Info Kesehatan

7 Cara Menghilangkan Bau Mulut dengan Cepat

Siapa sih yang suka dengan bau mulut?

Kalau berbicara sama orang yang memiliki masalah seperti itu, pasti kita cepat-cepat ingin menghindar, bukan?

Begitupun dengan orang lain ketika mendapati bau mulut saat kita berbicara. Apalagi sekarang bulan puasa, persoalan bau mulut menjadi hal yang butuh solusi untuk dituntaskan. Setelah kemarin membahas soal hukumnya sikat gigi saat puasa. Dan keduanya ada kaitannya juga.

Bau mulut datang ketika kebersihan mulut dan gigi tidak dijaga dengan baik. Apalagi yang memang melakukan aktivitas yang secara tidak langsung menimbun kuman penyebab bau mulut, seperti merokok, sering makan makanan tertentu dan malas menyikat gigi.

Lalu, bagaimana mengatasi masalah bau mulut yang bikin kita tidak nyaman bahkan bisa jadi memicu untuk muntah?

cara menghilangkan bau mulut dengan cepat

Simak yuk 7 cara menghilangkan bau mulut dengan cepat dan mudah berikut ini!

#1. Perbanyak Minum Air Putih

Siapa sangka manfaat air putih ternyata banyak, salah satunya justru bisa mengurangi bau mulut. Kuman-kuman yang ada di dalam mulut bisa sesekali dihilangkan dengan rajin minum air putih. Sisa-sisa makanan yang menempel di mulut, gigi dan gusi, bisa dibilas dengan minum air putih. Kalau pun tidak minum dan hanya berkumur juga bisa.

#2. Berhenti Merokok

Merokok memang sudah sangat umum diketahui menjadi pemicu segala jenis penyakit. Bahkan penyakit yang berbahaya pun bisa diakibatkan dari kebiasaan merokok. Apalagi masalah ringan seperti bau mulut. Kalau lihat perokok berat, sejumlah giginya akan mengalami pencoklatan dan otomatis kerak cokelat yang lama-kelamaan menghitam tersebut akan menjadi pemicu bau mulut.

Tak hanya bau nikotin dan tembakau yang bisa tercium, bau mulut akibat campuran sisa makanan dan kuman yang bersarang di gigi dan gusi, bisa menyatu dan akhirnya mengakibatkan mulut menjadi bau. Jadi, berhenti merokok adalah jalan tepatnya.

#3. Sikat Gigi Secara Teratur

Bau mulut orang yang berpuasa memang bisa dimaklumi apalagi ada hadis yang mengatakan bahwa bau mulut orang berpuasa itu ibarat wangi kesturi di surga kelak. Namun, bukan berarti kemudian tidak menjaga atau berusaha menghilangkan bau mulut hanya dengan berpatokan pada hadis tersebut.

Sebab, kita tetap harus bersosialisasi dengan masyarakat jadi tetap harus menjaga harga diri. Tidak akan elok ketika bau mulut menjadikan orang tidak respek dengan kita, bukan?

Sikat gigi secara teratur meskipun dalam bulan puasa tidak jadi penghalang. Bisa cek tulisan saya sebelumnya tentang 4 waktu sikat gigi saat puasa.

#4. Berkumur Saat Wudhu dengan Benar

Siapa sangka kalau anjuran berwudhu sebelum beribadah adalah salah satu jalan untuk mensucikan fisik kita? Salah satunya adalah dengan berkumur-kumur. Tujuan berkumur saat wudhu tidak lain adalah membantu kita untuk membersihkan mulut, gigi dan gusi sembari berharap Allah juga ikut membersihkan dosa-dosa kita.

Maka bersyukurlah sebagai ummat Islam yang dengan berkumur saat wudhu bisa jadi jalan untuk menghilangkan bau mulut. Secara logika memang sulit diterima, namu ketika keyakinan itu ada insya Allah pun dimudahkan.

#5. Menggunakan Obat Kumur

Salah satu dari 7 cara menghilangkan bau mulut dengan cepat lainnya adalah menggunakan obat kumur. Sekarang sudah banyak dijual obat kumur agar bau mulut bisa dicegah. Bahkan cara ini juga termasuk menghilangkan bau mulut dengan cepat. Namun, hati-hati saat penggunaannya agar tidak tertelan.

#6. Konsumsi Makanan Sehat

Apa yang kita makan itu juga berpengaruh pada kesehatan seluruh tubuh. Termasuk bau mulut kita sendiri. Sering makan makanan yang mengandung gas, asam bahkan berbau tajam seperti bawang putih, bawang merah dan sejenisnya. Jika memang harus, maka sebaiknya melakukan pembersihan mulut sebelum mengadakan perbincangan dengan orang lain agar mereka tidak merasakan bau mulut saat kita sedang bicara.

#7. Hilangkan dengan Permen

Mengunyah permen karet dengan rasa mint bisa menjadi langkah menghilangkan bau mulut juga. Namun, hasilnya tidak permanen hilang. Setelah permen habis dan beberapa saat berlalu, bisa saja bau mulut kembali ada. Namun, untuk mencegah sementara memang bisa dilakukan.

***
Well… itulah 7 cara menghilangkan bau mulut dengan cepat yang bisa dilakukan. Sekali lagi, langkah di atas bisa saja memiliki hasil berbeda satu sama lain. Tergantung sejauh mana parah tidaknya bau mulut yang diderita. Kalau misalnya sudah menginjak pada bau mulut kronis, maka sebaiknya konsultasi dengan dokter gigi untuk hasil yang maksimal.

Leave a Reply

Instagram