Blogging

7 Tindakan Preventif Agar Terhindar dari Virus Corona

7 Tindakan Preventif Agar Terhindar dari Virus Corona – Setelah mengenal Covid-19 dengan seksama dan melihat perkembangan dampak yang ditimbulkan, memang sebaiknya perlu tindakan pereventif. Perlu mencari cara yang efektif.

Sebagai ibu rumah tangga yang memiliki dua anak, bayi dan kids, tentunya harus benar-benar melakukan tindakan pencegahan yang lebih kompleks. Namun, bukan berarti panik berlebihan sehingga membuat stress

Saat mendengar wabah Covid-19 ini begitu menggemparkan di China, sebenarnya saya dan suami sudah diskusi panjang. Kami bahkan bertanya-tanya, apakah virus Corona benar tidak masuk ke Indonesia yang dibawa oleh “penumpang”? 

Pihak berwenang yang seharusnya memberikan informasi detil tentang penyebaran virus Corona ini pun kemudian mengatakan kalau Indonesia aman. Di situ kami makin menurunkan kekhawatiran. Ternyata, tidak lama kasus demi kasus bermunculan. Tindakan prevenetif harus segera dilakukan. 

tindakan preventif cegah virus corona

Nah, 7 tindakan preventif agar terhindar dari virus Corona sebagai penyebab penyakit Covid-19 yang kami lakukan adalah:

1. Edukasi Anak 

Ya, mengedukasi anak agar menerima kondisi bahwa saat ini sedang tidak biasa. Perlu sering mencuci tangannya. Tidak keluar rumah atau bermain ke tetangga. Intinya diam #DiRumahAja

2. Menyediakan Keperluan Kebersihan

Di awal berita kasus Covid-19 yang sudah masuk ke Indonesia, saya sudah mulai membeli Aseptic gel untuk media cuci tangan saat berada di luar rumah dan disimpan di dalam tas. Memeriksa stok sabun cuci tangan dan sabun mandi. Stok sabun pembersih lantai. Intinya semua media untuk membersihan saya upayakan tersedia di rumah. 

3. Menyetok Vitamin C

Vitamin C yang kami stok juga bukan dalam jumlah besar. Intinya cukup untuk kami pakai sekeluarga. Bahkan ketika ada teman yang menawari, kami tidak langsung mau begitu saja. Karena kami butuh kesiapan dana juga untuk beberapa hari ke depan yang entah sampai di bulan keberapa.

4. Olahraga Ringan

Karena saya sebenarnya mengandalkan olahraga menggendong anak, maka salah satu tindakan preventif agar terhindar dari virus Corona ini adalah tetap bergerak. Memastikan anggota tubuh tidak rebahan saja. Bahkan perlu sesekali jalan di depan teras atau melakukan aktivitas tambahan. 

5. Selalu #DiRumahAja Jika Tak Ada Hal Mendesak

Ya, untuk keluar rumah biasanya karena ada keperluan rumah tangga yang habis. “Kan beli online bisa?” Hmm… kalau beli online biasanya saya sulit untuk memilih jika kemudian pilihan stok yang saya inginkan sedang habis. Kalau berangkat sendiri, minimal bisa berpikir ganti yang lain dengan fungsi yang sama.

6. Tidak Pulang Kampung atau Mudik

Ah, meski ramai dibicarakan saat ini, memilih untuk tidak ke rumah ibu mertua dulu adalah pilihan yang tepat. Bisa aja sih kami nekat pulang dan bercengkerama satu sama lain di kampung. 

Namun, saya masih punya akal sehat. Bisa saja saya carrier dan kemudian membuat kondisi ibu mertua saya makin parah. Sungguh sia-sia tindakan preventif agar terhindar dari virus Corona saya lakukan tetapi tetap melakukan seperti itu. 

Insya Allah semua akan baik-baik saja meski jarak memisahkan. Sekarang sudah ada teknologi canggih untuk mendekatkan yang jauh. Kangen? Ya, vidio call saja…

7. Jaga Jarak Aman

Selalu berupaya melakukan ini ketika harus berada di luar. Saya justru semakin risih jika tak ada jarak. Ah, kayak ikan saja di pasar yang semua bergerombol tak ada celah. 

 

Leave a Reply

Instagram