Blogging Suara Hati

3 Manfaat Menulis Setelah Menghadiri Event

3 Manfaat Menulis Setelah Menghadiri Event – Fenomena blogger diundang ke sebuah event sekarang memang menjadi sebuah pemandangan yang “seksi” lho. Perjuangan masing-masing blogger dalam rangka menghadiri dan memberikan laporan sebuah event sudah bukan lagi tugas yang baru. Selain kewajiban karena ada upah di baliknya, tetap saja akan dinilai sebagai bentuk apresiasi terima kasih kepada brand yang mengundang.

Nah, bagaimana jika kemudian fenomena menghadiri event yang tidak menjanjikan apa-apa kepada blogger selain (mungkin) goodiebag? Hmm… siapa nih yang pernah mengalami hal seperti ini? Atau mungkin sekadar goodiebag pun tidak disediakan misalnya? Apakah tetap menulis dengan prinsip tetap menghargai yang mengundang atau bagaimana? Atau malah pilih-pilih brand yang akan ditulis jika mengalami hal tersebut?

Well… itu sih kembali dari prinsip masing-masing ya. Kalau saya pribadi memang sebelum menghadiri event selalu bertanya kewajiban yang harus saya lakukan, saat event berlangsung dan setelahnya. Hal tersebut untuk semakin yakin dan jelas tujuan menghadiri event. Ketika tidak disampaikan seperti itu, menuliskannya di blog memang menjadi pilihan. Yes or No terletak pada keputusan atas pilihan itu sendiri. Saya pasti akan menuliskannya jika memang banyak pesan yang tersirat di dalam event tersebut. Karena mau tidak mau ada manfaat tersendiri dengan menulis.

Berikut ada 3 manfaat menulis setelah menghadiri event yang saya rasakan:

  • Blog Ter-update; apa sih yang paling membahagiakan seorang blogger jika bukan blog-nya bisa update berkala? Karena kebanyakan blog yang update pun tidak akan jauh-jauh dari yang namanya rezeki. Tulisan mengenai event bisa menjadi satu postingan Dua pun bisa jika memang ingin dibuat berseri, hehe.
  • Kaya Kosakata; menghadiri sebuah event pasti ada tambahan ilmu baru, baik itu wawasan bahkan yang paling sederhana adalah kosakata baru. Dengan menuliskannya di blog secara tidak langsung melatih kita untuk “kaya”. Kita bisa menulis kalimat dengan kata baru yang diperoleh. Bahkan yang lebih bermanfaat ketika dibaca oleh orang lain, mau tidak mau mereka pun menambah wawasannya tersendiri lewat tulisan kita. Apakah itu bukan amal jariyah namanya?
  • Portofolio; menulis di blog tentang event yang dihadiri pun bisa menjadi portofolio kita sebagai Pihak agensi yang menyebar di seluruh penjuru bumi ini mau tidak mau menjadikan tulisan-tulisan di blog kita sebagai acuan. Ya, apalagi kalau bukan acuan untuk mengajukan kerjasama dengan kita sebagai blogger. Kalau sudah seperti ini, masih enggan menulis?

3 manfaat menulis setelah menghadiri event di atas memang terbilang sedikit, tetapi bagi saya itulah yang paling utama selama ini. Bahkan saya semakin banyak belajar agar tulisan yang saya tuangkan tetap bisa dipahami oleh pembaca setia saya (syukur-syukur kalau dinantikan selalu). Kalau pun di mata orang lain masih biasa saja, setidaknya pasti ada yang merasa bahagia di ujung bumi nun jauh di sana.

2 Comments

  1. Qudsi July 21, 2017
  2. Hilda Ikka July 28, 2017

Leave a Reply

Instagram