Info Properti

Begini Cara Mudah Memilih Rumah Dikontrakan di Bandung

Menyewa rumah sudah lazim dipilih oleh mereka yang hanya menetap sementara di suatu daerah, atau mereka yang sudah berkeluarga tapi belum bisa membeli rumah. Rumah dikontrakan di Bandung jadi salah satu alternatif hunian yang cukup banyak diminati.
Sebagai salah satu kota besar, Bandung memang banyak diminati sebagai tempat tinggal. Hal ini tak terlepas dari daya tarik yang dimilikinya. Mulai dari infrastruktur yang terus berkembang, pusat pendidikan berkualitas, destinasi wisata yang beragam, lapangan kerja yang juga banyak jenisnya termasuk industri kreatif yang semakin maju dan masih banyak lagi.

rumah dikontrakan di Bandung

Seperti halnya kota besar lain, Bandung pun menyediakan banyak pilihan hunian yang layak dicoba.
Namun tetap saja perlu beberapa pertimbangan sebelum akhirnya memilih rumah dikontrakan di Bandung.
Secara ringkas, hal penting yang perlu Anda pertimbangkan ketika memilih hunian di antaranya adalah:

Tarif yang sesuai

Setiap daerah biasanya memiliki harga pasaran masing-masing. Sehingga ada baiknya Anda survei dan bertanya-tanya lebih dulu mengenai harga pasaran di kawasan tersebut. Lalu sesuaikan dengan budget Anda.
Selain biaya sewa, jangan lupa untuk menghitung biaya lain-lain seperti iuran listrik, air, kebersihan dan sebagainya yang akan menjadi pengeluaran rutin Anda ke depannya.

Berikutnya yang tak kalah penting adalah menentukan lokasi.

Usahakan mencari hunian yang mudah diakses dari dan menuju tempat kerja, sekolah atau kuliah.
Intinya mudah menjangkau tempat-tempat yang menjadi aktivitas utama Anda dan keluarga.
Hal ini sesuai dengan yang diungkapkan oleh kompas.com, dimana harga sewa dan lokasi adalah dua pertimbangan utama dalam mencari properti.

Selain itu, kenyamanan seperti lingkungan yang bersih, sumber air yang cukup, dan keamanan juga harus jadi bahan pertimbangan.
Perhatikan pula kondisi fisik bangunan, barangkali ada yang perlu diperbaiki dan dibicarakan langsung dengan pemilik properti.
Sisanya sesuaikan dengan kebutuhan dan budget Anda saja, misalnya jumlah kamar tidur, ukuran dan luas rumah.

rumah dikontrakan di Bandung

Untuk sistim pembayaran, Anda juga bisa tanyakan langsung pada pemilik, apakah bulanan atau tahunan.
Masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya…

Untuk sistim bulanan bisa jadi pilihan bagi Anda yang baru pertama kali menyewa dan ingin mencoba lebih dulu. Jadi, kalau tidak cocok Anda bisa pindah saja. Sementara kalau yang tahunan, selain tarif sewa biasanya lebih murah dibanding yang bulanan, sistim ini juga membuat Anda lebih punya jaminan dan tenang untuk setahun ke depan. Tapi akan rumit kalau seandainya di tengah masa sewa Anda ternyata tidak betah, ada masalah dan sebagainya. Bisa saja uang yang sudah Anda setorkan untuk sewa setahun dianggap hangus.
Maka dari itu, hal-hal terkait pembayaran dan sebagainya diperjelas sejak awal dengan pihak pemilik ya, termasuk kemungkinan untuk membatalkan sewa di tengah-tengah perjanjian.

Dalam hal ini, aturan yang diberlakukan oleh pemilik juga harus Anda tanyakan. Misalnya apakah boleh membawa hewan peliharaan, memasang dekorasi, mengecat atau hal-hal lainnya yang terkait dengan properti. Memperjelas ini sejak awal jelas akan sangat membantu Anda dan pemilik dalam menjalin kerjasama yang baik, dan menghindari terjadinya masalah atau kesalahpahaman.
Kalau perlu dalam hal ini ada perjanjian dan kesepakatan tertulis, yang bisa dijadikan dasar dalam menyelesaikan segala permasahalan di kemudian hari.

