Seputar Menulis Kreatif

Seputar Menulis Kreatif – Ingin abadi, menulislah! Kalimat ini yang kemudian membawa saya sampai sekarang. Menulis di blog meskipun tadinya ketika masih sekolah (zaman belum mengenal internet dan blog), entah sudah berapa banyak buku diary yang habis terisi. Baik itu diisi puisi atau sekadar curhat biasa ketika hati gundah gulan. Ehm…

Namun, seiring berjalannya waktu, Tuhan mengantarkan saya di tempat ini. Tempat yang saya kemudian bisa survive dan memenuhi kebutuhan hidup dengan menulis. Awalnya saya pun tidak pernah menyangka akan seperti ini. Tetapi akhirnya saya bisa bersyukur karena bisa melakukan pekerjaan menulis tanpa harus dipusingkan dengan rutinitas pekerjaan di luar rumah. Mengasuh anak sambil tetap bisa menulis pun saya lakukan sampai sekarang ini.

Seputar Menulis Kreatif

Hanya saja, menulis tidak melulu hanya mengutarakan kalimat demi kalimat. Saat ini pun semakin berkembang. Hingga menulis pun dibutuhkan kreativitas jika ingin tetap ambil bagian dan tak ketinggalan jauh dari yang lainnya. Hmm… rasanya di usia saya yang semakin tua ini, belajar hal-hal baru sebagai perkembangan metode menulis pun bukan jadi penghalang. Contohnya sebagai blogger, menulis di blog membutuhkan kreativitas, baik itu dari segi pengambilan sudut pandang, infografis bahkan foto-foto sebagai penunjang. Sehingga orang yang membaca pun tidak bosan, apalagi harus membaca lama di depan layar ponsel atau laptop.

Saya ada sedikit video pendek untuk memberikan motivasi seputar menulis kreatif. Ops… inilah salah satu juga menulis kreatif itu seperti apa. Penambahan video di sela-sela tulisan pun membuat pembaca terhibur dan jauh dari rasa jenuh. Tetapi, saya minta maaf sebelumnya karena video yang saya buat pun masih dalam proses belajar. Belum sebagus vlogger-vlogger yang sudah hits dan melanglang buana karena vlog-nya.

Nah, pada intinya menulis kreatif adalah menulis hal menarik tetapi tetap memperlihatkan ciri khas kita sebagai penulisnya. Kalau saya sendiri, orang mengenal dengan sebutan blogger serius. Alasannya karena kalimat demi kalimat yang tertuang di blog saya katanya formal sekali. Jarang menyematkan candaan bahkan terkesan kaku. Dari situlah julukan blogger kaku pernah hinggap dalam diri saya (mungkin) sampai sekarang. Tetapi kemudian saya tetap mencoba mengeksplor diri dengan belajar infografis dan video. Alasannya ya itu tadi, ingin menampilkan tulisan kreatif.

Jadi, kreativitas bisa diasah dan dipacu jika memang ada niat. Saya yang dulunya ogah memakai Ms. Excel, sekarang harus tahu dan kenal karena selama ini nyaman membuat infografis dengan software tersebut. Dan saya juga selalu berusaha mencari ide baru atau membahas sesuatu yang biasa dengan sudut pandang berbeda.

Salam kreatif!

6 Responses to “Seputar Menulis Kreatif”
  1. f.nugroho says:
    • Rahmah says:
  2. Ririe Khayan says:
  3. Andi Nugraha says:
  4. Jerri says:
  5. Rindang says:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *