Blogging Info Kesehatan Kuliner Reportase

4 Jenis Kambing Penghasil Susu Terbaik

4 Jenis Kambing Penghasil Susu Terbaik – Dewasa ini banyak sekali produk susu yang beredar di Indonesia. Dan akhir-akhir ini produk susu yang populer adalah produk susu dari kambing. Kebanyakan masyrakat di Indonesia sudah terdidik bahkan dari kecil sudah terbiasa mengkonsumsi susu sapi. Susu sendiri merupakan makanan sekaligus minuman yang menyempurkan 4 sehat 5 sempurna. Apakah kalian pernah mencicipi susu kambing?

Ternyata rasa susu kambing tidak kalah gurihnya dengan susu sapi, tetapi masih kalah dari segi produksinya dikarenakan jumlah kambing yang bisa diperah masih terbatas. Beberapa masyrakat juga ada yang tidak terlalu gemar mengkonsumsi susu kambing dikarenakan susu kambing memiliki bau yang sangat khas dan kuat daripada jenis susu lainnya. Tetapi dibalik bau tersebut, ternyata susu kambing sangat menyehatkan, bahkan ada yang bilang khasiatnya hampir menyerupai ASI.

Susu kambing juga lebih mudah dicerna dan diserap oleh  tubuh karena partikel lemaknya yang lebih kecil. Bagi kalian yang punya alergi dengan laktosa atau lactose intolerant bisa mencoba mengkonsumsi susu kambing karena kandungan laktosanya lebih rendah.

Selain banyak manfaatnya untuk kesehatan, ternyata susu kambing juga bisa digunakan sebagai perawatan kecantikan. Banyak sekali praktisi kecantikan yang menggunakan susu kambing sebagai bahan utama produk kecantikannya. Banyak masker, lulur bahkan krim wajah yang beredar di pasaran menggunakan susu kambing sebagai bahannya.

Bagaimana dengan kalian, guys? Apakah kalian tertarik dengan susu kambing dan ingin mengkonsumsinya? Sebelum mengkonsumsi susu kambing, kita harus mengenal kambing jenis apakah yang dapat menghasilkan susu kambing berkualitas. Penasaran nggak nih dengan jenis kambing yang menghasilkan susu terbaik? Berikut ini adalah uraian 4 jenis kambing penghasil susu terbaik:

Kambing Etawa

Posisi pertama ditempati oleh kambing Etawa. Kambing satu ini sudah sangat populer di Indonesia dan banyak didistribusikan. Produk susu kambing dari jenis kambing Etawa sangat sering kalian temui entah itu di apotek ataupun di swalyan, produk susu kambing Etawa merupakan produk susu nomer satu yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia.

Lalu, darimana kambing jenis ini berasal? Kambing Etawa sendiri asalnya dari India yang juga disebut dengan kambing Jamnapari. Jenis kambing ini sangat populer di Indonesia karena kandungan gizinya yang melimpah. Susu kambing Etawa mengandung fosfor, kalsium, sodium, flourin, dan masih banyak lainnya.

Tidak hanya bisa membantu menyembuhkan penyakit seperti asma dan TBC, tetapi susu kambing Etawa juga bisa berkhasiat untuk meningkatkan sistem pertahanan tubuh dan juga untuk kecantikan kulit. Ibu hamil dan menyusui juga lebih aman mengkonsumsi susu kambing daripada susu sapi. Hal ini disebabkan susu kambing memiliki kandungan laktosa yang rendah sehingga juga cocok untuk siapa saja yang memiliki alergi dan sensitifitas terhadap laktosa.

Kambing Nigerian Dwarf

Sesuai dengan namanya, kambing ini punya ukuran yang cukup kecil, yaitu hanya sekitar 18 inchi atau hanya 47 cm saja. Tetapi meski ukurannya yang mungil, kambing ini bisa memproduksi susu setiap harinya 1 sampai 2 liter, jumlah yang cukup banyak untuk kambing seukurannya. Nigerian Dwarf lebih populer di negara-negara Eropa dan Amerika terutama untuk diternakkan di peternakan kecil. Kambing ini mengandung sekitar 6% butterfat atau lemak susu sehingga teksturnya creamy dan lembut sehingga banyak dimanfaatkan untuk membuat eskrim, keju, dan yoghurt. Tetapi jangan sedih, kita juga bisa menikmati susu kambing ini karena di Indonesia produk olahan susu kambing Nigerian dwarf sudah tersedia di toko online, maupun distributor susu kambing.

Kambing Nubian

Susu kambing Nubian merupakan susu kambing yang paling populer di negara Barat. Kandungan butterfat-nya cukup tinggi yaitu sekitar 5% sehingga banyak dimanfaatkan untuk membuat produk susu. Ditambah dengan ukurannya yang cukup besar, produksi susunya pun lumayan banyak yaitu sebanyak 1 sampai 2 galon setiap hari. Kambing Nubian sendiri merupakan peranakan yang unik dan mulai dikembangkan di Inggris pada tahun 1800-an. Di Indonesia, susu kambing ini juga sudah ada sejak jaman penjajahan Inggris, tetapi hanya bisa dinikmati oleh tentara Inggris, serta para bangsawan saja. Sekarang, susu ini sulit dicari keberadaannya di Indonesia karena kambing Nubian di Indonesia sangat sedikit jumlahnya.

Kambing LaMancha

Banyak orang yang mengira kalau kambing LaMancha berasal dari Amerika, padahal kambing unik ini berasal dari Spanyol. Kambing ini unik dan berbeda dari varietas kambing penghasil susu lainnya karena nyaris tidak memiliki daun telinga, padahal pendengarannya cukup baik. LaMancha termasuk salah satu jenis kambing yang menjadi favorit karena bisa menghasilkan banyak susu dalam sehari. Rasa susu yang dihasilkan pun sangat gurih dan lebih padat. Sehingga banyak sekali produk yoghurt, serta keju yang menggunakan susu kambing ini sebagai bahan utama.

***

Well… bagaimana dengan informasi di atas? Saya berharap ada tambahan wawasan tak hanya untuk diri saya pribadi tetapi juga dengan pembaca sekalian. Dan diantara jenis kambing di atas, manakah yang membuat teman-teman penasaran untuk mencoba susunya? Share, yuk! 

10 Comments

  1. Mechta September 14, 2018
  2. Uniek September 16, 2018
  3. HM Zwan September 16, 2018
  4. Novri September 17, 2018
  5. Li Partic September 17, 2018
  6. Li Partic September 17, 2018
  7. Bundasugi September 17, 2018
  8. Nurulrahma September 17, 2018
  9. Heizyi September 20, 2018
  10. Dwi Aprilytanti Handayani September 22, 2018

Leave a Reply

Instagram