Dalam kesepakatan kedua belah pihak ini, poin-poin yang harus tercantum di antaranya adalah tarif sewa, waktu dan durasi sewa.
Khusus untuk tarif sewa juga harus jelas, apakah di dalamnya sudah termasuk biaya atau iuran lain-lain. Lalu kewajiban dan hak masing-masing pihak. Misalnya mengenai perawatan bangunan. Apa saja yang harus dilakukan sebagai penyewa, dan kewajiban apa pula yang harus dilakukan oleh pemilik rumah. Dalam hal ini sanksi yang adil juga diperlukan jika terjadi pelanggaran dari salah satu atau kedua pihak. Jangan lupa juga untuk menyertakan identitas kedua belah pihak dengan jelas dan lengkap. Terakhir, perjanjian pun harus ditandatangani oleh masing-masing pihak di atas materai, agar sah secara hukum.

rumah dikontrakan di Bandung

Selain bagi pencari rumah, hal-hal di atas tentu juga harus jadi perhatian bagi penyedia rumah dikontrakan di Bandung.
Bisnis menyewakan properti seperti ini memang terasa menarik.

Selain karena nilainya relatif besar dan banyak peminat juga, menyediakan kontrakan bisa dibilang relatif mudah, apalagi kalau Anda sudah memiliki properti untuk disewakan. Yang perlu Anda lakukan selain menyediakan kesepakatan atau perjanjian seperti di atas, tentu juga perlu menyiapkan rumah kontrakan.

Misalnya dengan membersihkan, merapikan, merenovasi dan lain sebagainya. Pokoknya pastikan rumah dibuat senyaman mungkin untuk ditempati oleh penyewa.

Setelah itu, barulah Anda bisa melakukan promosi, salah satunya dengan memanfaatkan situs properti seperti www.99.co/id. Sebagai referensi sebelum Anda pasang iklan, maupun untuk yang ingin mencari rumah dikontrakan di Bandung, berikut beberapa contoh listing properti yang bisa Anda cek di 99.co Indonesia.

Sebuah unit rumah 2 lantai di Komplek Batu Indah, Batununggal disewakan dengan tarif Rp 55 juta per tahun dengan luas bangunan 160m2 dan terdiri dari 4 kamar tidur, 2 kamar mandi dan carport. Berada di lingkungan yang tenang dan nyaman, dengan akses yang mudah ke kawasan Soekarno Hatta dan Gerbang Tol Buah Batu. Selain sebagai hunian, rumah ini juga cocok lho dijadikan kantor.
Lalu untuk yang mencari rumah dikontakan di Bandung Utara, ada rumah minimalis yang disewakan di Setraduta Villa dengan tarif Rp 45 juta per tahun. Berada di lingkungan yang aman dan juga asri, rumah berluas 90m2 dengan 2 kamar tidur dan kamar mandi ini cocok untuk yang memiliki keluarga kecil.

Kelebihannya adalah lokasi yang dekat ke fasilitas sosial seperti pusat pendidikan contohnya, Universitas Maranatha, SMAN, SMPN, serta ruko dan perkantoran hingga ke Setrasari Mall, termasuk juga memiliki akses yang mudah ke Tol Pasteur

Ingin pilihan yang lebih murah, ada satu unit rumah dikontrakan di Bandung Timur yakni di Komplek Puri Dago, Antapani dengan tarif sewa sebesar Rp 36 juta per tahun.  Luasnya 60m2 di atas tanah 80m2, dengan 2 kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu, ruang keluarga, dapur, carport hingga taman. Sementara pilihan rumah dikontrakan di Bandung Barat bisa Anda jumpai di Kota Baru Parahyangan yang disewakan hanya seharga Rp 25 juta per tahun.

rumah dikontrakan di bandung
Bangunan berluas 45m2 ini berada di lingkungan perumahan yang pernah mendapat predikat perumahan terbaik tingkat nasional 2008 versi REI-Permata Bank. Kelebihan lainnya dari rumah ini adalah berada di lingkungan yang asri dan udara yang segar karena dikelilingi oleh lembah serta danau.

Menarik bukan?

Fasilitas yang disediakan perumahan ini juga tak kalah menarik.

Misalnya saja beberapa sekolah internasional, Bandung Alliances International School, Cahaya Classical School, Al Arsyad Singapore School, lalu juga ada penginapan bintang 4, Mason Pine Hotel, dan RS International Borromeus Group, Supermarket Giant, tempat ibadah serta dilengkapi pula dengan keamanan 24 jam dan CCTV.

Selain yang tahunan, di 99.co Indonesia juga pilihan rumah dikontrakan di Bandung dengan sistim bulanan. Contohnya adalah paviliun yang berada di tengah kota dan berada dekat ke kampus ITB, kawasan Tamansari dan sekitarnya. Disewakan dengan tarif Rp 1,4 juta dalam kondisi semi-furnished, paviliun ini dilengkapi kamar tidur, kamar mandi, dapur, ruang tamu dan basement untuk area parkir.

Informasi dan referensi lengkap seputar jual beli properti bisa Anda cek langsung saja ya ke 99.co Indonesia.

Leave a Reply

Instagram