Tips Merawat Perlengkapan Dapur Agar Bersih Serta Sehat Digunakan

Tips Merawat Perlengkapan Dapur Agar Bersih Serta Sehat Digunakan – Aktivitas memasak tentunya akan lebih menyenangkan saat dibarengi dengan penggunaan alat-alat yang bersih, kondisi dapur yang wangi dan higienis. Pada kenyataannya dapur tak hanya digunakan sebagai tempat untuk menyajikan berbagai macam hidangan yang menggugah selera saja. Dapur juga bisa mempengaruhi kesehatan bagi setiap anggota keluarga. Coba dibayangkan saja saat kondisi dalam ruangan memasak ini kotor tentunya aneka sajian yang dihidangkan tak akan luput dari pencemaran bakteri. Untuk itu wajib menerapkan tips merawat perlengkapan dapur secara tepat.

Tips Merawat Perlengkapan Dapur Agar Bersih Serta Sehat Digunakan

Umumnya para ibu rumah tangga mungkin hanya sekadar merawat peralatan yang selesai digunakan untuk memasak maupun makan dengan cara mencucinya menggunakan sabun, namun apakah itu saja cukup? Ternyata tidak! Masih ada bagian-bagian lain yang kenyataannya harus menunjang kebersihannya agar tampak lebih kinclong dan higienis. Berikut ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjaga kebersihan dalam dapur, diantaranya:

  • Mengatasi bau makanan di dapur; tak bisa dipungkiri bahwa sebagai tempat untuk mengolah berbagai macam makanan, bau-bauan tertentu pasti akan langsung masuk ke indera penciuman setelah masuk ke area ini. Mulai dari bawang, terasi hingga amis dari beragam jenis daging-dagingan. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut alangkah baiknya selalu membuang sampah secara teratur agar tak tercium aroma pembusukan. Selain itu beberapa bahan makanan seperti daging hendaknya disimpan dalam kulkas. Jika bisa sebaiknya menggunakan pewangi ruangan di area ini.
  • Langsung cuci alat dapur yang kotor; salah satu tips merawat perlengkapan dapur agar tampak selalu cantik menghiasi tempat memasak adalah dengan menjaga kebersihannya. Cukup mudah, yaitu semua jenis peralatan yang selesai digunakan tidak ditumpuk terlalu lama di dalam bak cuci piring, tetapi langsung dicuci menggunakan sabun agar baunya hilang. Spons untuk cuci piring secara berkala sebaiknya diganti agar bakteri yang ada di dalamnya hilang dan alat makan akan selalu higienis.
  • Menghilangkan bau pada kotak plastik tempat makanan; dibandingkan dengan bahan berbentuk kaca maupun keramik pada kenyataannya kotak plastik makanan jauh lebih rentan terhadap bau, apalagi bau ikan yang sulit untuk dihilangkan. Solusinya mudah, gunakan air hangat, cuci dengan sabun kemudian bilas. Bisa juga menggunakan air jeruk nipis asli agar aromanya kian segar.
  • Atasi minyak dan lemak yang ada di sekitaran kompor; kadang satu bagian yang luput dari perhatian adalah kompor. Alat yang digunakan untuk memasak ini justru lebih mudah kotor dibandingkan dengan alat dapur yang lainnya. Hal ini disebabkan oleh cipratan minyak dan lemak yang ada di bagian dekat sumbu api. Cara membersihkannya cukup gunakan cairan pembersih khusus, semprotkan pada area yang berminyak, biarkan selama beberapa menit kemudian gosok dengan spons.
  • Jaga kebersihan kulkas; terkadang bau-bau yang kurang enak juga menghampiri kulkas. Beberapa cara mudah dalam mengatasi bau kulkas diantaranya, cukup mematikan kulkas, kemudian keluarkan semua bahan makanan yang ada di dalamnya, bersihkan, masukkan kembali bahan makanan ke tempatnya dan nyalakan. Sebaiknya juga membuang bahan makanan yang sudah membusuk agar bau tak kian menyengat.

Jika menerapkan 5 tips merawat perlengkapan dapur tersebut maka kondisi ruangan masak kian sehat untuk menyajikan berbagai jenis hidangan. Sebenarnya hidup sehat bisa dimulai dengan hal-hal yang sangat sederhana. Setuju kan?

Selain beberapa tips diatas,  ulasan dan artikel lainnya tentang perlengkapan rumah tangga yang aman digunakan bisa diperoleh dengan mengunjungi portal review terlengkap. Melalui portal review ini, kita bisa terbantu dalam memilih peralatan dapur yang sehat dan aman untuk digunakan sehari-hari.

Hmmm… apakah dapur kalian sudah bersih dan sehat juga?

3 Responses to “Tips Merawat Perlengkapan Dapur Agar Bersih Serta Sehat Digunakan”
  1. ilmo says:
  2. Ophi Ziadah says:
  3. Mbak Avy says:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *