Wisata Impian Sang Penjelajah Alam

Wisata Impian – Begitulah tema yang harus menjadi fokus penulisan kali ini. Sebelum membahas lebih jauh tentang segala hal yang menyangkut Wisata Impian, ada baiknya memulai tulisan ini dengan memperkenalkan dari dasar hingga pembahasan yang lebih kompleks.

Wisata Impian dalam Definisi

Dilihat dari segi kosakata, Wisata Impian terdiri atas dua suku kata, yaitu Wisata, dan Impian. Terdapat berbagai definisi tentang wisata itu sendiri menurut para ahli di bidangnya. Salah satu definisi Wisata menurut ahli yang saya angkat disini adalah definisi yang dikemukakan oleh James J. Spillane (1982). Beliau mengatakan bahwa wisata adalah kegiatan melakukan perjalanan dengan tujuan mendapatkan kenikmatan, mendapatkan kepuasan, mengetahui sesuatu, memperbaiki kesehatan, menikmati olahraga atau istirahat, menunaikan tugas, berziarah dan lain-lain. Sedangkan definisi impian menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah sesuatu yang diinginkan atau diidam-idamkan. Jadi, secara umum wisata impian adalah perjalanan yang sangat diinginkan/diidam-idamkan ke suatu tempat dengan tujuan mendapatkan kenikmatan, baik berupa kenikmatan lahiriah maupun batiniah.

Jenis-Jenis Wisata sebagai Faktor Penentu Wisata Impian

Beranjak dari definisi, wisata itu sendiri memiliki berbagai jenis. Kali ini akan saya lebih fokuskan pada jenis wisata berdasarkan letak geografisnya dan tujuan melakukan wisata. Jenis wisata berdasarkan letak geografisnya dibagi menjadi 3 (tiga) yaitu:

  1. Wisata Nasional
  2. Wisata Regional
  3. Wisata Internasional

Sedangkan wisata yang dilakukan berdasarkan tujuan, terbagi atas 3 (tiga), yaitu :

  1. Wisata Bisnis
  2. Wisata Liburan
  3. Wisata Pendidikan

Wisata Liburan menjadi Wisata Impian Domestik dan Mancanegara

Wisata liburan adalah salah satu jenis wisata impian yang seringkali menjadi salah satu agenda dalam kehidupan seseorang. Tidak sedikit yang menginginkan untuk mendatangi tempat-tempat wisata yang memberikan pesona dan panorama keindahan yang tidak terbeli dengan uang. Tidak hanya bagi wisatawan domestik, wisatawan mancanegara juga menjadikan wisata liburan sebagai salah satu wisata impian mereka.

Melakukan perjalanan dengan konteks wisata liburan sebagai wisata impian, tentu saja membutuhkan pengetahuan yang lebih banyak sebelum berangkat ke tempat wisata tersebut. Sebab, wisata impian itu hadir ketika mendengar, membaca atau menyaksikan (di layar televisi ataupun internet) tentang keindahan suatu lokasi yang menjadi arena wisata. Bahkan, tidak sedikit diantara kita yang melakukan riset dengan membandingkan informasi yang satu dengan yang lainnya tentang wisata impian yang ingin dikunjungi tersebut.

Sulawesi Selatan adalah Surga Wisata Impian yang Paling Mempesona

Wisata impian yang mengguncang semangat dan adrenalin untuk dikunjungi adalah lokasi-lokasi wisata yang berada di Sulawesi Selatan. Di propinsi Sulawesi Selatan ini, tersebar ratusan wisata yang indah dan menawan serta mencirikan kebudayaan khas daerah di sekitarnya. Adapun lokasi wisata impian yang dimaksud adalah sebagai berikut:

Wisata Impian di sekitar wilayah Kota Makassar

  • Pantai Losari, panorama pantai yang menggoda
  • Benteng Rotterdam, keunikan sejarah zaman pemerintahan Raja-Raja dahulu
  • Tanjung Bayam, keindahan lepas pantai yang menyuarakan kesejukan
  • Pantai Akkarena, sisi lain dari keindahan pantai dengan berbagai fasilitas yang istimewa
  • Benteng Somba Opu, wisata budaya yang memperlihatkan keindahan budaya seluruh Sulawesi Selatan (rumah adat)
  • Trans Studio, lokasi wisata dengan wahana permainan indoor

cats3 Wisata Impian Sang Penjelajah Alam

cats Wisata Impian Sang Penjelajah Alam

Wisata Impian di sekitar wilayah Kabupaten Maros

  • Bantimurung, lokasi wisata yang kompleks. Pesona air terjun, goa mimpi, museum kupu-kupu adalah pemikat hati bagi siapa saja yang beruntung.
  • Leang-Leang, wisata yang mengingatkan kembali sejarah masa silam

 

Wisata Impian di sekitar wilayah Kabupaten Bulukumba

  • Tanjung Bira, pesona pantai pasir putih yang tiada duanya

Wisata Impian di sekitar wilayah Kabupaten Soppeng

  • Lejja’, pesona permandian yang melenakan raga
  • Ompo’, permandian air panas yang masih lestari

Wisata Impian di sekitar wilayah Kabupaten Pangkep

  • Mattampa’, arena water boom yang dimodifikasi dengan panorama alam yang menyejukkan
  • Sumpa’ Bita, lokasi wisata yang menantang kekuatan fisik

Wisata Impian di sekitar wilayah Kabupaten Sidrap

  • Wette’e, daerah yang berbatasan langsung dengan Danau Tempe menjadikan pesona bahari nampak indah

Wisata Impian di sekitar wilayah Kabupaten Gowa

  • Malino, daerah air terjun dan sejumlah villa dengan suhu rendah menjadikan lokasi wisata ini nyaman.
  • Balla’ Lompoa, potret sejarah yang masih tetap berdiri kokoh di tengah derasnya modernitas.

Wisata Impian di sekitar wilayah Kabupaten Bantaeng

  • Kebun Strawberry, kebun yang berada di puncak gunung ini memanjakan kita dengan sejumlah tanaman sayuran dan buah yang segar.

Dan masih banyak lagi objek wisata yang menjadi wisata impian bagi siapa saja, tidak hanya bagi saya sendiri.

Harapan dan Keinginan akan Sebuah Wisata Impian

Sebagai salah satu makhluk Tuhan yang mencintai keindahan, wisata impian yang selalu ada di benak saya adalah sebuah lokasi yang tidak hanya memadukan unsur budaya, religi, sejarah dan juga modernitas, tetapi membangun sarana dan prasarana yang menunjang. Sebagai contoh misalnya pada objek wisata Bantimurung. Saya sangat berharap kedepannya dapat memajukan fasilitas bagi pengunjung yang memiliki hobi sebagai penulis blog seperti saya.

Mengapa hal ini saya inginkan? Sebab, wisata impian itu sendiri tidak akan pernah membatasi pengunjung untuk melakukan hobinya (dalam konteks yang wajar). Justru di tempat wisata itulah saya ingin melampiaskan segala jenis ekspresi dengan menuangkannya lewat tulisan. Seketika dapat dibagikan ke seluruh penjuru dunia bahwa saat ini saya sedang berada di daerah wisata impian. Dengan begitu, seluruh mata di dunia ini akan membaca dan melihat keindahan alam wisata yang sedang dikunjungi saat itu. Jaringan Internet dan Wifi sangat saya butuhkan dimanapun berada sehingga setiap waktu tidak ketinggalan arus informasi meskipun dalam kondisi sedang berwisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *