Tes CPNS2013 Tak Lama Lagi

Sejak beberapa waktu lalu, informasi seputar perekrutan pegawai/karyawan baru dalam CPNS2013 bertebaran di dunia maya. Kasak-kusuk informasi CPNS2013 mendadak heboh karena adanya pengumuman bahwa beberapa Kabupaten di wilayah Indonesia akan menggunakan sistem CAT sebagai alat untuk menjaring CPNS. Hal ini pun dibenarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), dengan dikeluarkannya Surat Edaran Nomor: SE/10/M.PAN-RB/08/2013pada tanggal 21 Agustus lalu, yang berisi jadwal pelaksanaan tes CPNS untuk kategori K-II dan Pelamar Umum.

Secara otomatis, seluruh calon pendaftar CPNS2013 harus lebih ekstra mempersiapkan diri untuk menembus tes tersebut. Karena sistem CAT (Computer Assisted Test) tersebut akan mendampingi tes LJK. Jadi, akan diadakan dua kali tes tahun ini. Memang tidak semua kabupaten, menurut informasi ada 12 Kabupaten yang siap, yang akan mengadakan sistem CAT, namun tetap saja seluruh pendaftar harus mempersiapkan diri lebih matang lagi.


Jadwal pelaksanaan tes CPNS2013 dilakukan secara bertahap dengan mendahulukan sistem CAT sebagai bentuk tes pertama. Dan menurut informasi sesuai surat edaran dari Kemenpan, tes CAT akan dilaksanakan akhir bulan September, yakni 28-29 September 2013. Sedangkan untuk tes menggunakan LJK, akan dilaksanakan pada bulan November sambil menunggu hasil pemeriksaan jawaban tes CPNS2013 dengan sistem CAT tadi.

Oleh karena itu, kesiapan mental dan materi sangat diperlukan. Beragam jasa yang memberikan simulasi berupa soal-soal latihan bahkan prediksi juga bermunculan. Namun, perlu diketahui bahwa yang namanya prediksi otomatis bukan mutlak bahwa semuanya akan muncul pada tes nantinya. Justru sebagai bentuk latihan untuk mengasah kesiapan dalam menjawab soal-soal tes CPNS2013 mendatang.

Salah satu jasa yang menyediakan contoh-contoh soal CPNS dari tahun ke tahun plus dengan pembahasan bisa didapatkan di SINI. Sesuai dengan pengalaman, soal-soalnya sangat membantu dalam menyelesaikan soal CPNS2012 lalu dan bisa mendapatkan nilai di atas dari nilai minimum yang ditetapkan oleh panitia penyelenggara CPNS2012.

Hanya saja tidak bisa lolos ke tes kedua karena alasan yang hingga kini tak kunjung jelas. Semua kembali pada wewenang pihak kampus yang saya tembak waktu itu. Dan tahun ini akan berusaha kembali dengan bantuan soal-soal CPNS2013 dan metode sistem CAT yang sudah saya pelajari di SINI.

Pendaftaran dan tes CPNS2013 tidak lama lagi. Sudah siapkah Anda menaklukkannya?

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *