Blogging Event

Belajar Blogging dan Vlogging bersama Bunda WBI

Kalau sekarang ditanya pekerjaan apa yang paling diminati oleh anak-anak millennial, maka jawabannya adalah tidak lain yang berhubungan dengan dunia digital. Content creator, youtuber bahkan blogger menjadi sesuatu yang tidak asing keluar dari mulut-mulut mereka.

Bagaimana dengan PNS? Ya, masih banyak juga sih yang akan memikirkan untuk menjadi abdi negara dengan bekerja di instansi pemerintahan, namun tidak akan pada prosentase 100%. Karena saat ini, bekerja dengan perkembangan dunia digital jauh lebih menantang dan menjanjikan. That’s why saya sungguh senang ikut belajar blogging dan vlogging bersama Bunda WBI beberapa waktu lalu.

Ternyata, keinginan untuk “eksis” di dunia digital tidak hanya ada pada diri anak muda. Bunda-bunda millennial pun menginginkan hal yang serupa. Apalagi ibu rumah tangga seperti saya, bekerja dari rumah dengan memanfaatkan media digital itu jauh lebih menyenangkan dan bisa tetap menjaga keluarga tetap stabil dan aman.

Belajar Blogging dengan Dukungan Penuh Para Sponsor

Ikut belajar blogging dan vlogging bersama bunda WBI ternyata didukung oleh berbagai pihak. Banyak sponsor yang ikut mendukung. Beberapa sponsor yang saat itu memberikan insight baru soal bagaimana dunia digital mengubah lifestyle pun ikut memperkenalkan produk unggulannya diantaranya:

mybluebird

Blue Bird, dalam hal ini diwakilkan oleh Bapak Deny Cahyadi, hadir dengan memperkenalkan aplikasi pemesanan taksi yang saat ini semakin mudah. Bahkan saat ini sudah memberlakukan fixed price. Jadi, jika dahulu kita sangat ditakutkan dengan nilai yang tercantum di argo, saat ini sudah tidak lagi.

Di dalam aplikasi MyBlueBird, kita bisa melihat nominal biaya perjalanan yang akan kita tempuh. Ditambah lagi sekarang lebih cepat karena sistemnya tidak lagi menelepon ke Call Center. Hmm… sudah sangat memudahkan, bukan?

Selain Blue Bird, ada juga Claris Houseware yang diwakilkan langsung oleh Bapak Tony, meskipun sebenarnya saat itu founder Claris pun ikut hadir melihat bagaimana workshop blogging dan vlogging berjalan lancar.

Bapak Tony menyampaikan bahwa saat ini Claris membuka cool agent yang bisa diajak untuk bekerja bersama dalam mensosialisasikan produk Claris yang memang terbukti aman, nyaman dan pastinya bisa membuat rumah lebih berwarna. Apalagi saat ini Claris hadir dengan warna-warna yang sangat menarik.

tutorial wardah

Tutorial make up glamour dari Wardah. Senangnya ikut acara WBI karena sering bekerja sama dengan brand kecantikan satu ini. Hampir tidak pernah absent untuk memberikan tutorial bagaimana menggunakan semua produk Wardah dengan nyaman kepada peserta. Apalagi semuanya perempuan, sangat dinanti dan bisa memancing ide juga dalam menulis seputar kecantikan.

Dan masih banyak lagi sponsor lainnya yang memberikan benefit kepada peserta belajar blogging dan vlogging saat itu.

Bagaimana Membuat Tulisan di Blog?

Pertanyaan itu muncul ketika salah satu personil dari Pop Mama memulai mempresentasikan bagaimana nge-Blog yang baik dan benar, dalam hal ini menulis artikel yang dengan mudah di-approve oleh tim Pop Mama.

Oiya, Pop Mama adalah salah satu media yang menyajikan ragam artikel seputar perempuan dan mama. Jika memiliki hobi menulis dan ingin tayang di situs Pop Mama, bisa langsung sign up. Gratis, kok!

Back to the point…

Menulis artikel memang bukan sesuatu yang sangat mudah. Apalagi jika aktivitas ini bukan hobi dan baru pertama kali. Menemukan ide tulisan itu seperti sesuatu yang sangat sulit dibandingkan harus memotong uang belanja bulanan karena ada urusan mendadak. Namun, tim Pop Mama memberikan solusi untuk itu dan membaginya ke dalam 3 (tiga) tahap penting, yaitu:

  • Pre-Writing
  • Writing
  • Post-Writing

pop mama

Pre-Wrting, ini adalah bagaimana kita menemukan ide tulisan. Banyak yang merasa kesulitan tanpa terkecuali saya jika memang sedang buntu pikiran. Padahal bisa dimulai dengan pengalaman sendiri atau orang lain, topik yang sedang ramai dibicarakan, atau mencari objek yang orang selalu mencari hal tersebut. Contohnya bisa seputar teknik menyusui, menggendong atau lainnya.

Writing, ini adalah tahap dimana kita membuat judul yang eye-catching. Kalau saya menyebutkan dengan bagaimana menuliskan judul yang orang pasti tertarik untuk membaca. Dan senada dengan Pop Mama, judul dengan angka menjadi salah satu teknik yang baik.

Post-Writing, ini adalah tahap dimana kita sudah menyiapkan hal-hal pendukung tulisan, baik berupa gambar maupun kata penutup sebagai pemikat agar pembaca datang lagi atau menanti tulisan kita selanjutnya.

blogging dan vlogging

Seriusnya Bunda WBI menimba ilmu blogging dan vlogging

Mengapa Harus Vlogging?

Setelah materi bagaimana menulis di blog, khususnya pada media Pop Mama, selanjutnya adalah bagaimana peserta belajar blogging dan vlogging diajak untuk membuat video. Video di sini bukan sekadar video. Sebisa mungkin video yang ditampilkan memberikan informasi menarik untuk siapa saja yang menontonya.

Membuat vlog yang perlu diperhatikan adalah:

pop mama vlogging

  • Perangkat yang kita gunakan. Sebisa mungkin yang memberikan gambar yang clear alias tidak burek.
  • Usahakan menggunakan stabilizer agar hasil video tidak mengalami shaking. Bisa menggunakan alat yang dibeli khusus atau menyimpannya di tempat yang statis saat akan mengambil video
  • Buat potongan pendek yang nanti akan disambungkan dengan menggunakan aplikasi video editing
  • Suara harus jelas
  • Video tidak harus selalu tampak wajah orang yang merekam, namun sebisa mungkin menggunakan suara asli sendiri

Dan kali ini kita diajak untuk membuat video menggunakan aplikasi bernama InShOt. Pastinya seru membuat videonya dan hasil video saya bisa dicek di bawah ini:

***

Well… belajar blogging dan vlogging bersama bunda WBI kali ini memang memberikan insight dan spirit baru kepada saya. Apalagi bertaburan banyak door prize membuat seluruh peserta larut dalam suka cita. Tak lagi bingung bagaimana menulis artikel yang baik bahkan sepulang dari sini, banyak yang akhirnya membuat blog baru dan konsisten menulis. Yeay!

One Response

  1. abimanaseo February 8, 2019

Leave a Reply

Instagram