Blogging Suara Hati

3 Skill yang Saya Tekuni Saat Ini

Kalau ditanya soal skill, pasti saya bingung juga jawabnya. Karena saat ini saya sedang berusaha menekuni lebih dari satu skill untuk mencapai tujuan sebagaimana tujuan hidup. Memang sih terkadang membuat saya akhirnya tampak (sok) sibuk. Sehingga sesekali suara sumbang bermunculan, baik secara lisan maupun tulisan. Namun, mendengarkan semua yang membuat tidak semangat justru menjadi langkah awal untuk tidak berbuat apa-apa, bukan?

Courtesy: Freepik

Kalau mau kepo dengan 3 skill yang saya tekuni saat ini adalah sebagai berikut:

#1. Fotografi

Sejak diberi rezeki memiliki kamera yang lebih baik dari sebelumnya, saya terpacu untuk terus mengikuti informasi seputar fotografi. Bahkan sudah tak terhitung komunitas fotografi yang saya ikuti. Sejumlah workshop pun saya jalani untuk mengetahui setiap seluk-beluk angle sehingga tidak menghasilkan foto yang itu-itu saja.

Tidak hanya workshop yang gratis, nekat mengeluarkan dana yang tidak sedikit pun saya lakukan untuk itu. Apalagi jika narasumber yang dihadirkan memang sudah terkenal dengan kemampuannya dalam bidang fotografi. Sungguh sangat sayang untuk dilewatkan.

Mengapa menguasai ini? Karena sebagai blogger juga harus menampilkan foto-foto yang bagus sebagai pelengkap konten blog. Bahkan biasanya pembaca setia saya lebih senang berlama-lama membaca artikel kalau fotonya bagus.

Selain itu, saya juga sudah membuka jasa foto produk dengan biaya terjangkau pada akun Instagram @katalensaku. Tujuannya adalah untuk memberdayakan kamera yang sudah dititipkan Allah pada saya. Setidaknya saya bisa mempertanggungjawabkan terhadap apa yang diberikanNya kelak ketika ditanya.

#2. Editing

Jujur saja, saya masih lemah soal mengdit naskah saya sendiri. Karena mungkin saya masih kurang banyak membaca dan memperbaharui pengetahuan saya dalam hal kepenulisan, seperti EBI dan juga perbendaharaan kata.

Jadi, sejak diinformasikan kalau ada kelas editing dengan biaya terjangkau, saya ikuti dengan seksama. Bahkan saya mencoba untuk terus menyimak tips dan trik dalam mengedit naskah.

Mengapa saya perlu skills ini? Karena membuat artikel itu mudah. Namun untuk membuat orang dengan mudah membaca artikel tersebut yang butuh effort lebih. Tidak semua artikel yang telah terbit di blog puny abaca pembaca. Maka proses editing agar tampak lebih menarik gaya bahasanya sangat diperlukan.

#3. Parenting Style

Tidak semua orang tua kemudian mampu memberikan pelayanan terbaik terhadap anaknya. Untuk itu saya selalu upgrade diri untuk mempelajari parenting style yang terbaik untuk anak. Apalagi sekarang si kecil sudah masuk usia sekolah. Makin banyak hal yang harus saya pelajari. Bahkan boleh dibilang kalau saya kembali bersekolah karena mempelajari hal-hal baru lagi.

Selain itu, di usia sekolah anak-anak juga membutuhkan keterampilan yang lebih dari sebelumnya. Untuk itu saya mencoba menambah pengetahuan anak dengan berbagai kegiatan, salah satunya playdate. Namun, saya juga harus yakin jenis playdate yang baik dan bukan sembarangan.

***

Well… itulah 3 skill yang saya tekuni saat ini agar benar-benar bisa mencapai tujuan saya. Memang tidak sebagus skill yang orang lain butuhkan dalam hidupnya, tetapi inilah saya dengan apa yang harus saya jalani.
Kalau kalian sendiri ada yang sama nggak dengan skill di atas?

Leave a Reply

Instagram