Sejumlah Mimpi untuk Toko Online-ku, Raja Undangan

Merintis toko online saat ini sudah sangat mudah. Sudah banyak cara yang tersebar di internet mengenai bagaimana cara memulai usaha toko online dan hal-hal apa yang harus dibenahi agar tetap eksis di search engine. Jika tak ada waktu banyak membaca artikel-artikel tersebut di internet, cukup membaca Sukses Membangun Toko Online karya Carolina Ratri. Lika-liku seputar sistematika membangun toko online dibahas tuntas bahkan ada beberapa contoh toko online yang dapat dijadikan inspirasi.

Membangun Toko Online, Why Not?

Nih, Aku Sudah Punya Bukunya ^_^

Raja Undangan. Sebuah nama toko online yang dirintis sejak 2012 lalu dengan tetesan keringat dan cucuran air mata (*lebay mode on 😀 ). Yah, memang sebuah cita-cita dan mimpi tidak mudah diraih begitu saja. Banyak hal yang harus diusahakan bahkan dikorbankan untuk menjadikannya terus berkembang. Dan itulah yang sedang kami (saya dan suami) lakukan untuk menaklukkan dunia maya (*lebay lagi)

Raja Undangan yang bergerak di bidang jasa pembuatan undangan pernikahan, kini mulai menampakkan jati dirinya. Berada di halaman pertama search engine sungguh sangat membantu lancarnya income yang kami peroleh setiap bulannya. Jika di awal membuka toko online Raja Undangan ini hanya mendapatkan pesanan dari wilayah Surabaya dan sekitarnya, kini undangan pernikahan yang kami buat sudah menyebar dari Sabang sampai Merauke. Dan sekedar informasi, mayoritas customer Raja Undangan berasal dari Manado dan Kalimantan.

Raja Undangan

Tampilan Contoh-Contoh Undangan Pernikahan made in Raja Undangan

Awalnya, kami khawatir kepada calon customer yang berada sangat jauh dari Surabaya, seperti Papua. Karena otomatis akan terbebani biaya ongkos kirim produk undangan tersebut. Tetapi pelayanan dan kualitas undangan pernikahan ternyata bisa memuaskan customer sehingga mereka tak perduli dengan biaya ongkir. Kualitas memang menjadi fokus kami. Jika customer puas, kreativitas kami terus ditantang sehingga menghasilan produk-produk undangan pernikahan yang bisa bersaing di pasaran.

Meskipun kini Raja Undangan sudah berjalan 2 tahun, tetap saja kami sebagai pengelola memiliki impian tersendiri ke depannya. Beberapa mimpi tersebut antara lain:

  • Membuka sistem reseller. Yah, kami terbuka bagi siapa saja yang ingin menjadi reseller. Syaratnya yang utama adalah jujur.
  • Memiliki cabang gerai Raja Undangan di beberapa kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Manado, Makassar, Bali, dan lain-lain. Mungkin ada yang bertanya, kok ingin membuka cabang? Bukannya yang diinginkan adalah toko online? Yah, memang benar. Raja Undangan memang diharapkan booming di dunia maya, tetapi mengerjakan pesanan undangan pernikahan memerlukan tempat. Baik untuk melakukan proses desain, cetak, pengeleman hingga pada proses pengiriman (perlu dikemas tentu saja). Nah, jika gerai tersebar di beberapa kota besar, kami berharap tak ada lagi yang ragu memesan online kepada Raja Undangan karena ongkir akan lebih hemat. Bahkan bisa langsung di ambil ke gerai jika berdomisili di satu kota.
  • Banyak wedding organizer (WO) yang memakai jasa kami. Meskipun saat ini sudah ada beberapa WO yang bekerja sama, kami ingin lebih banyak lagi dan intensitas pemesanannya lebih tinggi.
  • Ada artis atau orang-orang penting yang menggunakan undangan pernikahan dari hasil kerja kami, Raja Undangan. Jika sudah ada dari kalangan mereka yang memesan, kami yakin hal itu bisa menaikkan rating Raja Undangan. Tak hanya di dunia maya tetapi juga di dunia nyata.
  • Mendapat modal (tambahan modal) dari pihak yang mengeluarkan (seperti Bank atau Departemen yang bergerak di bidang Perekonomian), sehingga mampu menyiasati harga bahan baku yang cenderung terus naik sewaktu-waktu.

Hmmm… masih banyak mimpi yang belum tergambarkan. Intinya, kami berharap Raja Undangan terus eksis dan bisa terus maju di masa mendatang. Pendapatan terus bertambah dan tetap mempertahankan/meningkatkan kualitas undangan pernikahan yang kami buat adalah harapan besar keluarga kecil kami.

Kalau kamu, punya impian apa untuk Toko Online-mu? *share yuuuk…!

Lomba Blog Toko Online

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
6 Responses to “Sejumlah Mimpi untuk Toko Online-ku, Raja Undangan”
  1. Susanti Dewi says:
  2. Susanti Dewi says:
  3. Lidya says:
  4. Inna Riana says:
  5. Idah Ceris says:
  6. RedCarra says:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *