Review Polymer Chemistry: Penting Bagi yang Ingin Bersentuhan dengan Polimer

Review Polymer Chemistry: Penting Bagi yang Ingin Bersentuhan dengan Polimer memang diharapkan sangat membantu. Khususnya yang ingin mengembangkan pengetahuan tentang dunia polimer dengan detail.

Review Polymer Chemistry: Penting Bagi yang Ingin Bersentuhan dengan PolimerJudul: Polymer Chemistry

Penulis: Fred J. Davis dkk.

Penerbit: Oxford University Press

Tahun Terbit: 2004

Cetakan ke: Pertama

ISBN: 0 19 850309 1

Tebal: 267 halaman

Polimer? Apa sih dalam hidup kita yang jauh dengan bahan polimer? Berbelanja di supermarket, pasti diberi kantongan belanjaan berupa plastik, kemasan makanan juga rata-rata plastik bahkan pakaian yang kita pakai juga mengandung polimer. Namun, Fred J. Davis, dkk sebagai penulis buku ini tidak bercerita panjang lebar tentang jenis-jenis produk berbahan polimer namun lebih kepada metode proses terjadinya polimer yang beragam.

Kumpulan Konsep Dasar Polimer

Ada 13 jenis praktikum polimer yang sangat dibutuhkan pengetahuan, baik tentang konsep-konsep dasar polimer, dan ini penting untuk memahami dan mengembangkan ilmu polimer. Selanjutnya, konsep dasar tersebut dapat dikembangkan untuk mengukur dan menganalisis bobot molekul polimer dan sintesa. Teknik pemisahan dan pengukuran sampel polimer merupakan pengetahuan yang tidak kalah pentingnya untuk dikuasai. Disertai juga dengan panduan laboratroium yang bisa dipelajari bagi siapa saja yang baru terjun dalam dunia kimia polimer.

Dengan gaya bahasa yang mudah dipahami meski menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar buku ini, penulis juga tidak lupa memberikan informasi tentang pemurnian pelarut, peralatan dan kondisi reaksi, dan daftar beberapa masalah potensial dan bahaya yang akan diakibatkan jika berinteraksi dengan polimer di dalam laboratorium.

Kelebihan Isi Buku

Sebagai orang yang pernah mendapatkan ilmu pengetahuan polimer yang tidak terlalu banyak di bangku kuliah, buku ini membantu dalam proses pembahasan reaksi kimia,  mulai dari reaktan, proses yang terjadi, perubahan suhu dan warna, serta produk reaksi yang kemudian akan digunakan dalam reaksi berikutnya. Tidak hanya itu, buku ini juga banyak menjelaskan banyak hal tentang struktur molekul dari setiap elemen apalagi dilengkapi dengan ilustrasi dan gambar sehingga tidak terlalu membuat pembaca menerawang.

Kelemahan Buku

Bagi yang belum fasih menggunakan bahasa Inggris ilmiah, dalam hal ini kimia, tentu akan sedikit merasa kesulitan dalam memahami. Dan kurang memberikan gambar yang menampakkan wujud perubahan warna pada reaksi kimia yang berlangsung dalam konsep-konsep dasar polimer.

Well, secara menyeluruh buku ini wajib jadi pegangan siapa saja yang menekuni dunia polimer, baik itu mahasiswa atau setingkat staff pengajar perguruan tinggi yang memang mengambil fokus studi polimer.

Saya berikan 3 dari 5 bintang untuk buku ini.

Review Polymer Chemistry: Penting Bagi yang Ingin Bersentuhan dengan Polimer

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *