Sun Life Future Plan Ajak Blogger Lebih Baik dengan Keuangan

Sun Life Future Plan Ajak Blogger Lebih Baik dengan Keuangan – Akhir Mei 2016 lalu ada kegiatan menarik yang diprakarsai oleh Sun Life Financial, yakni Sun Life Future Plan. Kegiatan ini berupa pameran dan seminar yang berlokasi di Pakuwon Trade Center (PTC) Mall Surabaya. Surabaya sendiri merupakan kota kedua dilaksanakannya kegiatan ini, setelah sukses pada bulan April lalu di Makassar. Pameran dan seminar tersebut sangat bermanfaat karena berisi informasi mengenai asuransi, investasi, dan kewirausahaan.

Tujuan diadakan kegiatan berupa pameran dan seminar ini adalah tidak lain untuk mengedukasi masyarakat, khususnya kota Surabaya, dalam rangka meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia dan sekaligus untuk mempersiapkan perencanaan keuangan dengan matang di masa mendatang. Dan pada tanggal 28 Mei 206 diselenggarakan seminar literasi dengan mengajak para blogger untuk semakin matang dalam hal keuangan.

Sun Life Future Plan Ajak Blogger Lebih Baik dengan Keuangan

Hal ini didasarkan pada data yang dilansir dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dalam seminar Insurance Outlook 2016, minat masyarakat Indonesia untuk berasuransi masih tergolong rendah. Sampai dengan akhir September 2015, tingkat penetrasi asuransi konvensional baru mencapai 2,51 persen*. Melihat fakta penetrasi tersebut, Sun Life menilai  penyelenggaraan rangkaian pameran dan seminar Sun Life Future Plan adalah langkah yang tepat untuk memfasilitasi masyarakat dalam memperoleh informasi terkait asuransi dan investasi.

Presiden Direktur Sun Life Financial Indonesia, Elin Waty, untuk itu mengatakan bahwa kami, di Sun Life, memiliki komitmen untuk membangun Indonesia ke arah yang lebih baik. Salah satu cara yang kami pandang dapat mendukung komitmen tersebut adalah dengan meningkatkan literasi keuangan masyarakat terlebih dahulu agar menumbuhkan minat masyarakat akan asuransi, investasi, dan kewirausahaan. Sehingga masyarakat menjadi sadar akan pentingnya merencanakan keuangan untuk masa depan sejak dini. Oleh karena itu pula, kami memanfaatkan kesempatan ini untuk memperkenalkan portal online dari kami, Bright Advisor.

Nah, pada tanggal 28 Mei 2016 lalu, Sun Life mengajak  para Blogger untuk sama-sama sadar akan pentingnya perencanaan keuangan dengan memperkenalkan portal online yang dinamai Bright Advisor. Portal online ini bisa diakses di http://brightadvisor.co.id. Dalam seminar kali ini juga hadir beberapa pembicara yang expert di bidangnya.

Penampilan pertama ada Ibu Joice Tauris Santi selaku financial planner independen terkemuka di Indonesia. Beliau memaparkan tentang Keuangan Sejak Dini, bahwa setiap orang memiliki mimpi dan untuk itu sudah seharusnya memiliki perencanaan yang matang. Kapan harus membuat perencanaan yang dimaksud? Dimulai dari sekarang, yaitu mulai dari menabung, menentukan target dan membuat dana darurat. Begitupun dengan uang perlindungan harus dianggarkan untuk mengurangi resiko. Dan resiko keuangan bisa diminimalkan dengan mentransfer resiko kepada perusahaan asuransi. Nah, situs Bright Advisor ini bisa dijadikan pedoman untuk resiko rencana finansial seperti kecelakaan, kematian, cacat seumur hidup, pensiun, pendidikan, darurat dan lain sebagainya. Fiturnya lengkap, bukan? Namun, perlu diperhatikan bahwa memilih asuransi pun harus sesuai kebutuhan. Sebaiknya tidak asal mengambil asuransi. Jadi, Sun Life Financial benar-benar akan mengarahkan nasabahnya afar tidak salah pilih.

Seminar keuangan memang biasanya tegang plus membosankan, tetapi Sun Life mampu menyiasati hal tersebut dnegan menghadirkan Mas Karjo untuk menampilkan Stand Up Comedy. Dan setelahnya dilanjutkan dengan hadirnya Mas Aditya Agung, seorang blogger fotografi. Beliau memaparkan bagaimana hobi bisa menjadi mata pencaharian. Beliau saat ini berkecimpung di sosial media dengan passion-nya dalam bidang fotografi. Inti pembicaraan beliau adalah bagaimana sebuah karya yang di-upload ke media sosial (Instagram) membentuk branding kemudian mendapatkan profit dan relasi yang banyak. Namun di balik semua itu, “Jadilah Diri Sendiri” adalah hal yang paling diharapkan. Karena penghasilan dan relasi akan datang sendirinya jika kita pun mencintai apa yang kita kerjakan, tanpa perlu berubah menjadi orang lain, apalagi mencuri karya orang lain. Be smart in social media!

***

Asuransi memang bukan barang riil. Tetapi dengan adanya asuransi, masyarakat teredukasi untuk disiplin (bayar premi setiap bulan), terjamin akan resiko yang tidak terduga dan lebih fleksibel karena saat ini sudah beralih ke sistem digital. So, rangkaian seminar dan pameran #SunLifeFuturePlan ini tidak lain adalah untuk menghasilkan kehidupan masyarakat, khususnya Blogger, yang #LebihBaik

3 Responses to “Sun Life Future Plan Ajak Blogger Lebih Baik dengan Keuangan”
  1. Mbak Avy says:
  2. Ilham says:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *