Sudoku: Bermain Angka untuk Kreativitas dan Melatih Konsentrasi

Sudoku: Bermain Angka untuk Kreativitas dan Melatih Konsentrasi inilah sebagai salah satu pengisi waktu luang jika tidak menulis. Tidak sedikit yang mengatakan bahwa Sudoku adalah permainan yang membuang-buang waktu. Tetapi tidak bagi saya karena Sudoku mampu melatih kreativitas angka serta konsentrasi.

Apa itu Sudoku?

Sebelum berbicara panjang lebar tentang cara bermain Sudoku, ada baiknya mengetahui arti Sudoku. Sudoku seringkali disebut sebagai “Kubus Rubik” abad ke-21. Sudoku merupakan teka-teki logika paralel yang unggul, sulit dan sepenuhnya membuat ketagihan bagi pecinta angka. Sudoku juga tidak mengharuskan pemainnya adalah orang-orang yang pintar atau bahkan genius di bidang Matematika.

Sejarah Sudoku

Permainan Sudoku ini sudah terkenal di negara Jepang pada tahun 1980-an. Asal mulanya Sudoku ini adalah ditemukannya kotak-kotak Latin pada abad ke-18 oleh para ahli Matematika berkebangsaan Swiss, yaitu Leonhard Euler.

Tujuan kotak-kota Sudoku ini adalah untuk melengkapi kisi-kisi, kolom, baris dan setiap blok dari sembilan kotak yang disediakan. Syaratnya angka yang diisikan ke dalam kotak tersebut adalah angka 1-9 namun tidak boleh mengulang angka-angka tersebut apalagi melewatkan satu angka dari angka 1-9 tersebut.

Bentuk Sudoku

Bentuk Sudoku adalah terdiri dari 9 baris (horizontal) dan 9 kolom (vertikal)), dimana setiap blok yang terdiri dari sembilan blok dibatasi dengan garis tebal sehingga 9 baris dan 9 kolom tadi menghasilkan 9 blok. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

Sudoku: Bermain Angka untuk Kreativitas dan Melatih Konsentrasi

Aturan Main Sudoku

Kotak-kotak kecil dari setiap baris, kolom dan blok diisikan dengan angka 1 -9. Perhatikan baik-baik kotak=kotak tersebut untuk melihat dimana angka-angka tersebut lebih dari sekali dalam tiga blok horixontal dan vertikal. Jika ada sebuah angka dalam kolom 1 muncul lagi dalam kolom 3, maka angka tersebut juga harus ada di kolom 2 dimanapun tempatnya.

Konsentrasi pada blok tertentu. Mulailah dengan blok yang sudah terisi angka yang paling banyak (karena biasanya kotak Sudoku sudah terisi beberapa angka untuk memudahkan). Susun blok tersebut dengan angka 1 sampai 9. Semakin banyak angka yang dimasukkan maka penyelesaian pengisian angka sudah mendekati akhir. Konsentrasi diperlukan untuk melihat blok sebelahnya atau bawahnya untuk memudahkan dalam penulisan angka yang hilang di kotak yang pertama tadi.

NB:

Sudoku melatih tingkat konsentrasi pada sesuatu (dalam hal ini angka) jadi untuk memahirkan dalam permainan Sudoku ini sebaiknya menyelesaikannya hingga akhir. Jika merasa sudah sedikit mahir, cobalah untuk kota Sudoku yang lebih sulit lagi.

Kreativitas dan Konsentrasi menjadikan diri kita sebagai pemikir yang benar-benar memikirkan sesuatu hal terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan. Sebab, jika salah mengambil keputusan maka semua yang ada di sekeliling kita juga akan berpengaruh, begitupun sebaliknya.

7 Responses to “Sudoku: Bermain Angka untuk Kreativitas dan Melatih Konsentrasi”
  1. uni says:
  2. Yaya Sukarya says:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *