnya adalah cair namun tidak encer. Kekentalan tinta harus pas karena jika tidak sesuai, akan membuat pita pada printer menjadi macet dan perlahan rusak total. Bisa dikocok kemasan cairan warna tersebut untuk mengetahui tingkat kekentalanya supaya tidak salah beli.

Bebas dari Kandungan Alkohol

Cairan warna untuk perangkat printer di pasaran ada beberapa yang menggunakan alkohol. Cairan warna yang lebih kental namun cepat menguap (cepat kering) sehingga perlahan menjadi sangat cair. Kandungan alkohol ini juga bisa merusak printer sehingga bukan pilihan yang baik untuk menggunakannya. Usahakan mencari yang bebas kandungan alkohol. Idealnya, cairan tinta yang berkualitas itu menggunakan air untuk melarutkan zat warna di dalamnya.

Tidak Memiliki Aroma yang Menyengat

Memilih cairan warna untuk printer yang bagus juga bisa dengan cara menghirup aromanya seperti apa. Aroma cairan tinta yang normal adalah punya bau khas namun tidak begitu kuat. Apabila aromanya terlalu kuat besar kemungkinan mengandung alkohol. Gunakan cairan warna yang baunya ramah di indera penciuman seperti bau alkohol dan bahan kimia lain yang punya efek merusak printer.

Menyediakan Garansi

Tidak hanya pembelian printer menyediakan garansi melainkan juga untuk cairan warna di dalam printer tersebut. Setiap kali membeli isi ulang ataupun cartridge, apalagi dari merek terkemuka dijamin akan mendapatkan garansi. Garansi ini sudah menjadi bukti bahwa produk yang dibeli memang berkualitas sehingga tidak mudah membeku dan mengental. Artinya tinta printer tersebut bisa dipakai untuk waktu yang lama, sehingga efisien sampai cetakan terakhir.

***

Nah, kalau kalian punya tips oke untuk tinta printer, boleh dong sharing  di sini, ya.

2 Comments

  1. HM Zwan February 26, 2018
  2. Evrinasp March 1, 2018

Leave a Reply

Instagram