Writing Revolution dalam Kaca Mata DK yang Suka Menulis

Writing Revolution yang kemudian disingkat dengan sebutan WR adalah salah satu sekolah menulis online (SMO) yang ada di Indonesia. Writing Revolution (baca: WR) terbentuk dari tangan seorang pemuda berdarah Riau. Sosok pemuda yang gigih, bernama Joni Lis Effendi, membentuk sekolah menulis online ini ternyata tidak begitu mudah. Berbagai jenis halangan dan rintangan harus menjadi tonggak berdirinya Writing Revolution.

Sekolah menulis online ini lahir pada tanggal 21 Desember 2010. Sampai detik ini (terhitung tanggal 5 Mei 2012) peserta yang tergabung dalam sekolah menulis online Writing Revolution adalah  1.150an orang. Sebuah jumlah yang tidak sedikit. Writing Revolution itu sendiri terbagi atas beberapa sub kelas yang dikenal dengan sebutan Warga WR 01, 02 hingga saat ini sudah mencapai WR 10. Masing-masing anggota dari tiap WR juga tidak sedikit, yaitu berkisar antara 50 hingga 100an orang.

Writing Revolution dalam Kaca Mata DK yang Suka MenulisAwal mengenal Writing Revolution adalah  ketika hobi menulis hanya dapat tersalurkan lewat diary yang sudah berjilid-jilid dan tulisan-tulisan yang disimpan dalam Microsoft Office Word. Kesenangan menulis yang akhirnya juga merambah di dunia blogging menyeret pandanganku pada sebuah blog tentang menulis dahsyat. Ternyata, blog tersebut adalah milik dari Writing Revolution yang dinahkodai oleh PP Joni Lis Effendi.

Tidak serta merta kemudian menjadi anggota WR. Perlu berhari-hari bahkan beberapa bulan harus berfikir tentang sekolah menulis online tersebut. Biaya pendaftaran yang kala itu masih dibawah kesanggupan, bukanlah hal yang mendasari sehingga menunda-nunda. Semuanya kembali kepada mutu sekolah menulis online tersebut.

Setelah melihat, memikirkan dan menimbang, maka kemudian keputusannya adalah menjadi peserta sekolah menulis online dalam hal ini terkhusus pada cerpen, novel, artikel dan puisi yang masing-masing disingkat dengan SMCO, SMNO, SMAO dan SMPO. Semua saya ikuti dengan tujuan adalah menjadi penulis meski bersumber dari hobi saya yang memang suka menulis.

Seiring dengan berjalannya waktu, saya tidak pernah menyangka jika menjadi salah satu Kepala Suku di Writing Revolution, tepatnya Kepala Suku untuk Warga WR 07 (angkatan ketujuh untuk peserta SMCO). Penghargaan sekaligus amanah yang tidak kecil dalam hidup saya. Bersama seluruh anggota dan warga WR07, melahirkan karya sebagai bentuk kebersamaan yang baik.

Selain itu, kini Writing Revolution juga sudah merambah ke dunia bisnis online dengan membuka sebuah usaha penerbitan buku. Penerbit Writing Revolution, menerbitkan buku tanpa menguras isi kantong. Tentu saja tidak terlepas dari kualitas buku yang diterbitkan. Adapun judul-judul buku yang telah diterbitkan oleh WR antara lain:

  1. Narsis Unlimited
  2. Dalam Genggaman Tangan Tuhan (sekedar informasi, sampul dari buku ini adalah hasil kreasi yang saya buat dalam lomba desain sampul buku yang diadakan oleh WR)
  3. Tersesat di Jalan yang Benar
  4. Cara Dahsyat Menulis Cerpen dengan Otak Kanan

Writing Revolution dalam Kaca Mata DK yang Suka Menulis

Di Sekolah Menulis Online Writing Revolution, tidak hanya ilmu tentang menulis yang saya dapatkan. Kebersamaan, keceriaan, kerinduan bahkan cinta bercampur menjadi satu hingga menjadikan seluruh anggotanya tetap bersinergi dalam menuliskan karya-karya.

NB: Berminat jadi anggota dan menghasilkan karya seperti teman-teman WR lainnya??? silakan kunjungi www.writing-revolution.blogspot.com

2 Responses to “Writing Revolution dalam Kaca Mata DK yang Suka Menulis”
  1. Mugniar says:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *