Tips Liburan Sekolah

Libur telah tiba… Libur telah tiba… Hore… Hore… Hatiku gembira…

Bahagia dan juga bebas, adalah sebagian bentuk dari rasa yang bisa terpancarkan dari wajah anak-anak sekolah. Setelah kemarin semuanya sudah menerima Raport dari sekolah, banyak yang bahagia karena peringkatnya di kelas menjadi naik bahkan ada juga yang harus berbesar hati karena peringkatnya turun.

Namun, itu semua tidak menjadi sedih yang berkepanjangan, sebab anak-anak sekolahan hanya ingin menikmati liburan panjang setelah setahun menjalani rumitnya mengikuti pelajaran.

Liburan panjang yang berkisar sekitar 2-3 pekan ini, banyak dimanfaatkan untuk hal-hal yang positif, diantaranya pulang ke kampung, main sepuasnya di wahana Trans Studio atau bahkan ada yang membeli buku cerita untuk dibaca di rumah.

Nah, kali ini penulis akan memberikan beberapa tips untuk menghadapi liburan agar liburannya tidak sia-sia dan memiliki nilai kenangan (kalau perlu sejarah) yang tidak terlupakan…

  1. Ke kampung. Bagi adik-adik yang punya keluarga di kampung, sebaiknya meminta ayah dan ibunya mengantar kalian kesana. Sebab, di kampung, banyak hal yang kalian bisa pelajari. Mulai dari kondisi masyarakat sekitar bahkan bermain dengan anak-anak kampung dengan permainan tradisional. Tujuannya, melestarikan kebudayaan daerah sendiri. Jangan sampai dengan arus teknologi membuat kalian tidak lagi mengenal budaya kampung sendiri, khususnya permainan tradisional.
  2. Toko Buku. Bagi adik-adik yang hobinya suka membaca, silakan meminta sedikit uang dari orang tua untuk membeli buku-buku bacaan yang menarik, seperti Ensiklopedi Anak. Tujuannya kalian bisa membaca sambil bermain dengan buku tersebut. Bacaan Ensiklopedi adalah salah satu bacaan ringan untuk menemani hari-hari santai kalian di taman rumah.
  3. Menulis. Adik-adik pasti semua sudah pintar menulis kan??? Nah, mumpung kalian libur, sedikit demi sedikit, hari tiap hari, kalian mencatat semua apa yang kalian alami selama libur. Hal ini sebagai persiapan ketika masuk sekolah nanti, kalian kemudian diminta untuk menceritakan pengalaman ketika libur.
  4. Wisata Alam. Bagi adik-adik yang punya hobi jalan-jalan, sebaiknya memilih tempat jalan-jalan yang benar-benar alami. Mengapa? Selain sehat, kalian juga bisa mengangumi betapa besar keagungan Tuhan Yang Maha Esa, yang telah menciptakan alam semesta. Wisata alam juga banyak, misalnya ke pantai, tanjung, kaki gunung, air terjun. Tetapi jangan lupa diambil gambarnya yah agar seru pengalaman kalian.
  5. Memasak. Bagi adik-adik yang cewek, liburan adalah waktu yang tepat untuk membantu ibu memasak. Kalian juga bisa pandai membuat kue jika sering-sering membantu ibu di dapur. Kalian senang, ibu kalian juga pasti bangga.

Hmm, mungkin masih banyak lagi yang bisa kalian lakukan selama liburan dan pastikan bahwa itu bermanfaat…

Selamat liburan yah, adik-adik… ^^v

One Response to “Tips Liburan Sekolah”
  1. Ahmad says:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *