Tips Mudik Aman, Nyaman dan Selamat

Informasi yang dijumpai saat ini di media elektronik maupun media cetak, tidak lain mayoritas seputar mudik lebaran 1436 H. Mulai dari mudik jalur darat, udara hingga jalur laut. Semuanya dikerahkan demi menyambut hari istimewa, Hari Raya Idul Fitri. Berbagai pihak yang berhubungan dengan aktivtas tahunan satu ini pun memaksimalkan kinerja agar lalu lintas tetap berjalan lancar meskipun ramai.

Tips Mudik Aman, Nyaman dan Selamat

Sumber: www.katakatagambar.com

Nah, bagi para pemudik, salah satunya saya sendiri, sebaiknya memperhatikan tips mudik aman, nyaman dan selamat berikut ini:

  • Baca doa perjalanan berkali-kali. Setiap melakukan kegiatan pasti dimulai dengan doa. Terlebih lagi jika akan melakukan perjalanan. Allah sangat berperan akan keselamatan perjalanan sehingga sangat tidak bisa dipungkiri untuk terus memohon padaNya. Tak ada salahnya jika dalam perjalanan terus berdoa atau berdzikir. Selain akan merasa tenang, pahala pun terus mengalir.
  • Luruskan niat. Hal ini penting karena niat adalah yang paling utama. Niatkan mudik sebagai salah bentuk ibadah karena akan menjalin silaturahim. Bukan karena ingin memamerkan pakaian baru atau apa saja yang baru dimiliki saat lebaran nanti. Niat yang baik akan memberikan rasa nyaman dengan sendirinya.
  • Bawa yang hanya benar-benar dibutuhkan. Usahakan membawa barang yang penting saja. Isi lemari tidak perlu dipindahkan semua ke dalam koper atau tas pakaian yang akan dibawa. Membawa barang berlebihan tentu tidak akan memberikan rasa nyaman karena membutuhkan tenag ekstra untuk membawanya, bukan?
  • Pastikan tas atau barang bawaan sudah dikemas dengan rapi. Untuk koper, sebaiknya diberikan kunci gembok agar aman ketika akan dimasukkan ke bagian bagasi (jika menggunakan kendaraan umum). Untuk barang yang dijinjing, sebisa mungkin sudah dikemas rapi sehingga aman dan nyaman membawanya.
  • Servis Kendaraan Mudik. Ini penting bagi yang mudik dengan kendaraan pribadi. Dan sebenarnya juga menjadi peringatan pada setiap perusahaan kendaraan umum yang memiliki unit-unit kendaraan untuk digunakan oleh para pemudik.
  • Pastikan tempat tinggal yang ditinggal mudik juga aman dan sudah benar-benar dicek berulang kali. Hal ini untuk mencegah rasa was-was saat melakukan perjalanan mudik. Sangat tidak menyenangkan jika berada di kampung halaman bersama keluarga, tetapi pikiran terus khawatir.
  • Bila membawa bayi, sediakan makanan dan pakaian ganti di dalam tas yang mudah diambil saat berada dalam kendaraan mudik. Bayi yang tidak kenyang dan gerah biasanya akan rewel dalam perjalanan, apalagi jika karak tempuh lumayan jauh.
  • Bawa uang cash seperlunya saja. Jika dikhawatirkan tidak ada ATM atau sejenisnya di kampung halaman, sebaiknya penyimpanan uang cash tidak berada di satu tempat. Bisa disebar, misalnya sebagian di dompet, tas atau di dalam tas pakaian.

Nah, itu beberapa tips mudik aman, nyaman dan selamat yang bisa disimak. Jika ada kekurangan boleh ditambahkan sesuai dengan keperluan dalam perjalanan. Semoga mudik tahun ini lancar dan bisa berkumpul bersama keluarga.

4 Responses to “Tips Mudik Aman, Nyaman dan Selamat”
  1. Lidya says:
  2. Sarah says:
  3. budi says:
  4. inna says:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *